MGJ8NWBaNat6MWtdNWBaNqJ6NCMkyCYhADAsx6J=
Books reader
MASIGNCLEANLITE104

Wajib Baca Untung Rugi Beli Rumah Bekas Dan Rumah Baru

mortgage calculator


Pandemi masih berlangsung di hingga tahun 2022. Berarti, kesempatan untuk bisa work from home masih terbuka lebar. Cocok buat yang memang memimpikan bisa bekerja dari rumah tanpa harus berjauhan dengan keluarga. Mortgage Calculator UK

Bagi keluarga baru yang sedang merencanakan untuk pindah dari tempat tinggal yang sekarang. Bisa dipertimbangkan akan membeli rumah baru atau rumah bekas. Ada banyak hal penting yang harus dipikirkan secara matang agar tidak salah langkah kedepannya nanti.

Aku akan menuliskan hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli rumah lagi, baik rumah baru atau bekas sesuai rekomendasi dari penasihat keuangan di webinar yang kuikuti.

Keuntungan Membeli Rumah Bekas

Ada banyak alasan yang menyertai setiap keluarga memutuskan membeli rumah bekas salah satunya yang paling sering adalah harga yang murah.

1.  Membeli Rumah Bekas Karena Harga Murah

Betul sekali, karena biasanya rumah bekas sering dijual dengan harga murah. Semakin tidak layak huni rumah tersebut maka harga yang ditawarkan akan semakin murah. Jadi, misalnya dana untuk membeli rumah baru belum mencukupi. Membeli rumah bekas bisa menjadi pilihan. Bisa cek juga kemampuan financial pembiayaan pembelian rumah. Agar dapat membuat rancangan keuangan yang sesuai dengan rancangan pembelian rumah. Mortgage Calculator UK

2. Beli Rumah Sekarang Renovasi Nanti

Tentunya pertimbangan lain setelah harga murah. Membeli rumah bekas bisa jadi pilihan karena bisa ditunda untuk biaya renovasinya. Baik itu renovasi total atau renovasi sedikit demi sedikit asalkan masih bisa langsung ditempati. 

3. Biasanya Berada Di Lingkungan Yang Sudah Aktif

Rumah bekas yang dijual karena pemilik lamanya akan pindah. Biasanya tinggal di tempat yang di lingkungannya sudah berjalan kegiatan RT dan RW. Jadi, enggak perlu memulai dari awal. Tinggal mengikuti alur yang sudah ditentukan di lingkungan tersebut. Dan tak hanya itu, biasanya lingkungan di tempat tersebut sudah aktif dalam penyediaan fasilitas seperti listrik, sekolah, kantor publik sampai swalayan.

Kekurangan Membeli Rumah Bekas

uk calculator mortgage

1 Kurang Jeli Mempelajari Riwayat Rumah

Sering orang membeli rumah bekas namun tidak memiliki pemahaman tentang riwayat rumah tersebut beserta lingkungannya. Yang paling sering adalah kurangnya mengecek apakah daerah tersebut pernah mengalami banjir yang hebat. Atau apakah daerah tersebut rawan longsor atau tidak. Sampai apakah tempat tinggal tersebut harus dibangun ulang atau cukup dengan renovasi saja. Sebab, pengecekan struktur bangunan harus diperiksa dengan teliti. Agar di kemudian hari tidak membuat biaya renovasi dan perbaikan melebihi harga rumah tersebut.

2. Desain Yang Kurang Sesuai

Sebenarnya alasan desain yang kurang sesuai ini biasanya dialami saat melihat fungsi ruangan yang kurang maksimal. Misalnya, terlalu banyak ruangan dalam satu rumah sehingga kurang bagus pencahayaannya. Atau kurangnya jalur keluar masuk udara.

3. Budaya Lingkungan Setempat Yang Kurang Sesuai

Ini bisa terjadi jika keluarga yang hendak menempati rumah, tidak begitu terbiasa dengan budaya di satu lingkungan setempat. Biasanya, ada beberapa lingkungan perumahan yang punya kebiasaan yang sama dan itu menjadi budaya. 

Misalnya, harus kerja gotong royong setiap hari sabtu. Sementara, bagi keluarga baru, hari sabtu adalah hari dimana mereka baru bisa silaturahmi atau jalan-jalan bersama keluarga. Tentunya jadi tidak bisa ikutan dan sering absen, yang nantinya bisa menjadi hal yang kurang menguntungkan untuk kedua belah pihak. 

Sebab, ada visi dan misi yang belum bisa berjalan bersama di sini.

Keuntungan Membeli Rumah Baru

Nah, setelah mempertimbangkan kekurangan membeli rumah bekas. Ada juga hal yang harus dipertimbangkan juga jika ingin membeli rumah baru. Buatlah list atau daftar yang berisi hal yang memberatkan antara membeli rumah baru vs membeli rumah bekas.

Jika alasan dalam daftar rumah baru lebih banyak, maka harus dipertimbangkan lagi agar lebih masak.

1 Rumah Baru Memiliki Fasilitas Lengkap

Tentunya, saat dibangun rumah tersebut didesain agar penghuni bisa memanfaatkan berbagai fasilitas. Seperti fasilitas olahraga, taman sampai keamanan yang bagus. Bahkan, sering juga beberapa perumahan menyediakan fasilitas umum yang digunakan untuk arena khusus anak-anak bermain. Sehingga, penghuni baru akan merasa aman dan nyaman selama menghuni di tempat tersebut.

2. Mudah Mengurus KPR

Tentunya dengan membeli rumah baru, kemudahan mengurus pengajuan KPR akan lebih mudah. Sebab, biasanya developer sudah bekerjasama dengan beberapa bank yang terpilih. Tak hanya itu juga sering diberikan promo menarik yang bisa memudahkan keluarga baru memiliki hunian yang kekinian.

3. Rumah Baru Siap Huni

Tanpa perlu memikirkan biaya renovasi ini dan itu. Rumah baru memberikan fasilitas yang memudahkan penghuni agar bisa langsung menempati hunian. Jadi, tidak perlu pusing memikirkan biaya renovasi rumah agar bisa ditempati dengan nyaman.

Kekurangan Membeli Rumah Baru

mortgage calculator uk

1 Proses Balik Nama Yang Rumit

Ini harus dipikirkan dengan baik. Beberapa developer ada yang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengurus pemecahan sertifikat. Sebab, biasanya developer perumahan tidak banyak memiliki dana untuk mengurus pemecahan sertifikat ini. Sehingga, beberapa keluarga yang sudah menyelesaikan pembayaran, sering tidak menerima sertifikat rumah karena proses pengurusannya yang lama.

2. Mengubah Bentuk Rumah Bisa Didenda

Beberapa developer ada yang melarang penghuninya mengubah bentuk rumah. Ada yang membolehkan jika sudah sampai di beberapa tahun tertentu baru bisa diubah. Ada juga yang benar-benar melarang hingga menetapkan jatuh denda jika ada yang mengubah bentuk rumah. Jadi, tidak bisa sebebasnya mengubah desain rumah seperti keinginan.

3. Lingkungan Belum Aktif

Berbeda dengan membeli rumah bekas yang biasanya lingkungan setempatnya sudah aktif. Biasanya, perumahan baru ini belum memiliki struktur organisasi masyarakat, seperti RT. Bahkan, sering juga lingkungan tersebut masih cenderung sepi dan belum ada tempat belanja seperti swalayan yang dekat dengan rumah.

Untung Rugi Beli Rumah Baru Dan Bekas

Setelah mempertimbangkan secara masak, tentunya harus dicek juga apakah kesehatan financial calon pembeli dalam kondisi bagus atau tidak. Sebab, membeli rumah sebaiknya tidak membuat pengeluaran khusus harian tersisihkan demi membeli rumah.

Semua itu harus dipikirkan dengan baik. Hingga dihitung kembali apakah masih tetap harus membeli rumah baik bekas atau baru. Atau masih bisa diatasi dengan mengontrak saja. Karena, membeli rumah itu merupakan transaksi terbesar dan tentunya keputusan yang berat jika kondisi keuangan belum memungkinkan.

Jadi, sebaiknya cek dahulu apa saja keuntungan membeli rumah baru atau bekas. Hingga keuntungan memiliki hunian baru tahun 2022 ini.

Bacaan Ipeh

Reader who love to read as much as she can. Almost of them are ebooks from legal applications. But, I do love books as well. Because, for me it doesn't matter which formats as long as I could enjoy it. Wheter it is audiobooks, ebooks or the real books.

5450633874800632471