MGJ8NWBaNat6MWtdNWBaNqJ6NCMkyCYhADAsx6J=
Books reader
MASIGNCLEANLITE104

Ulasan Buku All Around Science Buku Kedua


Ulasan buku all around science

Selama liburan di rumah, anak-anak ngapain aja? Kalau anaknya butuh bacaan science yang dibahas dengan ringan serta pengemasannya menarik. Bisa pilih buku All Around Science.

Buku All Around Science ini terdiri dari lima buku dengan pembahasan berbeda sehingga  bisa dibaca terpisah. Masing-masing buku menyajikan informasi mengenai segala hal yang berkaitan dengan science.

Keunggulan dari buku ini adalah ilustrasi yang bagus, full color, narasi yang ringan dan mudah diikuti untuk anak-anak serta informasi tentang science yang disampaikan dengan bahasa yang sederhana.


Kartu Tanda Buku

Judul : All Around Science 2

Penulis : Kim Sung Hwa & Kwon Su Jin

Halaman : 172

Ilustrasi : Kim Ryeong On

Bahasa : Indonesia

Format : Ebook Gramedia Digital

Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama

ISBN : 9786020618852


Review All Around Science 2

Buku dengan sampul dominan berwarna pink ini. Ternyata banyak membahas tentang bakteri di bab pertama. Di halaman awal, kita akan dikenalkan dengan bakteri dan terletak dimana saja mereka berkumpul. Oiya, kenapa ya sampulnya warna pink? Mungkin mirip dengan warna darah atau bisa juga mirip dengan larutan yang sering digunakan di laboratorium kali ya.

Pada bab satu, melalui sosok bocah SD yang katanya gemar cuci tangan. Bakteri-bakteri ini memperkenalkan diri mereka. Kemudian, mulailah menjelajahi rumah mereka. Ada yang di lipatan kulit, di kaki sampai di dalam tubuh.

Menariknya, bakteri ini juga menjelaskan diri mereka yang tinggal di dalam tubuh kita. Misal, bakteri baik yang tinggal di usus. Kemudian, ada momen kedatangan seorang dokter yang menjelaskan perihal air seni pada anak SD ini.

Yang menarik justru ketika bakteri menyeritakan sejarah ilmuwan yang pertama kali menemukan kalau bakteri itu ada. Kemudian berlanjut ke penelitian hingga saat ini yang berusaha untuk membuat pengobatan ramah bakteri baik.

Bakteri ini juga menjelaskan fungsi keberadaan mereka dalam tubuh manusia. Fakta menarik yang menambah wawasan pembaca tersaji dalam jumlah yang cukup banyak.

Buku all around science


Seperti, ketika bakteri mengatakan kalau tidak ada mereka, kita bahkan bisa makan enam kali sehari. Karena adanya bakteri, maka kita bisa merasa kenyang. Kemudian, fakta menarik bahwa bakteri bisa hidup di sumber air panas sekalipun. Tapi, bakteri tidak tinggal atau hidup di dalam darah.

Ada lagi yang baru kuketahui dari buku yang ilustrasinya membuat momen membaca jadi menyenangkan. Yaitu, berat bakteri adalah 3 kilogram. Jadi, kalau berat manusia itu 70 kg, berarti berat asli jika tanpa bakteri adalah 67Kg.

Bab kedua berisi pengetahuan tentang Gen dan Warisannya. Di sini pemahaman gen diambil dari contoh Lalat buah. Kenapa? Sebab, konon, struktur lalat buah benar-benar sama dengan manusia. 

Tak hanya itu, lalat buah juga sama dengan bakteri, yang menjelaskan kehadiran mereka di dunia ini untuk apa? Kemudian, mereka juga bercerita tentang peneliti yang akhirnya membuat lalat buah bermata putih ini eksis di dunia. Mata putih yang hanya sedikit ini dikarenakan adanya mutasi genetik.

Pada bab ketiga, kita akan diajak berkenalan dengan wabah korela bersama seekor kucing yang lucu. Namanya detektif Snow. Ia menyeritakan awal mula wabah ini datang yaitu di sebuah desa di London pada tahun 1854.

Dan wabah ini terus berlanjut hingga detektif Snow bersama John Snow mencari tau sumber dari malapetaka wabah ini.

Penutup

All around science ini terdiri dari 5 buku. Di buku pertama menyeritakan tentang Awan, Air dan Udara. Di buku ketiga, membahas tangan, kerangka manusia dan otak manusia. 

Di buku keempat menyeritakan tentang kehidupan di Museum Batu, Fosil Tarbosaurus sampai Munculnya Makhluk Bersayap. Dan buku kelima membahas Larva, Kotoran dan Biji yang berkembang.

Semua buku-buku All Around Science ini merupakan buku dengan ilustrasi yang full color. Anak-anak bisa membaca buku ini dan mungkin mereka akan suka. Karena aku sendiri suka sekali membacanya.

Buat teman-teman yang juga mau membaca ulasan All Around Science buku 1, 3, 4 dan 5. Silakan mampir di unggahan Instagram akun-akun di bawah ini. Jangan lupa jadikan buku ini hadiah untuk anak, keponakan atau murid-muridmu. Pasti mereka bakalan suka.

Buku all around science





Bacaan Ipeh

Reader who love to read as much as she can. Almost of them are ebooks from legal applications. But, I do love books as well. Because, for me it doesn't matter which formats as long as I could enjoy it. Wheter it is audiobooks, ebooks or the real books.

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis dihapus.
5450633874800632471