MGJ8NWBaNat6MWtdNWBaNqJ6NCMkyCYhADAsx6J=
Books reader
MASIGNCLEANLITE104

Ulasan Novel Rinduku Sederas Hujan Sore Itu

ulasan novel khairen

Yang menjadi daya tarik dari buku Rinduku Sederas Hujan Sore Itu adalah sampulnya yang manis serta ilustrasi yang ada di halaman pertama di dalamnya. Penggambaran tentang langit sore saat hujan, penggabungan warna jingga dan biru membuat nuansa sendu namun manis.

Apalagi dengan 31 tulisan dan cerita-cerita pendek di dalamnya. Ada berbagai cerita yang berkisah tentang cinta, rindu juga hubungan antara dua insan. Kalau dari kalimat di sampul belakangnya, pembaca bisa tahu, terkadang rindu itu bisa menghujani seseorang, sama seperti hujan deras di suatu sore.

Hujan adalah janji setia langit kepada bumi.

Yang pasti datang, tanpa payah menunggu.

Kita terjebak pada hujan yang sama,

Tetapi tak bisa saling bicara.

Membuatku terus menunggumu memutar badan

Dan melempar senyum kepadaku.


Aneka rasa tumpah dari langit.

Cemas dan rindu tanpa bisa kucegah.

Rasa yang begitu besar,

Yang melenyapkan rasa lainnya.


Jarak kita tak jauh.

Namun, tak bisa bertatapan, apalagi berbicara.

Rinduku sederas hujan sore itu.


Tentang Novel Rinduku Sederas Hujan Sore Itu

Ya, rinduku sederas hujan sore itu. Tumpah dari langit tanpa ada yang bisa membendung. Adakah yang lebih setia daripada aku menunggu engkau memutar badan dan melempar seulas senyum? Tak ada, bahkan hujan sekalipun.

Jarak kita tak jauh. Namun, tak bisa bertatapan, apalagi berbicara. Rinduku sederas hujan sore itu.Sangatlah derasnya, hingga suara deru mesin kereta, suara perkotaan, suara-suara bising lainnya hilang. Sama betul seperti perasaanku kepadamu. 
- Hal 84

Kartu Tanda Baca

Judul : Rinduku Sederas Hujan Sore Itu

Penulis : J. S. Khairen

Halaman : 265

Penyunting : Teguh Afandi & Yuli Pritania

Desain Sampul : @trishnagaara 

Format : Buku Fisik

Bahasa : Indonesia

Diterbitkan oleh Noura Books

ISBN : 9786023858026


Cerpen Dosa

Berkisah tentang seorang anak yang tumbuh sejak kecil hingga dewasa bersama dengan ayahnya. Dia belum pernah bertemu dengan Ibunya. Hingga suatu ketika ia melihat sosok sang Ibu di saat hari kelulusannya.

Dan saat itu, ia tidak bisa mengharapkan apapun. Ia tak memiliki kenangan tentang wanita yang melahirkannya itu. Hatinya sempat ingin menolak, namun rasa penasarannya cukup tinggi.

Yang kusuka dari kisah ini adalah si anak tidak menyerah begitu saja. Ia masih terus berusaha membuat kenangan dengan sosok ibunya. Tidak serta merta mengabaikannya, karena bisa jadi ada banyak alasan yang tak bisa disampaikan perihal masalah orang dewasa. 

Cintaku Lumpur Sepaha

Kisah cerita cinta yang manis dan sederhana. Tentang seorang wanita yang jatuh cinta pada lelaki. Saat keduanya bekerja sebagai pegawai toko di pasar. Pertemuan keduanya tidak begitu lama, karena suatu ketika ia berhenti datang ke pasar.

Alasannya berhenti dari kegiatannya di pasar adalah karena membantu mengurus keponakannya. Anak dari kakaknya, sosok satu-satunya yang ia punya. Sebab, kedua orangtuanya sudah meninggal dunia. 

Suatu ketika, lelaki yang sempat dekat dengannya menemui Sukma, nama tokoh wanita, melalui usaha panjang bertanya dari satu pegawai ke pegawai lainnya di pasar. Usaha yang cukup gigih dari seorang lelaki bernama Roni.

Dan usaha itu masih terus menuntun keduanya menjadi pasangan suami istri. Kisah tentang Sukma yang datang ke rumah Roni, perjuangannya melewati lumpur sepaha ini membuat cerita semakin manis. 

Apalagi dengan perjuangan lainnya saat keduanya berusaha untuk menerima takdir kehidupan. Cukup bisa membuat hati terasa ngilu namun berakhir menyenangkan. Karena, pada akhirnya, perjuangan sepasang suami istri demi mempertahankan sesuatu sangat teramat indah.

Bunga Rinai

Di sinilah judul buku ini berasal. Kisah tentang seorang cowok yang jatuh cinta pada seorang cewek. Temannya di sekolah SMA yang sama. Gadis pendiam namun cantik yang sulit didekati. 

Namun, rasa cintanya membuat cowok itu terdiam dan memendamnya. Hingga suatu ketika, keduanya harus berjalan terpisah. Bunga Rinai menjalin kisah dengan cowok lain. Dan cowok tokoh cerita, menjalin cerita dengan gadis lain. Keduanya masih tetap berteman dekat, tapi perasaan sukanya yang tertinggal di jauh lubuk hati terdalam.

Ketika bertahun kemudian ia kembali ke Indonesia. Ia merencanakan untuk bertemu lagi dengan Bunga Rinai. Dan kisah lain bergulir.


Buku kumpulan cerita bercampur puisi ini sangat cocok untuk pembaca yang butuh bacaan ringan dan manis. Disajikan dengan gaya bahasa yang, ringan, apa adanya, manis namun tidak berlebihan, langsung tepat sasaran tapi juga menyenangkan.

Setelah membaca cerita-cerita di dalamnya. Setidaknya membuatku jadi fokus pada hujan yang turun sore ini di kotaku. Ternyata, ada hubungannya memang ya, antara hujan dengan rasa kangen itu.a



Bacaan Ipeh

Reader who love to read as much as she can. Almost of them are ebooks from legal applications. But, I do love books as well. Because, for me it doesn't matter which formats as long as I could enjoy it. Wheter it is audiobooks, ebooks or the real books.

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis dihapus.
5450633874800632471