-->

Bisnis Online Revolution Buku Untuk Pebisnis Online Pemula

20 komentar
Bisnis online





















Bisnis Online Revolution adalah sebuah buku yang cocok untuk pemilik bisnis online, orang yang mau menjalankan bisnis online dan semua pedagang online pemula. 

Terutama untuk Ibu-ibu yang mau menjalankan bisnis sambil menjaga anak di rumah. Seperti tulisan Blogger Surabaya di blognya. 

Siapa sih, yang menolak bisnis onlinenya sukses? Iya kan? 

Semua orang pasti ingin sukses. Karena itu, isi dalam buku ini cocok untuk pebisnis yang ingin sukses. Pembaca akan diajarkan hal yang paling dasar dalam menjalankan bisnis. 

Bukan cuma itu, ada juga pembahasan mengenai cara memasarkan bisnis online sampai bagaimana caranya menjadikan bisnis menjadi autopilot.

Disimak sampai selesai, ya. 


Kartu Tanda Buku


Judul : Bisnis Online Revolution

Penulis : Iwan Kenrianto

Halaman : 156

Format : Ebook Gramedia Digital

Bahasa : Indonesia

Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama

ISBN : 9786020332694


Saatnya Menjadi Pebisnis Online


Saat ini, semua hal sudah serba online. Bukan cuma karena teknologi sudah maju saja. Tapi, justru sejak pandemi, kebanyakan aktivitas berjalan secara online. Iya kan? 

Karena itu, bukan hal yang aneh ketika pedagang di pasar, pemilik toko di pinggir jalan sampai pedagang kaki lima. Mulai berbondong-bondong menjalankan usahanya secara online. 

Contoh sederhana, seorang tukang sayur di pasar. Mulai menjajakan dagangannya melalui whatsapp. Pemesanan pun melalui whatsapp, meski pembayaran terkadang melalui online, kadang juga tidak. Tapi, transaksi tetap melalui online. 

Setelah itu, belanjaan pun akan diantar dan diletakkan di tempat yang sudah disepakati. Entah itu digantung di pagar. Diletakkan di meja khusus di depan rumah. Atau di mana saja sesuai kesepakatan untuk menghindari kontak langsung. 

Ini baru contoh sederhana dari abang tukang sayur. Belum dari pedagang makanan seperti nasi uduk dan lontong sayur. Yang kemudian menggunakan jasa penjaja makanan digital seperti GoFood. Agar dagangannya bisa dijangkau mereka yang enggak bisa ke luar rumah. 

Bahkan, banyak juga yang baru mulai bisnis online dengan menjual makanan beku di saat pandemi seperti ini. Sehingga, sedikit ilmu yang ada dalam buku ini siapa tau bermanfaat. 


Prinsip Dasar Dalam Berbisnis


Di bab dua, masuk ke ilmu dasar ini. Dijelaskan secara sederhana namun tetap berbobot isinya. Membahas poin penting dalam menjalankan bisnis. Yang terdiri dari tiga poin yaitu, Mindset, Bisnis dan Aset.


Mindset


Siapa yang enggak kenal dengan istilah ini. Mengingat lagi booming juga istilah mindset belakangan ini. Karena, mindset ini sebenarnya hal paling dasar yang bermanfaat untuk manusia dalam segala hal. 

Enggak hanya di bisnis. Penanaman pola pikir yang baik, semestinya diterapkan dalam segala situasi dan kondisi. Namun, bagi pebisnis, memang yang namanya mindset ini harus juga dipraktekkan. 

Terutama, ketika banyak yang belum berani memulai. Enggak berani membuat keputusan. Yang akhirnya, bisa berimbas pada keberlangsungan bisnisnya. 

Mengutip dari Robert T. Kiyosaki, "Tanpa ada alasan atau tujuan yang kuat. Apa pun dalam hidup ini akan terasa sulit." 

Pada akhir penjelasan mindset. Tersedia action plan question yang bisa dijawab dan dicatat untuk membantu memahami ilmu yang disampaikan pada buku ini. 


Bisnis


Lagi belajar ilmu bisnis. Kenapa juga ada poin bisnis lagi? 

Jadi, maksudnya adalah bagaimana bisnis yang kita jalani ini akan dibedah dalam penjelasan di poin ke dua. Waktu memulainya seperti apa kondisinya. Sampai, bagaimana proses bisnisnya selama ini? 

Ketika mengawali bisnis, ada banyak orang yang berani mengambil resiko meminjam hutang dari bank atau dari pinjaman online. Nah, ternyata cara memulai bisnis seperti ini justru enggak disarankan. 

Kenapa? Jadi, bunga pinjaman yang dikenakan akan menggerus keuangan dari bisnis yang baru dimulai. Bahkan, bisa mematikan bisnis yang sudah berjalan bertahun-tahun meski belum kuat tiang pancangnya. 

Alternatif yang diberikan berupa kerjasama dalam hal investasi. Maksudnya, ketika ingin memulai bisnis atau hendak mengembangkan bisnis. Lebih baik mencari investor yang nantinya akan membuat bisnis yang dijalani berjalan dengan baik. 

Pola pergerakannya konon lebih mudah dibanding modal yang didapat dari pinjaman berbunga. Penjelasan di buku ini cukup masuk akal. 

Action plan di akhir penjelasan pun cukup membantu buat yang hendak memulai bisnis online. 


Aset


Penjelasan di poin Aset ini enggak begitu mendalam. Hanya menjelaskan secara umum mengenai kepemilikan Aset yang berhubungan sama investasi. 

Jadi, menurut Iwan, sang penulis, ada baiknya mulai menanamkan uang lebih dari hasil usaha untuk pengembangan usaha di bidang lain dalam bentuk investasi. Gitu. 

Biar keuntungan dari bisnis, enggak sekadar habis untuk gaya hidup. Tapi, masih bisa terus berputar dan menguntungkan. 


Penutup


Pada bab selanjutnya, penjelasan mengenai internet. Sebenarnya, cukup mendasar. Jadi, memang bagus untuk yang masih pemula. Karena, ini semacam pengenalan aja tentang seberapa menjanjikannya bisnis online ini. 

Tapi, di bab selanjutnya bisa diterapkan untuk yang sudah punya bisnis online. Tentang penerapan Business Model. Sampai cara belajar dari kompetitor. 

Buku tipis ini asik buat dibaca dikala santai. Enggak terlalu berat. Semacam pengenalan dan informasi dasar yang mungkin bisa jadi pengingat buat yang bisnisnya udah jalan.

Tapi, kalau dibandingkan dengan judulnya yang hooked banget. Buatku pribadi, enggak sebanding dengan ekspektasiku. Karena, kupikir ini akan membahas sampai jeroannya tentang revolusi bisnis kekinian. 



Menurut pembaca, dalam menjalankan bisnis online. Penting enggak sih belajar dari kompetitor? 


Related Posts

20 komentar

  1. Wah, buku wajib buat para pebisnis online nih kayaknya.

    BalasHapus
  2. Pebisnis online nih lagi trend ya ..sekarang palagi masa pandemi ini...banyak yang membuka usaha dan peluang berbisnis ..bagus sih jadi membuka lapangan pekerjaaan ,,perlu dibaca nih bukunya

    BalasHapus
  3. Buku panduan bisnis online revolution nya bisa nih dipelajari kalau ingin mencoba berbisnis,apalagi sekarang gak mesti berada diluar. Dari rumah pun juga bisa mengingat kondisi seperti sekarang ini kan. Tentu saat ingin memulai berbisnis mindset kita dulu yang harus di fokuskan supaya kedepan berjalan lancar.

    BalasHapus
  4. wah seru nih ebook-nya, saya tuh dulu sering gagal kalo buka online shop. gak laku-laku, mungkin salah cara kali, ya. gak paham juga. sekarang banyak ya buku panduan bisnis begini. jadi mau baca juga biar semakin paham. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  5. Bener sih kalau Asset habis untuk gaya hidup gak kelihatan ya. Harus diputar kembali ke bisnis lain . Tapi ambil bisnis yang risikonya rendah ya, jadi kalau rugi ga nangis banget.

    BalasHapus
  6. Mbak ipeh seneng bgt ya baca ebook gini, aku belum nemu gawai yang memadai nih..kalau baca ebook lama2 di hp kurang nyaman. Langganannya cara gmn mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langganan gramedia digital bisa bayar pake gopay atau transfer juga bisa, kak

      Hapus
  7. Kalau aku tuh modal nekat deh mbak buka warung sembako kemarin. 5 bulan yg penuh hal hal tak terduga. Bahkan ada yg minta antar sembako jam 9 malam. Tapi aku dan suami nikmati aja prosesnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kaak. Kusenang banget dengernya. Semoga warungnya rame teruss

      Hapus
  8. Sah-sah saja sih kak kalo kita belajar dari competitor. Cara ini bisa membuat kita tahu apa kelebihan si competitor dibanding dengan kita

    BalasHapus
  9. Mbak aku sudah nyoba baca e book, mata yang gak tahan. Mbak ipeh keren deh, senang bisa tahu buku buku bagus dari blog mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, kak. Waktu awal pun aku ngga betah. Tapi, terus nyari waktunya nyolong-nyolong. Oiya, Ipusnas bisa dipake di laptop. Siapa tau mau coba baca

      Hapus
  10. Hahaha kayaknya aku harus punya nih kak, soalnya asli kadang galau bisnis online via mp juga, ntar cari bukunya ah

    BalasHapus
  11. Berakhir dalam bentuk aset. Menginvestasikan dana atau keuntungan dalam bentuk asset yg produktif. Seperti property atau emas

    BalasHapus
  12. Harus di masukkan ke list ini, biar nambah ilmunya di bagian bisnis online

    BalasHapus
  13. Wah, perlu banget nih dibaca sama orang yg menggeluti bisnis

    BalasHapus
  14. Benar banget seorang pembina harus mempunyai menset yang ok agar bisnis bisa berjalan dengan baik

    BalasHapus
  15. Mau ga mau..suka ga suka saat ini semua usaha yg mau mau maju tidak hanya sekedar bertahan hidup harus beralih ke dunia on line ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, kak. Semua harus dilakukan secara online baik yang kudet sampai yang mahir sekalipun. Apalagi di tengah pandemi kaya gini

      Hapus
  16. kayaknya aku perlu bacca buku ini deh. Pandemi gini banyakan di rumah jadi kepikiran pengin bisnis

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter