Review Buku Silent Demon Genre Action Thriller Mystery

Silent Demon yang merupakan buku dengan genre thriller mystery ini juga menggabungkan action ke dalam ceritanya. Komposisi yang terbilang masih jarang ditemui di buku-buku terbitan Indonesia.

Beberapa penulis Indonesia juga sebenarnya pernah menulis cerita aksi, seperti cerita silat. Atau kisah pembunuhan dan pembantaian dalam novel thriller. Namun, penggabungan ketiganya, mungkin masih jarang, atau memang aku yang kurang banyak eksplorasi buku-buku yang ada.

Dengan tempo yang cukup cepat, bisa dibilang novel ini disulam dengan sangat rapi. Mengingat kasus besar, misteri pelaku hingga kejar-kejaran antara polisi, bin dan organisasi terlarang. Dinilai sudah baik meskipun tentu saja akan sangat sulit memuaskan pembaca dengan 232 halaman saja. 

Wajar jika pada akhirnya, saat melihat ulasan di Goodreads. Banyak yang mengatakan ada sisi-sisi yang belum dikembangkan, meski masih punya kesempatan untuk digali lagi. Padahal, banyak yang menyukai novel ini, tapi lagi-lagi akan sangat rentan karena penilaian bintang juga berpengaruh pada penilaian GR dan calon pembaca.

Saranku, sebelum mundur karena banyak yang mengatakan kurang puas. Sebaiknya langsung saja dibaca karena ceritanya cukup baik, alurnya oke dan gaya penulisannya mengalir juga to the point sehingga aku tidak merasakan kebosanan.

Review buku


Review Silent Demon Novel Pengejaran Organisasi Misterius Oleh Polisi dan Badan Intelijen 

"Pada dasarnya, ada beberapa syarat agar suatu virus atau penyakit dianggap ampuh buat senjata biologi. Misalnya mudah diakses. Kemudian mudah pula diproduksi dalam kuantitas besar. Lebih baik lagi kalau virus itu mampu bertahan hidup dalam kondisi biasa atau hanya memerlukan penyimpanan yang tidak memerlukan teknologi canggih." - hal 65

Dua detektif dari kepolisian yang berpusat di Polda Metro Jaya, Sugi dan Laura. Dipertemukan dalam satu kasus, kematian seorang intelijen dari Inggris di MRT Blok M. Identitas korban sebenarnya dipalsukan, korban menggunakan identitas palsu sebagai model terkenal bernama Gilliard. 

Namun, BIN sudah mendapat informasi kalau korban bukan seorang model. Ia meninggal setelah mengalami kejang-kejang ketika berada di MRT. Ada beberapa saksi mata di dalam gerbong yang membuat penelusuran semakin mencurigakan.

Dari hasil bukti CCTV, memperlihatkan adanya sosok misterius yang berhasil menembakkan sesuatu pada korban. Yang membuatnya mengalami sesak napas selama di gerbong, kemudian kejang dan setelah itu meninggal dunia. Ada satu saksi mata yang sempat terlihat dan dicurigai. Sayangnya, saksi mata tersebut sudah dibunuh lebih dahulu sebelum Sugi dan Laura sampai di rumah tersebut.

Kasus berkelindan dengan pembunuhan seorang profesor di Inggris. Ditemukan pula fakta bahwa penelitian sang profesor dirampas oleh organisasi misterius. Sebuah virus yang nyatanya bisa menular dengan sangat cepat. Melumpuhkan sistem pernapasan dalam hitungan kurang dari satu jam.

Semua aksi ini, disertai alasan yang membuat organisasi tersebut menempuh jalur kriminal. Alasan sederhana yang berakibat besar. Sebuah kemarahan pada bobroknya sistem di negeri ini.


Informasi Buku Silent Demon

Judul : Silent Demon

Penulis : Fino YK

Halaman : 232

Bahasa : Indonesia

Format : Buku Digital

Baca di : Gramedia Digital

Terbit : 2021

Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo

ISBN : 523016640


Alasan Membaca Buku Silent Demon

Pertama kali tertarik dengan blurb novel yang tersedia di aplikasi gramedia digital. Sewaktu memilihnya aku tidak berekspektasi tinggi biar saat membaca, justru aku bisa menikmati dan memberi penilaian yang sedikit objektif.

Secara keseluruhan, novel ini digarap dengan cukup bagus. Meski memang tidak ada bagian yang memorable, tapi dari teknik penulisan sudah oke. Mungkin, bisa belajar menggali dari novel Dua Dini Hari. Jadi, ada satu momen yang cukup memorable sehingga pembaca bisa menikmati. Terutama yang senang dengan genre thriller mystery.

Kondisi mencekam dalam sebuah novel thriller menjadi bagian yang harus bisa dirasakan juga oleh pembaca. Dalam novel ini, memang belum mengeksplorasi rasa yang bisa disampaikan pada pembaca. Bagaimana gentingnya keadaan ketika senjata biologi digunakan untuk me-reset kota sebesar Jakarta.

Kengerian berada di situasi ini belum terasa urgensinya. Padahal, kalau dilihat lagi terbitan novel ini bertepatan dengan momen pandemi dimana virus Covid 19 mencapai puncak dari versi delta. Semestinya, ketegangan mengenai kehadiran virus tersebut bisa dirasakan dengan akibat-akibat yang disampaikan dalam scene di sini.

Meskipun demikian, novel Silent Demon patut diberi kesempatan dan apresiasi. Sebab, alur dan tempo yang disajikan disertai gaya penulisan to the point. Membuat novel ini menjadi penyegaran dalam genre action thriller mystery.  Apalagi, penulisnya, Fino YK yang berprofesi sebagai jurnalis, tentu sudah terpercaya dalam teknik menulisnya. Jadi, tak perlu ragu memilih novel ini untuk dinikmati.

Buat teman-teman yang suka dengan cerita seperti kisah virus yang diangkat di novel Dan Brown atau kisah detektif, bisa membaca novel ini dan menikmatinya sambil minum teh atau kopi. Misteri terbesar dari cerita adalah cara penangkapan dan siapa orang dalam yang bekerjasama dengan organisasi tersebut.


Postingan Terkait