Menggunakan Waktu Luang Untuk Main Games



Selain baca buku, hal lain yang bisa dilakukan adalah main games di handphone atau laptop. Alasannya biar otak enggak jenuh aja. Apalagi kalau pas ketemu buku yang bahasannya bisa bikin kepala ngebul tapi bikin penasaran. 

Kalau udah gitu sih mendingan buka website solitaire.org biar bisa mengurangi tense yang tinggi dari buku yang dibaca. Soalnya, di situ ada banyak banget games seru yang bisa dimainkan secara gratis dan bebas iklan.

Yang kusuka dari website berisi ratusan games ini yang pertama adalah ringan. Websitenya ini loading nya nggak butuh waktu yang lama. Kedua, nggak ada iklan! Nggak ada iklan yang mengganggu layar game. Dan cocok banget sama anak-anak jadi enggak tayang iklan yang tak senonoh. 

Ketiga, website ini langsung menyuguhkan game solitaire, kalau kamu mau main bisa di beranda itu, atau bisa juga full layar atau fullscreen dengan cara klik kata click here pada kalimat or you can click here to play the game as a standalone web application. 

Yang keempat, seperti yang aku bilang sebelumnya, jenis permainan di web ini beragam, jadi nggak hanya solitaire. Untuk menemukan game lainnya, kalau di pc kamu bisa lihat di menu yang posisinya di atas atau header halaman website. Nah, kalau di smartphone, kamu bisa menemukan game lainnya dengan cara scroll ke bawah pada beranda solitaire.org, nanti di bawah kamu bakal melihat kategori game lainnya. (Untuk jenis permainannya apa aja, dan ‘link’ kategori game nya apa supaya kamu gak ribet ngescroll, akan aku bahas di sub judul setelah ini ya.)

Yang kelima, semua game disini gratis! Nggak perlu berlangganan atau beli – beli apapun terkait game. Bener – bener defisini game ringan.


Rekomendasi Games di Solitaire.org


1. Solitaire Klondike


Selain yang ada di beranda, aku juga suka main solitaire klondike. Sama – sama classic solitaire, tapi bedanya sama yang di beranda adalah permainan ini dimainkan dengan layar landscape atau horizontal. Tidak ada undo jadi lebih menantang. Tapi variasi nya lebih banyak, dimana ada 1 card showing atau 3 cards showing.

Untuk memulai permainannya, aku cukup masuk ke link solitaire klondike, lalu klik click here supaya dalam satu halaman hanya memuat game nya aja (hampir fullscreen).




2. Mahjong Animal Collections

Kamu tau permainan onet? Ini tuh kayak permainan onet gitu loh, aku suka banget 😍. Selain grafisnya yang eye catching, aku emang suka permainan ringan tapi agak mikir gini buat nyantai 🥰. Cara mainnya kamu cukup mengkoneksikan dua gambar yang sama, dengan syarat mereka harus satu garis luru atau berada pada permukaan yang sama. Kalau kamu suka menghabiskan waktu luang tapi bosen main game yang ‘berat – berat’ kamu juga harus coba permainan ini 😉.


Cara bermainnya, aku buka link Mahjong Animal Connection, kemudian aku matikan kunci rotasi handphone / lock orientation-nya supaya bisa dibuat mode landscape, aku klik click here, lalu aku putar layar menjadi horizontal, nanti kalau udah aku klik permainannya (misalnya aku klik puzzles) game nya akan otomatis fullscreen, gampang kan 😉👍.


3. Word Games


Nah, sederhananya ini seperti TTS, jadi kamu mengisi kata pada setiap kotak yang telah diberi nomor sebagai awalan katanya, dan setiap nomor kotak diberi clue untuk kata – katanya. Bahasa yang digunakan disini Bahasa inggris, Belanda, Spanyol, Portugis, Prancis, Italy, German, Rusia, India, Polandia dan Turki. Buat yang suka Bahasa Inggris, TTS ini boleh banget buat nambah wawasan kosakata. Tapi aku berharap sih pihak solitaire bisa menambahkan Bahasa Indonesia 🥺.


4. Hidden Object Games


Sesuai namanya, jenis permainan satu ini adalah mencari objek – objek yang tersembunyi. Tapi, ini nggak sesimpel itu loh, karena benda – benda yang disembunyikan dalam game ini harus ditemukan dengan ketelitian juga fokus kawan 😄, soalnya benda – benda ini seperti berkamuflase sama dengan background gambarnya 😆.


5. Match 3 Games

Kamu tau game zuma kan? Atau candy crush? Permainan jenis ini adalah permainan yang harus menyatukan benda yang sama minimal 3 benda gituu. Di solitaire.org terdapat 6 permainan match 3 games yang bisa kamu coba loh 😉.

Aku senang bisa kenal sama website game online ringan tanpa iklan gini. Permainannya ringan cocok buat istirahat jadi gaperlu ngabisi emosi karena war 😆, juga gratis jadi gaperlu bimbang beli ini itu 😉👍. Kalau kamu gimana? Apa kamu juga pengen sama – sama menghabiskan waktu istirahat dengan main di solitaire.org? 😉






Postingan Terkait