Ulasan Buku Nggak Apa Jadi Introvert

Introvert Itu Nggak Aneh,
Buku Ini Berisi Cara Memahami Introvert dan Menjadi High Quality Introvert

kopi hijau

Introvert Itu Seperti Apa Sih?

Sebelum membaca buku ini, pembaca bisa berkenalan sedikit tentang apa yang dibahas di dalamnya. Pembahasan yang mendalam adalah tentang salah satu jenis kepribadian : Introvert

Orang introvert dalam buku ini dijelaskan merupakan orang yang mengarahkan energi mereka ke dalam dirinya. Yang berarti mengarah ke pikiran dan perasaannya sendiri, serta mendapat energi lebih banyak dalam dirinya sendiri.

Menurut Hans Eysenck : "Karakteristik ekstrovert dan introvert adalah bagaimana mereka mendapatkan energi mental.

Sementara menurut Scott Barry Kaufman, orang ekstrovert dan introvert ini memiliki cara kerja otak yang berbeda dan cara merespons terhadap dopamin yang juga berbeda. Orang ekstrovert sangat bersemangat saat mendapatkan hormon dopamin dibandingkan dengan introvert. Bagi orang introvert hormon dopamin yang berlebihan justru bisa menjadi overstimulated yang berakibat energi bisa cepat habis.

kopi hijau

Mana Yang Lebih Dominan? Sisi Introvert Atau Sisi Ekstrovert? Atau Seimbang?

Carl Gustav Jung yang memperkenalkan kepribadian introvert dan ekstrovert ini mengatakan bahwa setiap manusia memiliki dua sisi dalam dirinya yaitu Introvert dan Ekstrovert. Dari penelitiannya ini, Carl Jung mendapati bahwa "There is no such thing as a pure extrovert or a pure introvert". Setiap orang ternyata memiliki sisi itu dalam diri mereka, tinggal dilihat sisi mana yang lebih dominan.

Kepribadian kita sebenarnya bisa sangat fleksibel. Terkadang bisa lebih introvert atau ekstrovert tergantung situasi, kondisi, mood, lingkungan dan gabungan dari hal lain yang dialami saat itu. Walaupun kepribadian kita fleksibel, namun kita tetap bisa menempatkan karakter kita sesuai dengan situasi dan kondisi, tapi pastikan diri kita nyaman dan tidak kehilangan diri sendiri.

Karena itu, terkadang ada yang bisa merasa seperti seimbang antara introvert dan ekstrovert. Ada pula yang seperti ekstrovert yang introvert maupun sebaliknya. Juga ada yang bisa saja berubah dari ekstrovert menjadi introvert, menurut kak Cella ini semua normal. Selama tidak mengganggu aktivitas harian dan gangguan pada diri sendiri.

Dalam kehidupan nyata, keberadaan introvert ini sering dianggap sebagai kepribadian yang kurang menarik, kurang bisa diandalkan dan kurang bisa diterima oleh sosial masyarakat. Terbukti dari banyaknya artikel maupun jurnal yang menjawab pertanyaan seperti, "kenapa introvert dibenci", "kenapa introvert suka menyendiri", "kenapa introvert susah bergaul" dan semua pertanyaan yang sedikit negatif. Padahal Introvert itu bukan kekurangan, kelemahan maupun penyakit. Ini hanyalah kepribadian yang sama seperti ekstrovert

Stigma Negatif Yang Diluruskan Dalam Buku Ini

kopi hijau

Introvert Juga Bisa Memiliki Self Love and Self Awarness Yang Baik

Bagaimana caranya? Dalam buku ini kak Cella menjelaskannya secara sangat jelas, terperinci dan mudah diikuti. Bahkan, disertakan juga daftar yang bisa ditulis dari WHO untuk membantu kita menerapkan self love and self awarness.

kopi hijau

Introvert Punya Teman Juga Bukan Anti Sosial

Kak Cella di buku Nggak Apa Kok Jadi Introvert menjelaskan bahwa introvert adalah kepribadian, bukan sebuah penyakit mental. Sementara anti sosial merupakan disorder yang harus ditangani oleh seorang profesional langsung. Namun, jika merasa ingin bersosialisasi tapi terasa kurang maksimal, kak Cella memberikan tipsnya dalam buku ini.

kopi hijau

Penting : Introvert Bisa Sukses Kok

Bukan saja orang introvert yang bisa mengalami kesepian, kesedihan dan seperti terasing. Ternyata orang ekstrovert juga bisa merasakannya juga. Dan pada bab terakhir, kak Cella menjelaskan cara agar bisa menjadi High Quality Introvert secara mendalam dan menjadi pribadi yang sukses.

WARNING...!!!

Bagi kalian yang memiliki kepribadian Introvert atau ingin memahami lebih dalam sosok Introvert. Harus baca buku ini!

kopi hijau

Alasan Kenapa Harus Membaca Buku Ini?

Dunia ini faktanya membutuhkan kedua kepribadian baik introvert maupun ekstrovert untuk menyeimbangkan kehidupan. Dan buku ini dirangkum oleh kak Cella berdasarkan pertanyaan-pertanyaan dari followernya di Instagram @cellaish. Buku ini membahas beberapa tema di bawah ini :

  • Bab 1 : Aku Nggak Aneh Hanya Introvert
  • Bab 2 : Yuk Belajar Memahami si Introvert
  • Bab 3 : Gimana Kehidupan Introvert Sehari-hari
  • Bab 4 : Sebenernya Aku Introvert Atau...
  • Bab 5 : Aku Suka Sendirian, tapi Nggak Suka Kesepian
  • Bab 6 : Menjadi High Quality Introvert

Untuk informasi tambahan bagi pembaca, ada beberapa contoh pertanyaan dalam buku ini. Seperti :

  • Introvert/Ekstrovert Apakah Menurun Pada Anak Atau Pengaruh Lingkungan?
  • Bagaimana Keluarga dan Lingkungan Membentuk Kepribadian Kita?
  • Attachment Style - Gimana Pola Hubungan Kita Dengan Orang Lain?
keyword

Kutipan Buku Nggak Apa Kok Jadi Introvert

review buku

Quality time versi tiap orang berbeda-beda. Ada orang yang versi quality time itu harus pergi keluar, ada juga yang rebahan di kamar seharian.

testimoni

Halaman 86

review buku

Kita berhak menjadi diri kita sendiri dan tetap menyampaikan pendapat.

testimoni

Halaman 100

review buku

Hidup ini menyimpan begitu banyak kejutan dan keseruan di masa depan. Jangan biarkan masa lalumu menghalangimu.

testimoni

Halaman 230

Beli Buku Nggak Apa Jadi Introvert Yang Original!!!

Langsung dari penerbitnya dan official store. Linknya bisa cek di bawah ini ya.

keyword

BISA CEK DI TOKOPEDIA

BISA CEK DI SHOPEE

Postingan Terkait