Ulasan Buku Master Your Emotions

Mulailah Perhatikan Bagaimana Perasaanmu

Untuk mulai mengendalikan emosi, kamu harus menerima bahwa emosi itu bersifat sementara. Emosi memberimu isyarat kepadamu agar bertindak mengatasi situasimu saat ini.

"Emosi biasanya merupakan pola pemikiran yang terus diperkuat, dan karena serangannya sering kali sangat besar, pada awalnya kita sulit menyadari kehadirannya. Ia ingin menguasaimu, dan biasanya ia berhasil - kecuali kamu cukup waspada." - Eckhart Tolle, The Power of Now.

Salah satu kekuatan terbesar manusia adalah kemampuan untuk menggunakan pikiran dalam rangka membentuk realitas kita dan menafsirkan peristiwa dengan cara yang lebih memberdayakan. Kitalah yang memberi mereka makna hanya melalui interpretasi atas peristiwa-peristiwa tersebut. Dan sikap terhadap hiduplah yang mempengaruhi kebahagiaanmu, bukan apa yang terjadi pada diri kita.

Kamu Bukanlah Emosimu

Emosi Selalu Datang dan Pergi

Untuk mulai mengendalikan emosi, kita harus belajar membiarkannya berlalu tanpa merasa perlu mengaitkan diri secara kuat dengannya. Kenapa kemudian emosi negatif yang kemudian menjadi fokus utama dalam pembahasan ini?

Emosi negatif sering memiliki tujuan. Ia dapat berfungsi sebagai seruan untuk menyadarkan. Membantu mempelajari sesuatu yang positif tentang diri kita.

Emosi negatif ini seringnya untuk membuat hidup menjadi terasa sulit. Padahal kehadirannya ada untuk memberitahu sesuatu. Dan tanpa emosi, manusia tidak akan berkembang. Alasan kenapa emosi negatif ini berlangsung lama adalah karena emosi negatif itu seperti mantra. Saat kita berada di bawah pengaruhnya, membebaskan diri dari emosi negatif tersebut terasa mustahil.

Kondisi emosi dapat secara drastis memengaruhi pandangan hidup, menuntut untuk bertindak dan berprilaku secara berbeda. Ketika berada dalam kondisi positif, lebih banyak energi yang tersedia.


Konsep Hidup Positif IKIGAI
keyword
buku pengembangan diri

Energi positif ini bisa memberikan :

  • Kepercayaan diri lebih besar dalam banyak hal.
  • Keterbukaan untuk mempertimbangkan tindakan yang bisa meningkatkan kehidupan
  • Kemampuan untuk meninggalkan atau keluar dari zona nyaman
  • Ruang emosional lebih besar untuk tetap gigih selama masa sulit
  • Mendapat ide yang lebih baik serta kreativitas yang meningkat
  • Memiliki akses mudah ke emosi positif dalam rentang emosi yang sama

Emosi bertindak seperti magnet. Ia menarik pikiran pada "gelombang" yang sama.

Agar Terlepas Dari Daya Magnetis Emosi Negatif

"Sering kali, lingkaran setan terbentuk antara proses berpikir dan emosi: keduanya saling menguatkan. Pola pikir menciptakan refleksi yang dilebih-lebihkan tentang dirinya sendiri dalam bentuk emosi, dan gelombang emosi terus menguatkan pola pikir awalnya." - Eckhart Tolle

Berada dalam daya magnetis emosi positif lebih mudah dibanding ketika berada dalam daya magnetis emosi negatif. Karena itu, ada banyak cara untuk membebaskan diri dari daya magnetis emosi negatif ini. Dengan cara yang sederhana yaitu mulailah memperhatikan bagaimana perasaan kita. Catat emosi negatif kita. Cari tahu apa pemicunya.

Semakin sering dilakukan, maka semakin banyak kita menemukan pola dalam memahami emosi. Ada beberapa contoh pertanyaan yang bisa disampaikan saat merasakan emosi negatif. Seperti : Apa yang memicu emosiku? Apa yang terus mengomprominya selama beberapa hari ini? Cerita apa yang ingin disampaikan kepada diri sendiri? Bagaimana dan mengapa harus keluar dari keterpurukan? Apa yang bisa dipelajari dari episode kehidupan ini? Dengan menjawab pertanyaan ini bisa menjadi langkah yang sangat berharga dan dapat membantu mengatasi masalah serupa pada masa mendatang.

Setiap kali mengalami emosi negatif, perhatikan tanda-tanda emosi yang memberi energi lebih besar. Juga perhatikan unsur yang memengaruhi keadaan emosi. Seperti keadaan tubuh, suara, makanan atau waktu tidur. Semua faktor ini juga berperan dalam menentukan kualitas emosi dan kualitas hidup.


Terapi Berpikir Positif
keyword
buku ulasan

Manfaat berpikir positif dan cara mengelolanya untuk mengondisikan pikiran agar lebih baik.

Cara Mengelola Emosi

Ada beberapa alasan mengapa berpikir positif saja belum cukup dan apa lagi yang dapat dilakukan untuk mengatasi emosi negatif.

Cara Melepaskan Emosi Negatif

Langkah pertama : Fokus pada emosi yang mau dilepaskan sehingga bisa merasa lebih baik.

Langkah kedua : Ajukan beberapa pertanyaan ini untuk diri sendiri : Mampukan aku melepaskan emosi ini? Mampukah aku membiarkan perasaan ini berada di sini? Mampukah aku menyambut perasaan ini?

Langkah ketiga : Kemudian tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan lanjutan : Akankah aku melepaskan perasaan ini? Akankah aku membiarkan perasaan ini di sini? Akankah aku menyambut perasaan ini?

Langkah keempat : Tanyakan lagi selanjutnya pertanyaan, "kapan?" dan jawablah "sekarang!" kemudian segera lepaskan emosi negatif yang ada.

Langkah kelima : Ulangi lagi proses tersebut sebanyak yang diperlukan agar perasaan tertentu bisa hilang.

Cara Mengondisikan Pikiran Dari Emosi Negatif

Pikiran menghasilkan emosi yang mendikte tindakan dan membentuk realitas. Pikiran harus didorong dengan energi dalam bentuk emosi, seperti antusiasme, kegembiraan, renjana atau kebahagiaan. Agar dapat mengondisikan pikiran ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dengan memutuskan emosi apa yang ingin lebih banyak dialami, menerapkan program khusus untuk memungkinkan mengalami emosi yang dipilih dan berlatih merasakan emosi tersebut setiap hari.

Cara Memodifikasi Lingkungan Untuk Mengurangi Emosi Negatif

Terkadang, untuk mengurangi emosi negatif, kita hanya perlu menjauhkan diri dari situasi yang menimbulkannya. Sebab, perubahan kecil dapat meningkatkan kenyamanan.

Spesifikasi Buku

Judul : Master Your Emotions
Penulis : Thibaut Meurisse
Halaman : 319
Tahun : 2023
Diterbitkan oleh Penerbit Baca
ISBN : 9786026486936



Buku Panduan Untuk Mengatasi Perasaan Negatif Dan Pandai Mengelola Perasaan

Buku Master Your Emotions

"Bahkan jika kita tidak mampu mnecintai musuh kita, setidaknya cintai diri kita sendiri. Kita harus begitu mencintai diri sendiri sampai-sampai kita tidak membiarkan musuh kita mengendalikan kebahagiaan, kesehatan, serta penampilan kita." - Dale Carnegie, How to Stop Worrying and Start Living


Terapi Menulis Untuk Melepas Emosi Negatif

Baca Buku Master Your Emotions Yang Original

Beli buku Master Your Emotions di toko buku offline yang terpercaya atau membeli secara online langsung di toko buku online Penerbit Baca

Official Online Book Store

Beli di Sini Yang Original

Postingan Terkait