-->

Review Buku The Cringe Stories Dan Giveaway

49 komentar

 The cringe stories

The Cringe Stories adalah kumpulan sembilan cerita pendek yang memiliki plot twist di setiap ceritanya. Buat yang suka banget sama cerita yang punya alur mengalir dan enak dibaca. Coba deh, baca buku ini.


Biar punya kesempatan untuk baca buku karya kak Rijo Tobing ini. Pembaca bisa ikutan giveaway. Hadiahnya satu buku The Cringe Stories dan saldo ovo 50rb. Yuk ikutan yuk.


Sebelum ikutan, daku mau cerita sedikit tentang beberapa cerita yang tersimpan dalam buku ini. Disertai opiniku tentang ceritanya. Kisah - kisah di dalamnya, enggak memunculkan rasa ngeri. Tapi, bikin pembaca jadi curiga dan bertanya-tanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Biar enggak penasaran, yuk baca ulasanku sampai tuntas.



Kartu Tanda Buku


Judul : The Cringe Stories

Penulis : Rijo Tobing

Halaman : 165

Format : Buku Cetak

Bahasa : Indonesia

Diterbitkan secara mandiri

Pembelian buku di http://Bit.ly/SkyBooks



Pisau


Cerita pendek pertama yang mengisahkan tentang Ibu dan anak yang sedang mencari rumah. Ibunya hendak membeli rumah dan mendapat informasi dari seorang sepupu. Momen mencurigakan sudah bisa dirasakan karena selama pembicaraan, sang pemilik rumah sama sekali tak mengeluarkan tangannya dari saku celana. Klimaks yang mengejutkan pun terjadi saat mereka membuka ruang kamar pribadi ketika berkeliling melihat kondisi rumah.


Saat membaca cerita pertama. Aku memang tak merasakan kengerian seperti yang dirasakan sang tokoh. Tapi, aku bisa mengatakan kalau sang Ibu ini aneh dan terlalu baik. Karena, masih sempat-sempatnya meminta pertolongan untuk orang lain sementara nyawa mereka berada di ujung tanduk.


Mobil Di Pengkolan


Seorang pensiunan kepala penjara menghabiskan waktu di rumahnya dengan menjaga cucu. Menemaninya bermain hingga menantinya pulang sekolah. Di lingkungan tempat tinggalnya, terdapat mobil tua yang sudah tak pernah dipakai lagi. Konon, milik tetangganya yang sudah menempati komplek rumah tersebut sejak awal berdirinya perumahan itu.


Apa yang terjadi pada novel ini cukup menggelikan. Sebuah kegabutan atau keisengan seseorang yang motifnya enggak jelas. Tapi, bisa membuat heboh satu kampung. Bahkan, mantan penghuni penjara yang dikenal oleh pensiunan kepala penjara ini pun ikut dalam kehebohan tersebut. 


Kehebohan yang diawali dari keisengan semata hingga menjadi kejadian yang menggemparkan.


Handphone


Seorang anak berusia sepuluh tahun. Merasakan bosan ketika bepergian bersama Bapak dan Ibunya. Suasana hujan deras yang membuat jalanan sedikit padat dan tergenang. Membuat Bapak dan Ibunya berdebat. Perdebatannya bukan sesuatu yang penting. Tapi, di sela perdebatan itu, sang Ibu menyampaikan dongeng yang ia ingat. Dongeng yang menggerakkan hati kecil anaknya.


Kasihan. Itu yang pertama kali kurasakan usai membaca cerita pendek berjudul Handphone ini. Karena, untuk anak berusia 10 tahun yang belumlah sempurna kemampuannya memutuskan sesuatu. Harus menuai tragedi yang tak mengenakkan. 


Dongeng memang mampu menggerakkan hati manusia. Mencairkan kebekuan hati dan memberi pesan moral yang mampu dijadikan pembelajaran. Tapi, apa jadinya jika dongeng ditelan mentah-mentah tanpa mengetahui situasi dan kondisi yang nyata? 


Galon


Kisah ini memuat kondisi terkini, yaitu situasi saat pandemi. Berkisah tentang abang pengangkat galon di sebuah toko. Yang merasakan sepinya penjualan. Tak hanya itu, ia merasa risih dengan perilaku pelanggannya yang memperlakukannya seperti bakteri.


Yang biasanya ia akan mengangkat galon ke dalam rumah. Sekarang, tak lagi diperbolehkan masuk. Biasanya ia membantu seorang nenek membuka galon untuk mesin dispensernya. Saat pandemi, ia bahkan tak diperbolehkan untuk masuk.


Hingga suatu ketika, ia mendapat sms berisi pemberian uang untuk penderita covid. Sms yang dikatakan oleh rekan kerjanya adalah hoaks. Justru membuat kang Galon berharap bisa terkena covid agar mendapatkan uangnya.


Gimana ya rasanya ketika harapan terwujud? Harusnya senang, kan? Tapi, harapan kang Galon ini sungguh menyedihkan. Yaa, karena manusia seperti kang Galon ini memang ada di saat pandemi seperti ini.


Cermin


Tentang seorang perempuan simpanan yang memiliki salon untuk Pria dan Wanita. Salon ini sering dikunjungi Oppa Oppa korea yang tampan dan kaya. Membuat pemilik salon berupaya mendekati mereka. Usai lelaki yang menjadikannya perempuan simpanan sebelumnya, tak kunjung kembali.


Jujur, cerita yang satu ini bisa dibilang sesuai dengan labelnya, creepy. Di kisah ini menunjukkan salah satu sifat manusia : keserakahan. Jadi ingat pesan bang Napi : kejahatan bukan karena ada niat pelaku tetapi karena adanya kesempatan. Waspadalah!



Rekening


Buat para Bucin sejati. Jangan sampai enggak baca cerita ini. Ini kisah seorang perempuan yang bisa mengintip kegiatan idolanya dari transaksi yang dilakukan sang idola. Suatu ketika, idolanya ini terjerat kasus narkoba.


Akibat saking bucinnya, ia berusaha membeberkan ke publik. Siapa saja orang yang berada dibalik terkuaknya berita tersebut. Ia ingin sang Idola bebas dan tak dikenakan tuduhan menjadi pengguna narkoba. Namun, sayangnya, justru laporannya menjadi boomerang yang menghancurkan hidupnya.


Duh, ya. Ketika baca cerpen ini. Bener-bener ngangguk terus. Soalnya, banyak kemiripan dengan kasus nyata. Bagaimana penyalahgunaan berita viral yang bisa membuat sang tokoh utama justru terjebak. 



Suara


Ini cerpen favoritku, berkisah tentang keluarga yang sering pindah rumah. Membuat istri dan anak-anaknya tak memiliki sahabat dekat. Hingga akhirnya mereka menetap di Samarinda. Istrinya mulai mewujudkan impiannya dengan ikut serta di kegiatan sosial masyarakat.


Sementara anak-anaknya, berusaha kembali untuk beradaptasi. Cerpen ini bukan aneh gimana-gimana, tapi berisi penyesalan para tokohnya. Aneh mungkin pada kejadian akhir yang dialami tokoh-tokohnya. Tapi, unsur penyesalan ini yang cukup membuat pembaca bisa merasakan bagaimana susahnya menjadi seorang Ibu, saat anaknya membangkang atau tak menurut. 


Dan keanehan lain yaitu sikap sang Ibu. Yang mulai berbeda hingga membuat anak ke dua dan ketiga merindukan ocehannya. Keanehan yang diabaikan oleh anak pertama. Hingga rumah yang dulunya ceria menjadi sepi. Cerita ini cukup sedih.


Gendut


Tentang seorang perempuan yang menolak diet dan olahraga. Dia ingin terus bisa menikmati makanan favoritnya. Karena, sejak masih kecil, ia tak pernah bisa merasakan makanan yang enak dan yang ingin dia rasakan. Sampai kemudian, ketika ia sudah bisa bekerja dan membiayai hidupnya. Ia mulai makan banyak jenis makanan tanpa terbatas. Ia ingin menikmati hidupnya untuk makan. Tapi, sayangnya, keinginannya untuk kurus justru membawa malapetaka. Intinya, hati-hati percaya apalagi memilih teman. Pokoknya waspada selalu, hehe.


Ombak


Cerita tentang seorang perempuan yang kembali ke rumahnya di Pulau Dewata. Ia dijodohkan dengan lelaki berambut pirang dan keturunan warga negara asing. Berusaha membangun keluarga, namun sayangnya justru membawa kematian pada siapa saja yang hadir untuknya. Cerita ini punya plot twist yang enggak terduga.



Review The Cringe Stories


Dalam sembilan cerita yang dimuat di buku ini. Merupakan kumpulan cerita tentang sisi manusia yang terkadang dianak-tirikan. Ada tapi dianggap tidak ada. 


Kak Rijo juga memuat beberapa kritik konstruksi sosial. Seperti dalam cerita Mobil di Pengkolan, kritik ini memuat tentang hak kepemilikan seseorang. Juga memuat mengenai pandangan terhadap orang dengan tubuh overweight.


Dan kisah ini, bukan kisah misteri yang berisi hantu atau horor apalagi thriller. Tapi, creepy di sini maksudnya adalah kisah yang membuat pembaca berpikir mengenai kisah tersebut dan bagaimana kaitannya dengan kehidupan nyata. 


Untuk yang mau beli bukunya. Silakan melalui tautan ini : http://Bit.ly/SkyBooks


Cara Ikut Giveaway The Cringe Stories


1 Memiliki alamat di Indonesia

2. Memiliki akun Instagram dan sudah follow akun @alenaslibrary dan @randomnessinsidemyhead 

3. Sudah komen Done Followed di postingan akun Instagram @alenaslibrary

4. Follow blog http://rijotobing.wordpress.com (opsional)

5. Jawab pertanyaan di bawah ini pada kolom komentar. 


Isikan pada kotak profile komentar : 


Name : nama kalian 

Url : tautan profil Instagram kalian


Pertanyaan : 


"Pengalaman ANEH yang seperti apa yang pernah kalian atau teman kalian alami?"



Jangan lupa juga untuk tetap ikuti Giveaway The Cringe Stories di : 


1 - 7 Maret di https://www.lendyagasshi.com/

8 - 14 Maret di https://keluargahamsa.com


Dan saksikan book launch Buku The Cringe Stories tanggal 21 Maret 2021. Di mana? Pantengin aja terus akun @randomnessinsidemyhead yaa.


Related Posts

49 komentar

  1. Name: Sela Nur Aisyah Al-Qadry
    Url: https://www.instagram.com/aishe_alqadry12/

    Pengalaman aneh yang pernah dialami oleh teman laki-laki sekelasku yaitu, ketika dia memiliki pekerjaan sampingan sebagai tukang ojek di pagi buta sebelum berangkat ke sekolah (SMA). Temanku biasa berangkat ke pasar jam 02.30 WIB. pagi untuk mengantarkan orang-orang yang berangkat ke pasar maupun pulang dari pasar. Suatu ketika, ada seorang pelanggan gadis cantik yang menghentikan ojeknya di pinggir jalan raya. Sontak temanku merasa girang! Pagi-pagi dapat rizki penumpang ojek yang cantik pula. Gadis itu tampak pucat, memakai gaun berwarna putih, dan membawa bungkusan seperti orang habis belanja dari pasar. Keanehan pun mulai terjadi ketika temanku mengajukan beberapa pertanyaan yang hanya dijawab singkat dan terasa kaku oleh si gadis. Kemudian, temanku bermaksud memandang gadis itu lewat kaca spion, tapi anehnya bayangan gadis itu tak tampak di kaca spion. Temanku merasa kaget tapi, ia tetap meneruskan perjalanan. Anehnya lagi, gadis tersebut menunjukkan rumahnya ada di sudut tikungan jalan. Padahal, semua orang juga tahu bahwa selama ini di situ hanya ada pohon bambu dan tidak ada rumah. Namun, pagi itu secara ajaib tiba-tiba ada sebuah rumah susun yang megah di sana. Setelah gadis itu turun, temanku diberi bayaran Rp 50.000. Tanpa menunggu kembalian, gadis cantik itu langsung pergi seperti masuk ke dalam rumah tersebut. Temanku tambah girang pastinya! Dan ketika adzan subuh terdengar, temanku bermaksud menukarkan uang untuk sebagian dimasukkan ke dalam kotak amal. Betapa kagetnya dia, uang tersebut tiba-tiba berubah menjadi beberapa lembar daun. Sontak ia pun heboh sendiri dan bercerita kepada orang-orang di sekitar tentang pengalamannya tersebut. Menurut orang-orang sekitar, temanku tadi diganggu makhluk halus.

    BalasHapus
  2. Nama : Yuniasih
    Tautan Instagram : https://www.instagram.com/yuni_warjui

    Beberapa kali anakku yang masih balita memaparkan apa yang ia lihat tetapi tidak bisa terlihat olehku. Jelas juga sih deksripsinya. Suatu hari ketika kami masih tinggal di Bandung, kebetulan kami menempati rumah dinas yang memang sudah ada sejak zaman Belanda.

    Saat itu kami sedang bermain, tiba-tiba dia melongokkan kepada ke jendela kaca lalu berkata : "Ada Tante, Ibu!"

    Aku mengira yang ia maksud adalah tetangga kami, Tante Bulan namanya. Namun, setelah ku tanya ternyata yang ia sebutkan namanya pun tak kalah membuatku kaget.

    Namanya Tante Marriot (kurang lebih begitu jika nama itu dituliskan). Aku mengubah ekspresi takut menjadi ingin tahu. Aku tanyakan kepada anakku bagaimana wujudnya, apakah dia menjahilinya atau tidak. Setelah ku rasa aman, baru kami berpindah tempat bermain.

    Itu baru sekali. Ada beberapa kali dia menceritakan hal serupa yang tak kalah membuatku bergidik. Takut sih, tapi as a Mom aku selalu mengupayakan untuk menanyai dan mengajaknya berpikir kritis sebelum bertindak. Semoga seiring dengan berjalannya waktu, anakku semakin tahu bahwa hal itu termasuk ke dalam rukun iman. Aamiin.

    BalasHapus
  3. Nama : Akarui Cha
    Url IG : https://www.instagram.com/bacha.santai

    Hmm ada satu pengalaman aneh banget di masa kuliah. Waktu itu ceritanya aku baru pulang, sore sore, dan sedang sendirian karena baru dari perpustakaan dan teman-temanku sudah pulang duluan.

    Aku terbiasa baca buku kalau sedang naik Commuter Line. Payahnya, hari ini aku keasikan baca sampai nggak sadar sekitar.

    Tiba-tiba seorang bapak berjuabh putih yang duduk di sampingku nyeletuk.

    "Neng, mau nggak punya kulit coklat? Biar kayak orang normal." Aku terdiam.

    Seketika aku merasa nggak nyaman. Aku merasa, memang aku nggak normal kalau punya kulit putih dan rambut pirang lalu tinggal di Indonesia?

    Lalu dia keluarkan KTP-nya langsung disodorkan depan muka aku. Dan bilang "baca kun fayakun."

    Tanpa menjawab, aku berusaha duduk agak menjauh. Sayang ... si bapak ini malah ikut menggeser.
    "Kun fayakun, Neng. Sebut. Biar Neng nggak kelihatan beda sendiri. Kasihan Neng dilihatin orang karena putih."

    Panik. Aku bangkit dan menjauh ke gerbong lain.

    Dia ikut dong.

    Makin panik, kucari petugas kereta dan berdiri dekat si petugas.

    Sampai di stasiun tujuan, aku keluar dan langsung lari pulang.

    BalasHapus
  4. Name: Sukma Meganingrum
    URL: https://instagram.com/stories/sukmanyamega/2514610741511588229?igshid=1x59yjglj1j7n

    Pengalaman aneh yang pernah kualami adalah beberapa waktu yang lalu, bulan Desember 2020. Aku beserta keluarga mampir ke wisata bukit cinta banyu biru, daerah rawa pening. Ketika kami hendak bersilaturahim ke rumah saudara yang berada di Sala tiga.

    Hal aneh terjadi saat kami sedang berada di bukit, alarm yang biasa kunyalakan pukul 11:00 WIB sudah berbunyi, padahal waktu masuk ke lokasi ini jam baru menunjukkan pukul 10:00 WIB. Kebetulan waktu itu Kakakku menanyakan pukul berapa sekarang ini. Jam di ponselku dan ponsel Kakak perempuanku menunjukkan waktu yang sama. Namun jam di ponsel Kakak iparku berbeda.

    Tak lama kemudian, kakak perempuanku mengatakan bahwa jam pada ponselnya berubah menjadi sama seperti milik suaminya yaitu pukul 10:30 WIB. Aku mengabaikan perihal jam pada ponselku, dalam hati agak jangal. Aku tidak mengutak-atiknya sehingga lebih cepat waktunya. Tapi aku juga tak mempunyai bukti yang cukup jika ingin mendebatnya.

    Tak lama perjalanan kami teruskan. Di dalam mobil alarm ponselku kembali berbunyi, waktu yang tertera di sana sama persis dengan waktu saat aku mematikan ponselku, di bukit cinta tadi.Pukul 11:00 WIB!

    Aneh ... hal ini tak bisa kujelaskan. Entah energi apa yang menyebabkan waktu pada ponselku bergerak lebih cepat, lalu kemudian kembali pada waktu yang sebenarnya. Jika bukan karena alarmku berbunyi dua kali, mungkin aku tak kan menyadari keanehan yang terjadi.

    BalasHapus
  5. Saya suka banget nih baca-baca tentang riddle atau genre mystery gitu, mau ikutan giveaway cuman gak sempet :((

    BalasHapus
  6. Menarik nih ceritanya. Senang baca reviewx. Sayang skali blom bisa ikutan giveawanya. Semoga next tulisan bisa ikut.

    BalasHapus
  7. Lihat dari cover dan baca sekitas tentang isi buku ini menarik juga ya, walau awalnya saya sempat berpikir kalau ini buku dengan cerita horror. ehehe

    BalasHapus
  8. Jadi tertarik ikut giveaway nya aku nih kak Ipeh baca sinopsis ceritanya menarik ya jadi kepo bukunya

    BalasHapus
  9. Wuaaaa baca reviewnya aku agak-agak merinding nih. Tapi keren lho ide ceritanya. Dari hal-hal sederhana bisa diramu menjadi cerita seperti ini. Gal mudah pastinya dan sukses bikin yang baca ikutan ngeri

    Aku sih jujur belum pernah ngalamin hal yang aneh banget ya. Semoga jangan deh. Aku penakut soalnya. Bisa gak tenang hidupki hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa...ada banyak kak pengalaman aneh yang enggak horor dan enggak serem yang sebenernya kita alamin. Entah ketemu sama orang aneh yang punya pikiran covid itu enggak ada. Atau orang aneh yang kayak kang Galon, malah berharap kena covid hehe

      Hapus
    2. Hahahaha untuk urusan covis bener juga sih, banyak orang aneh bin ajaib
      Gak ngerti aku sama pola pikirnya. Eh, tapi klo dibalik jangan-jangan mereka malah mikir aneh ke kita yang percaya covid hahaha

      Hapus
  10. Nama: Rahmah
    IG: https://instagram.com/ammachemist

    Hmm, aneh? Ada sih. Waktu itu saya masih posisi di Kalimantan menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi.
    Karena dosen baru, saya ditempatkan di salah satu mess yang sebelumnya sudah ada yang menempati tapi masih keluarga jauh.
    Nah pengalaman aneh itu, jam 2-3 pagi saya bangun mau ke toilet. Karena cuma satu, saya antri. Soalnya saat itu terdengar ada suara air yang sedang dituangkan, mandilah begitu.
    Saya tidak merasa aneh sama sekali karena toh pikiru pasti teman serumah.
    Eh, jelang 1 pekan berlalu saya iseng tanya teman serumah kenapa tiam jam 2-3 pagi sudah mandi. Apa tidak dingin?
    Teman serumah bilang: "Lo, siapa yang mandi? Sudah sepekan ini tiap jam 12 saya keluar ke laboratorium mengamati perkembangan penelitian anak mahasiswa bimbingannya. Soalnya perlakuannya agak spesial.
    Kaget dong saya.
    Saya menceritakan kalau yang saya alami seperti di atas.
    Dan sampai detik ini, saya belum menemukan jawabannya siapa. Tapi usut punya usut, mess yang saya tempati memang sudah sangat tua usianya.

    Hiiiiii... Aku makin merinding deh.

    BalasHapus
  11. Wah Mba Ipeh. Aku baca ringkasan buku ini pagi2 jadi agak sedikit begidik nih. Tapi belum bisa ikutan, soalnya aku bingung belum punya pengalaman aneh kayaknya.

    Ini singkat2 ya ceritanya, tapi plot twistnya ngena banget. Keren ini penulisnya nemu aja celah unik yg anehnya

    BalasHapus
  12. Nama : AnisaDee
    URL : https://instagram.com/anisa.dee

    Pengalaman aneh yang pernah saya alami banyak banget :) tapi yang paling gak bisa dilupain tuh ketika berlibur ke rumah nenek saat usia 10 tahun, pernah punya satu teman cantik dan saya juga merasa sering main ke rumahnya. Tapi saat sudah beranjak dewasa dan bernostalgia mengenai sagu hal ini. Nenek selalu bilang kalau saya di usia itu selalu bermain sendiri di belakang taman sambil bicara sendirian.
    Nah loh, teman saya itu beneran manusia atau bukan ya, sampai sekarang malah ga ingat namanya siapa si gadis cantik teman saya itu

    BalasHapus
  13. Kok unik bgt cerpen2nya. Kekinian jg lho, soalnya bahas covid hehe.. jd penasaran mau baca lengkap

    BalasHapus
  14. Nama: Dian Radiata
    IG: https://instagram.com/adventurose

    Kejadian aneh? Banyak sih yang pernah aku alami. Pernah aku naik gocar ama adek iparku. Aku inget banget kami lewat jembatan warna putih. Eh ternyata kata adekku kami gak ngelewatin jembatan sama sekali.. Dan lagi, di saerah situ ga ada jembatan.. Entah.. Mungkin aku halu. Tapi aku inget bener sih, sampe sekarang pun masih inget jelas bentuk jembatannya

    BalasHapus
  15. Nama: Hani
    IG: https://www.instagram.com/nisaahani

    Gak ada pengalaman aneh sih alhamdulillah. Palingan pernah kehilangan teko pas persami sekolah, trs malemnya mimpi lokasi teko aku ada dimana. Eh, pas paginya alhamdulillah ketemu tekonya di lokasi yang ada di mimpi.

    BalasHapus
  16. Pengalaman aneh? Jadi waktu itu pas masih SMP kalo ngga salah di waktu subuh ada yang kerumah (bertamu) gitu lah aku lagi asyik tiduran biasa abis sholat subuh gitu suka tiduran sambil maen hp, nah jadi ada yg kerumah tuh cuma orang yg ngga di kenal bukan tetangga atau siapa asing lah muka nya sama mamah dibukain tuh pintunya katanya mau numpang ke air jauh abis dari jalan jauh disitu mikir biasa aja, hampir sejam orang itu ngga keluar² dari kamar mandi aneh dong karena aku mau mandi juga tapi sunyi gitu sempet ada suara cipratan air tapi ngga lama, pas mau mandi bener² sunyi pintu masih dalam keadaan ditutup. Dan aku nanya "mah orang yang tadi udh keluar blm?" Jawab mamah "blm" "ko aneh ngapain ya" kata aku "coba ketuk pintunya" suruh mamah , aku coba ketuk tapi gaada sautan sama sekali, pas ngga sengaja aku buka pintunya perlahan. Degg gaada dong orangnya. Ada lagi nih satu lagi jadi masih pagi itu mamah lagi nyuci piring kebetulan om (adik dari mamah) tinggal dirumah bareng selama setahun jadi kebiasaan kalo om mau kerja pasti mandi dlu lah ya nah waktu itu mamah liat om udh beres mandi tapi ke arah keluar bukan ke kamar disitu mamah ngga mikir aneh² tapi pas mamah udh beres nyuci piring om aku sama sekali blm mandi dong baru bangun. Terus yang di kamar mandi yg mandi terus keluar siapa? Hmm. Udh segitu aja dan sekarang Alhamdulillah gaada kejadian aneh² lagi.

    BalasHapus
  17. Wah baca sekilas tentang poin-poin yanga da di buku ini menarik banget ya kayaknya. Ceritanya simpel tapi alurnya kek bikin pembaca penasaran sama ceritanya. Jadi bikin aku penasaran juga pengen tau lebih lanjut ceritanya hahhaa

    BalasHapus
  18. Cerita "Galon" ini ada ada aja ya mba. Dimana semua orang ingin tetap sehat dan terhindar dari covid ini, ehh si tukang galon malah kepengen biar dapetin uang. Jadi pengen baca sampai selesai gimana akhir kisah tukang galon ini, dapet uang gak ya kira kira.

    BalasHapus
  19. Nama : Yuni
    IG : https://instagram.com/yunibintsaniro

    Pengalaman aneh yang pernah dialami adalah merasa menemukan hantu. Yah, dulu ketika tinggal di Kalimantan. Ada tetangga yang baru pulang kerja. Kamar mandinya kan kayak kamar mandi umum gitu. Dan tempatnya melewati rumah yang belum jadi. Masih gelap dan sepi.

    Si tetangga itu melihat ada sesuatu/seseorang dalam rumah. Sontak dia bertanya. "Siapa itu?"

    Kami yang sedang berkumpul di rumah dekat rumah kosong itu otomatis ikut menoleh. Karena nggak ada orang lewat sebelum dia. Jadi bisa dipastikan rumah itu kosong. Lalu dia bertanya pada siapa?

    Katanya sesuatu/seseorang yang dia lihat semakin membesar dan terus membesar. Hingga dia lari ke tempat kami berkumpul dan nggak jadi mandi.

    BalasHapus
  20. Judulnya aja udah bikin kumerinding disko mba hehehe... Aku termasuk pembaca yang kurang terlalu klik sama genre tulisan seperti ini soalnya suka jiper duluan wkwkwk. Tapi aslinya pasti bagus banget terutama buat penggemar jantung deg degan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe cuma sayangnya cerita di sini engga bikin jantung disko kak. Tapi bikin mikir kok bisa gitu ya? Gitu

      Hapus
  21. wah bukunya seru nih. Kisah-kisah cringe emang nggak pernah bikin bosen, dan entah kenapa selalu ada dalam kehidupan manusia. Covernya serem...hehehe. Sayang belum bisa ikutan give awaynya nih. Sukses ya

    BalasHapus
  22. Name : Triyatni @pohontomat

    Url : https://instagram.com/pohontomat

    Berbicara tentang pengalaman aneh, sebenarnya enggak banyak. Cuma waktu kecil aku pernah kan tinggal di kampung. Nah saat itu hujan deras. Di jendela aku lihat ada ibu-ibu yang berdiri gitu di bawah pohon pisang. Pas beberapa saat kemudian tiba-tiba hilang. Kayak disambar petir atau apa. Tapi bajunya masih ada.

    Teru pernah juga jadi guru asrama, terjadi kesurupan massal. Sebagi guru, mau tidak mau aku nanganin ini. Pernah tanganin anak-anak yang kesurupan jin cowok, bilang kalau jinnya suka aku. Gimana gak merinding haha.

    trus ada boneka di kamar, yang katanya sering ngomong. Aku yang bertugas buang boneka itu huhu.

    Pernah juga nganterin anak murid pulang kampung, sepanjang jalan di hutan si murid ini terus berkata kalau ada makhluk halus yang mendekat. belum lagi dia kesurupan berbeda-beda. Kadang jadi nona belanda megang rambut panjangnya di sebelah kanan, kadang jadi anak cowok yang nyuruh soal padahal belum azan.

    Terkadang aku harus nemenin anak-anak hingga tengah malam ngobrol dan dia bisa lihat makhluk halus. mendebarkan lah pengalaman jadi guru asrama ini.

    BalasHapus
  23. Kayaknya menarik nih, jadi penasaran pengen baca cerita lengkapnya...

    BalasHapus
  24. Bukunya menariiik bangeet.. ngeri ngeri takut tapi kayak prngen banget baca. Saya itu aslinya orangnya penakut hehe tapi pengen ngintip juga buku buku horror .
    Suka salut dengan orang yg pinter nulis cerita horror. Bisa memvuat orang terhanyut takut takut seru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya kak, sayangnya ini bukan buku horor. Jadi enggak bikin takut. Cuma bikin mikir aja kenapa ya bisa gitu? Soalnya emang ceritanya enggak ada hantu apalagi pembunuhan dari 9 cerita yang kubahas sedikit di atas :)

      Hapus
  25. Bukunya sungguh cringe..ga bisa nih baca pas malam melek sendiri hihihi
    pengalaman anehku..hmm ada beberapa biasa terkait bangunan lama
    Diantaranya pernah ngine berdua suami di penginapan tua di Jakarta(waktu itu aku belum tinggal di sini)
    Terus malam itu habis jajan dan ngemil. Kue ada di atas kulkas aku taruh (kotak bolen ), inget bener..Mlaam it ada aja suara air netes, suara angin yang semriwing, pokoknya aku susah tidur, sementara suami dah pules.
    Pagi waktu kami bangun, kotak kue bolen sudah pindah ke atas meja depan sofa (di kamar itu ada sofa). Aku nanay suami apa dia ngemil sendiri kmaren, enggak dia tidur pules dan bar bangun paginya..
    Duh, mana posisi kayak dicuil atau digigit gitu (brkurang)...langsung kami berasa sngguh ngeri. Mengingat bangnanan ini sejak ada masa penjajahan Belanda. Syukurlah hari it kami check out (cuma nginep semalam (transit buat istirahat doang)...Duh kalau inget kek ga ercaa tapi nyata

    BalasHapus
  26. Baca sinopsisnya jadi penasaran sama jalan ceritanya pasti bagus, cuma aku agak takut sama tema misteri sebab dulu saat masih bisa merasakan indera ke 6 suka digodain jadi mau jauh-jauh dari hal-hal yang bertemakan hal itu. Indera ke enam yang aku punya karena faktor keturunan tapi Alhamdulillah sekarang udah gak peka lagi.

    BalasHapus
  27. Sayangnya aku nggak punya medsos jadi nggak bisa ikutan deh πŸ˜‚
    Tapi cerita singkat dari Kak Ipeh bikin aku penasaran sama bukunyaaa huaaaa. Aku pikir ini akan berbau-bau hantu karena covernya seram 🀣

    BalasHapus
  28. Baca review The Cringe Stories ini sampai bolak-balik bacanya terutama yang mobil pengkolan. Jadi penisirin sama buku ini, segimana bikin mikirnya ya? Kisah Kang Galon sungguh mewakili situasi sekarang, yang mana orang-orang jadi cenderung parno terhadap sesamanya. Aku pun pernah berada di posisi ini, parno ma Kang galon, Kang gas, Kang Ac bahkan sama suami sendiri yang baru balik gawe :p Ya gimana sih ya ... salahkan aja si covid yang bikin cringe.

    BalasHapus
  29. Judulnya unik, singkat-singkat, dan bikin kepo. Hehehe. Asiknya baca buku dengan banyak plot twist itu, kalo gak ngerti kita bisa bolak balik baca dan mencerna kembali. Nah, kalo di film ini susahnya, bisa bikin frustasi kalo disuruh nebak plot twistnya. Hahahaha.

    BalasHapus
  30. Sekilas ceritanya menarik semua ya. Tiap cerita memiliki plottwist yang bisa bikin kita berpikir lebih dalam lagi. Keren.

    BalasHapus
  31. Pas lihat sampulnya, kirain novel misteri. Ternyata kumpulan cerpen ya isinya. Baca sekilas isinya, kayaknya bagus ini bukunya, bisa jadi bacaan ringan selama di rumah aja

    BalasHapus
  32. Wah mau ikutan masih bisa ngga yah inii? Hehe

    Nama Jihan
    Url : instagram.com/jihanmw

    Pengalaman aneh sihh dulu pernah ada paket datang ke rumah. Kata temenku yg anter paket ini yg nerima nenek2 pake baju putih agak bungkuk. Nah sedangkan di rumahku itu ngga ada nenek2 yang disebutin kayak ciri2 di atas.
    Bingung dong πŸ˜‚πŸ˜‚ sampai sekarang belum terpecahkan misteri itu.
    Tp paketnya udah sampai, diletakkan di meja ruang tamu gitu.

    BalasHapus
  33. Nama : Icha Marina Elliza
    Link IG : https://www.instagram.com/ichamarinaelliza


    Aku ikutan ya kak Ipeh..
    Jadi cerita anehku adalah cerita horor. Hehehe
    di saat zaman sekolahan aku dan kakak suka sekali belajar Saat tengah malam. jadi sahabat Isa kami suka tidur lalu terbangun di tengah malam kemudian belajar sambil mengerjakan PR. Nah sambil belajar Kami suka makan atau sekedar ngemil. Malam itu kepengen makan mie instan goreng. Tapi harus kembali ke warung punya ibu dulu untuk mengambil mie dan kawan-kawannya.
    nah warungnya ini letaknya beberapa rumah dari rumah kami, saat itu aku pergi sendiri ke warung. Setelah mengambil persediaan makanan aku pun mengunci kembali warung dari belakang. Saat melewati sumur di belakang warung, katrol timba jatuh sendiri ke dalam sumur. Aku yang memang nggak takut hantu cuek aja dong ya.. dihembus angin tuh kali. Tapi kemudian timbanya naik kembali layaknya orang sedang mengambil air. Hahaha
    Bukannya takut, aku justru cuek ngomong dalam hati "mandilah tengah malem, biar masuk angin".. hihihi

    Memang, tetangga kami suka cerita kalo warung kami sering ada keanehan, khususnya kamar mandi yang ada sumurnya .setiap malam selalu ada aktivitas layaknya orang mandi, nyuci dll .
    Tapi kami cuek aja lah..

    BalasHapus
  34. Sekilas liat covernya agak sedikit menyeramkan ya. Dengan latar warna hitam dan tangan seorang (perempuan) meminta tolong. Kesan sebagai kumcer horor sudah dapet. Tapi apakah bener-bener horor sesuai covernya? Jadi penasaran buat baca, terlebih setelah baca2 cuplikan dari cerpen2 tersebut.

    BalasHapus
  35. wah aku tertarik loh baca cerita-ceritanya selengkapnya nih, saatnya hunting buku ah, seru sih kayanya plot twistnya itu loh

    BalasHapus
  36. Saya baca sinopsis ceritanya, sepertinya menarik. Dulu saya juga sering menulis cerpen, jadi kangen menulis cerpen lagi, apalagi yang punya nilai kontruksi sosial seperti dalam buku tersebut

    BalasHapus
  37. Atria Sartika
    https://instagram.com/atriasartika

    Hal aneh? Kalau untuk pengalaman horor lebih ke di kostan dulu sering dengar ada yang menghuni lantai 2 padahal nggak ada yg isi 2 kamar kosong di atas ����

    Tapi kalo lebih ke aneh spiritual gitu. Aku kadang selalu lulus di ujian atau test yang aku nggak mempersiapkan diri sama sekali buat ngikutinnya. Giliran lebih prepare eh malah nggak lolos ��. Kadang mikir buat ya udah nggak usah belajar aja. Tapi ya nggak mungkin juga sih karena malah kepikiran ��

    BalasHapus
  38. Pengalaman aneh yang sampai sekarang belum terjawab, apa itu iya apa bukan, apa halusinasi, tapi ini bener bener jelas banget, sebenernya males yaaa menjelaskan ini, membahas lagi, apalagi sekarang lagi mengandung 9bulan, secara banyak mitos tentang ibu hamil �� Tapi aku ceritain demi giveaway ini semoga menang ��

    Jadi pas usia kandungan 4bulan, aku dan seluruh keluarga besar mengadakan pengajian, syukuran 4bulanan, nah selama pengajian berlangsung oke fine gaada hal apapun yang mengganjal. Setelah beres, masih ada sebagian keluarga di dalem rumah, dan sebagian sudah pulang. Aku yang berniat ke kamar mandi, tapi tertahankan karena aku lihat jelas ada cowok pakai sarung masuk ke kamar mandi, aku tunggu lama sampai kebelet akhirnya aku tanya suami di sebelah, aku tanya apa ada yang masuk kamar mandi ataub tidak, soalnya emang lama banget keluarnya, ehhhh taunya kagak ada siapa2 di kamar mandi.. Sejak itu aku agak worry ���� Semoga aku yang salah lihat, tapi berasa bener banget, karena aku juga sampe nunggu dan gajadi ke kamar mandi ����

    BalasHapus
  39. Nama :Bella wolandari
    Url: @bella_wndri
    Pengalaman yang pernah dialami bersama teman adalah saat menginap dirumah teman rumahnya aneh dan gelap disana sangat mengerikan apalagi waktu itu ada suara dari tangga kami pikir itu orangtua atau saudara nya ternyata waktu kami tanya orangtua nya sedang tidak dirumah dan adiknya baru pulang ,kami agak takut dan merasa aneh sp yang ada ditangga

    BalasHapus

  40. Nama : Gita Lestari
    URL : https://instagram.com/gitalestariayesha

    Ini cerita lebih ke serem sih, tapi aneh juga 😁. Kalau inget masih bikin merinding disko.

    Kejadiannya waktu saya masih kerja di kantor saya, di daerah kopo mas regency. Udah lama sih sekitar 4 atau 5 taun yg lalu. Kantor saya berada di gedung 2 tingkat. Satu gedung terdiri dari beberapa kantor perusahaan farmasi. Kantor saya ada di lantai 2. Kebetulan waktu itu Kerjaan banyak jadi terpaksa lembur. Rada santai soalnya bu bos masih ada di kantor. Eh jam 6 an ternyata bu bos pulang duluan. Aah biarin lah da kerjaan tinggal dikit lagi. Ga lama setelah bu bos pamitan, saya denger suara orang ngobrol di lorong depan ruangan. Waaah masih banyak orang geningan pikir saya teh. Pasti orang dari kantor lain masih ada di gedung, lagi meeting kayanya. Rada santai weh. Eeeeh tapi naha ko perasaan teh ga enak. Deg2an. Ser2an. Waaah teu bener ieu mah. Langsung aja beberes. Matiin komputer dan lain lain. Matiin lampu. Kunci pintu terus lari da geningan sepi kantor teh. Turun ke bawah... keluar ke tempat parkir ... eh satpam nyapa... tumben bu Gita jam segini berani sendirian di kantor. Aaah kata saya teh pan ada orang di kantor lain lg meeting kayanya da tadi saya denger ada yg ngobrol di lorong. Satpam senyum... terus ngomong apa da dari tadi juga udah ga ada orang. Yg terakhir pulang bosnya Bu gita. Terus Saya liat di parkiran, parkiran sepi, tinggal motor saya doang ama motor satpam. Terus yg tadi ngobrol di lorong saha atuuuuuh?

    BalasHapus
  41. Seingat saya waktu duduk di bangku SD ada 2 kejadian aneh yang saya alami. Saat di kelas 1 SD, suatu malam saya tidak bisa tidur karena mencium wangi bunga mawar dan melati yang wanginya sangat dekat seakan-akan bunga-bunga itu ada di kamar saya, Besok sorenya kami dapat kabar kalau Bude M (kakak sulung ibu) yang tinggal di Jayapura meninggal dunia karena kesetrum listrik. Kejadian lainnya saat saya di kelas 5 SD, suatu hari tiba-tiba sejak pagi saya teringat terus pada Kakek A (kakaknya nenek) yang tinggal di Jakarta. Siang harinya ada kabar kalau beliau meninggal dunia terkena serangan jantung saat sedang memimpin rapat di kantornya.

    Saat di kelas II SMP suatu hari entah kenapa seharian saya gelisah dan hampir tidak bisa berkonsentrasi pada pelajaran karena teringat terus pada Tante A (adiknya ibu) yang tinggal di Kebumen dan sore harinya ada kabar kalau tante saya itu meninggal dunia karena serangan jantung.

    Ketika kuliah S1 saya kos di daerah Kentingan Solo. Suatu malam saat sedang nonton TV di ruang serbaguna kos bersama 3 orang teman kos tiba-tiba saya melihat sepintas ada seseorang yang lewat di seberang ruangan, melintas seperti angin lewat, nampak seperti sosok laki-laki muda usia 20 tahunan, berkulit cerah dan memakai pakaian warna putih model baju Tionghoa jaman dulu yang kayak di film-film Wong Fei Hung itu. Hanya terlihat sekejap saja tapi nampak sangat jelas. Sampai sekarang saya masih tinggal di kamar kos itu. Tidak pernah ada kejadian aneh lagi sih.....tapi hingga kini saya tidak mengerti siapa sebenarnya dia.....manusia dari dimensi lainkah?

    BalasHapus
  42. Tentunya aku punya banyak pengalaman pastinya pengalaman aneh nih yang aku alami menjelang malam sudah waktunya aku tidur dan aku pun tidur terlelap Nah kesesokan harinya pacarku
    menelelepon katanya dia malam nelepon ke aku terus panggilan menunggu kamu menunngu atau menerima panggilan lain mungkin dia ada rasa cemburunya kali Nah aku bilang aku semalam tidur sangat pulas aku tanya dong pacarku kamu nelpon jam berapa katanya jam 11 malam memang aku sudah tidur pulas Kataku aneh banget handphone ku berada di panggilan lain atau menunggu padahal semalam aku tidur sangat pulas banget Terus siapa dong yang nelepon pake hp aku padahal kamar sudah ku kunci aku tidur sendirian Ada apa gerangan ....????

    BalasHapus
  43. Name: Nur Ahmad Rudin
    Url: https://www.instagram.com/rdrudin/?hl=en

    Suatu sore dengan gerimis kecil. Aku di rumah hanya bersama ibuku. Ibuku berpamitan kepadaku untuk memetik daun sirih di rumah tetangga. Sedangkan aku akan melaksanakan sholat ashar. Pada saat rakaat ketiga dan posisi berdiri, aku melihat ibuku masuk ke dalam rumah tanpa salam. Anehnya, ibuku menjadi dua. Jadi aku melihat ibuku masuk ke dalam rumah sebanyak dua kali. Entah yg ibuku asli itu yg mana, apakah yg masuk pertama atau kedua sampai sekarang masih aneh dan menjadi misteri. Adakah yg tahu?

    BalasHapus


  44. Nama : Haura Akbar
    URL : https://instagram.com/haura_akhwat?igshid=jn4andr95h6


    Ketika kuliah S1 saya kos di daerah Kentingan Solo. Suatu malam saat sedang nonton TV di ruang serbaguna kos bersama 3 orang teman kos tiba-tiba saya melihat sepintas ada seseorang yang lewat di seberang ruangan, melintas seperti angin lewat, nampak seperti sosok laki-laki muda usia 20 tahunan, berkulit cerah dan memakai pakaian warna putih model baju Tionghoa jaman dulu yang kayak di film-film Wong Fei Hung itu. Hanya terlihat sekejap saja tapi nampak sangat jelas. Pengalaman lainnya suatu sore ketika saya dan 2 orang teman kos sedang duduk-duduk santai di balkon kos, tiba-tiba saya melihat ada sesosok laki-laki muda yang keluar dari kamar mandi, hanya sepintas seperti angin lewat. Laki-laki itu kayaknya sih laki-laki yang sama seperti yang saya lihat di ruang TV. Anehnya meskipun jelas-jelas melihat hantu kok waktu itu saya tidak merasa takut yah...justru saya merasa kasihan dan mendoakan dia. Dulunya sebelum menjadi komplek UNS memang daerah Kentingan merupakan kuburan Tionghoa. Hantu yang saya lihat itu mungkin salah satu penghuninya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter