Resensi Novel The Confidante Plot - Broadcasting Series #4

Awalnya enggak menaruh harapan apapun sama novel The Confidante Plot ini. Masukin novel ini ke To Be Read Lists itu karena sampulnya yang entah kenapa menarik dan bikin penasaran.

Tapi, enggak ketebak justru aku jadi suka novel ini bahkan dari bab Prolog! Sampai di bab-bab awal penasaran banget. Dan seperti biasa, hasratku buat nebak-nebak buah durian dari awal mulai bergejolak. 

Menjelang bab pertengahan, gejolaknya mulai meletup. Sambil nebak hubungan sama arti dua tokoh yang ada di sampulnya. 

Kalau ditanya, "gimana, tebakannya bener apa ngga?"

Kan kujawab, "baca ulasanku sampai akhir!"

Review novel


Novel Misteri The Confidante Plot Non Horor Non Thriller Just a Mystery

Ini adalah buku keempat dari Broadcasting Series yang kisahnya berlatar di suasana atau lokasi syuting sebuah acara televisi. Buku keempat ini merupakan reality show yang berada di bawah produser ternama di Soma TV.

Ia berusaha membuat sebuah reality show, penuh misteri, intrik dan tentunya suspense dimana ketegangan demi ketegangan tercipta secara natural. Konsep reality show ini dengan menghadirkan 5 karakter yang sudah ditentukan. 

Dari 5 karakter tersebut, 4 karakter belum diungkap apa dan siapa peran mereka. Dan disinilah titik misteri yang harus diungkap. Dimana semua peserta yang total berjumlah 14 orang dari beragam profesi. Menentukan siapa real Male Lead dan Female Lead.

Masing-masing karakter dari 4 pemeran utama DILARANG membocorkan identitas mereka. Sehingga membuat semua tim yang dibagi menjadi empat kelompok, saling mencurigai satu sama lain. Dan tentunya, di acara ini mereka beradu trik dan strategi.

Satu orang yang sudah diungkap perannya yaitu Confidante ini. Dialah sosok penengah tidak boleh ikut campur dalam jalannya permainan. Tapi, punya kendali dalam mendapat informasi yang tidak didapat dari peserta lain. 

Selain mendapat informasi, si penengah ini yang berprofesi sebagai psikolog juga tidak boleh membocorkan rahasia apapun dari tim lain. Jadi benar-benar berada di posisi netral. 

Misteri utama memang terletak di siapa Male Lead dan Female Lead sebenarnya? Tapi, juga terletak di strategi-strategi yang tidak dibocorkan langsung dari para tokoh pada pembaca. Di sini posisi pembaca seperti penonton yang ikut mengikuti jalannya acara. Tapi, pembaca punya kelebihan dengan mengetahui beberapa hal lebih banyak dibanding penonton.

Misteri lain buatku pribadi terletak pada sosok bernama Kalev. Dia ini bagiku seperti pusat gravitasi. Apa saja yang dilakukan membuatku curiga hingga mengenyahkan tokoh lain yang ternyata punya andil dalam mengecoh permainan di program reality show Paradoks Cermin ini.


Reality Show Paradoks Cermin di Soma TV

Soma TV merupakan bagian dari Soma Group yang menyiarkan banyak program terkenal dengan rating yang cukup tinggi. Tentunya, pressure ini membuat semua pekerjanya, terutama produser, harus memberikan konsep dan ide acara yang lebih berbeda dan seru. Sehingga penonton pun bisa puas dengan hasil acaranya.

Yuni, salah satu produser yang menjadi pencetus program Paradoks Cermin. Sudah melakukan interview dan riset mendalam sebelum menentukan 5 peran utama dalam reality show ini.

Sementara teman-teman satu timnya, tidak begitu paham dan tetap mendukung dengan memberikan ide brilian lainnya demi kesuksesan Paradoks Cermin. Tentunya, kerjasama tim dan kemampuan tim menjaga rahasia itu juga penting. Mengingat ada banyak hal terjadi selama tiga bulan syuting.

Sebelum memulai, ada satu hal penting yang harus teman-teman ketahui. TIDAK SEMUA HAL DALAM ACARA PARADOKS CERMIN INI SETTINGAN DAN TIDAK SEMUA YANG TERJADI DI SINI SESUAI NASKAH. Semua murni terjadi secara natural baik pendapat, strategi, pertengkaran, manipulasi dan hal lainnya.

Pertama-tama, Confidante yang diperankan oleh Chaesarya Magani, sudah lebih dulu tiba di villa tempat mereka akan menghabiskan waktu selama 3 bulan. Tanpa akses informasi dari luar. Benar-benar di villa tersebut tanpa boleh memegang handphone. 

Sounds familiar ya? Iya, waktu awal memang sempat kepikiran ini kaya Penghuni Terakhir. Tapi, tunggu dulu, karena setelah baca sampai habis, it's really different. Totally different than I thought before. 

Chaesarya memang bekerja sebagai psikolog dan demi syuting Paradoks Cermin ini, dia harus resign dari tempat kerjanya. Tentunya, penawaran hadiah dari tim Paradoks Cermin ini lebih besar sehingga ia mau merelakan pekerjaan demi reality show ini.

Sebagai seorang psikolog, Chaesarya sudah terbiasa menangani klien. Namun, tentunya di sini dia tak hanya harus membantu teman-teman sesama peserta Paradoks Cermin saja dengan konseling. Tapi, juga dia harus membantu mereka untuk bisa menentukan tujuan dalam permainan. Serta, menjadi penengah dalam segala hal.

Setelah itu peserta lain hadir sehari setelah Chaesarya datang. Mereka diperkenalkan dengan aturan dan banyak hal di villa tersebut. Empat pemeran utama lain yaitu Theo seorang aktor, Julia seorang model, Sella seorang Wedding Organizer ternama dan Kalev seorang chef dan pebisnis terkenal.

Mereka berempat memiliki tim masing-masing yang sudah terpilih sebelumnya. Dan masing-masing peserta memiliki kekuatan ajaib yang bisa membantu mereka dalam mengikuti permainan Paradoks Cermin.

Nantinya, saat menjelang permainan terakhir atau babak final. Mereka harus menebak siapa Female Lead dan Male Lead dan masing-masing peran terpilih harus juga memilih satu sama lain. Sementara dua karakter lain yaitu Villain dan Villainess boleh mengecoh karena mereka punya kesempatan menang lebih besar juga.

Oiya, para pemeran utama ini, empat karakter penting dibolehkan mengungkap identitas hanya pada sesama timnya. Dan tidak boleh identitas tersebut terungkap. Jadi, masing-masing pendukung juga punya peranan untuk bisa meyakinkan bahwa mereka sudah maksimal membela karakter utama alias ketua grup.


Kenapa Novel The Confidante Plot Menarik?

Yang menarik apa saja? Banyak. Dan tentunya kecurigaan awalku pada Kalev gara-gara dia mengatakan pada Yuni, setelah mereka mengadakan pertemuan pertama. Ia berkata "Gue akan ngelakuin apapun untuk menang. So I hope you and your team don't get in my way."

Baiklah, tokoh Kalev ini saat baca sebelum sampai akhir. Kupikir dia adalah manipulator yang dengan mudahnya membuat lawan bicaranya termanipulasi. Kecurigaanku berawal dari kedekatan Kalev dengan Julia. Ia membuat Julia merasa kalau Kalev ini tulus banget mau berteman sama dia.

Di satu sisi, Kalev menggunakan satu kekuatan ajaib yang dirahasiakan dimana hanya tim produksi dan Confidante yang tahu saat kekuatan tersebut diaktifkan. Karena itu, Chaesarya tersenyum saat ia mendapat pesan penting dari tim produksi mengenai pengaktifan super power dari salah satu kelompok.

Kalev juga sosok yang sering sekali menghabiskan waktu dengan Chaesarya. Dia sering berbincang dan anehnya ada satu momen dimana Kalev benar-benar menggunakan taktiknya sehingga Chaesarya tidak bisa menolak ajakan makan bareng dengannya.

Kegigihan Kalev membuat Chaesarya penasaran "what's his truly intention" sampai-sampai terus mendesak Chaesarya yang notabennya bisa melihat jelas strategi Kalev saat permainan sebelumnya.

So far, makna dari gambar di sampul ini benar-benar masuk akal setelah selesai dibaca. Dan dari semua strategi yang dibuat Kalev emang bener-bener smooth banget hingga sampai the last battle mereka enggak menyangka dengan keputusan Kalev.


Kartu Tanda Buku

Judul : The Confidante Plot

Penulis : Aranindy

Halaman : 396

Bahasa : Indonesia

Ilustrasi : Resoluzy

Grafis : Ikmal Aldwinsyah

Format : Digital

Baca di : Gramedia Digital

Diterbitkan oleh Penerbit Clover


Pendapat Pribadi Tentang Novel The Confidante Plot

Seru. 

Menegangkan.

Intriguing.

Meskipun aku baru 'ngeh' kalau novel ini adalah buku keempat dari Broadcasting Series. Tapi, sepertinya aku enggak terlalu roaming karena ceritanya sedikit berbeda walaupun masih sering bersinggungan dengan buku lainnya. Tetap, enggak bikin aku bingung.

Plot yang disajikan juga benar-benar bagus. Enggak bikin bosan dan cara penyajiannya to the point. Sehingga, aku enggak menemukan bagian yang membosankan dari novel ini.

Karakter di dalamnya juga cukup kuat. Bahkan, setiap keputusan, perilaku hingga perkataan pun memiliki suara tersendiri yang sesuai dengan karakternya. 

Nah, ada satu lagi yang membuatku menjadikan novel ini sebagai novel favorit tahun 2023 adalah setiap permainan di Paradoks Cermin reminds me of variety show Running Man.

Aku enggak bilang mirip plek ketiplek. Tapi, ada bagian-bagian yang membuatku mengingat kembali beberapa episode dari Running Man yang akhirnya membuatku kembali menonton tayangan ulangannya dari episode pertama 😂😂.

Iya, secinta itu aku sama Running Man. Sampai mau menghabiskan waktu nonton dari awal pertama mereka tayang di tahun 2010. 

Bagian ketika mereka punya super power, di Running Man ini sering muncul di beberapa kesempatan meski PDnim-nya berbeda. Tapi, yang paling kuingat adalah episode ketika Haha Oppa bisa memutar waktu. Ini lucu dan di novel ini it reminds me of Running Man.

Juga bagian menyusun strategi, jadi teringat saat awal-awal Running Man yang harus menyelesaikan misi tapi mereka harus hati-hati biar name tagnya enggak kelepas. 

Demikian juga dengan karakter yang disembunyikan. Ini juga membuatku teringat ketika mereka harus mencari siapa pelaku yang infonya tersembunyi di nametag. 

Dan masih banyak lagi, adegan-adegan dalam novel The Confidante Plot ini yang membuatku justru seperti menonton tayangannya secara langsung. Dan membuatku teringat Jae Suk Oppa dan keluarga Running Man yang masih kutonton hingga saat ini.

Overall, buat teman-teman yang suka novel bernuansa misteri, bukan mengandung horor. Penuh teka-teki dan bikin penasaran sampai ikut merasakan gejolak emosi. Bisa coba baca Broadcasting Series ya. Karena emang sebagus itu novel ini.

Buat penulisnya, kak Aranindy, thank you so much karena buku ini bikin mood membacaku meningkat drastis. Semangat ya kak, aku akan membaca karya kakak yang lain.


Postingan Terkait