MGJ8NWBaNat6MWtdNWBaNqJ6NCMkyCYhADAsx6J=
Books reader
MASIGNCLEANLITE104

Ulasan E-Novel Loveconomics di Cabaca


Ulasan novel

Kalau baca buku, suka sadar enggak sama profesi yang dijalani tokoh di dalamnya? Masih ingat profesi apa saja yang sering ada? Kalau aku ingatnya dokter, CEO perusahaan entah startup atau perusahaan lain yang biasa. Tapi, kalau profesi sebagai agen asuransi, pernah baca?

Kalau belum pernah baca, bisa nih baca novel Loveconomics karya Mosaicrile yang bisa dibaca di aplikasi cabaca. Aplikasinya bisa diunduh di Playstore atau Appstore. 

Di novel ini, selain profesi agen asuransi yang jarang diangkat. Ada banyak juga istilah ekonomi yang disematkan dan dijelaskan secara singkat. Sehingga, bisa menambah wawasan pembaca mengenai dunia ekonomi.

Untuk profesi tokohnya juga enggak sekadar disebut. Tapi, juga diceritakan dengan cukup disertai fakta yang sesuai dengan dunia nyata yang relatable. 


Sekilas Novel Loveconomics

Nomi punya pekerjaan sebagai akuntan yang cukup stabil. Pacar yang bisa dibilang langgeng, karena mereka berhubungan sejak Nomi masih di jenjang perguruan tinggi. Tinggal di apartemen yang lumayan nyaman.

Gaji Nomi yang sebenarnya bisa dikatakan lebih dari cukup. Karena, gajinya bisa untuk memenuhi kehidupannya, untuk menabung bersama dengan Aksen juga untuk dikirim ke orangtuanya.

Meski begitu, ternyata ada rasa kurang percaya diri dalam dirinya saat berkumpul dengan teman-teman kuliahnya di sebuah club. Alasannya, karena menurut Nomi, perjalanan karirnya hanya disitu-situ saja. Tidak ada perubahan seperti temannya. 

Dari keluhan akan rasa tidak percaya diri tersebut. Membuatnya justru menutupi dengan kebohongan. Yang akhirnya makin menjerumuskan Nomi pada banyak kebohongan lain.

Di tengah situasi terdesak tersebut, ada sosok lelaki yang mendekatinya dan ingin berkenalan dengannya. Namanya Eko, seorang lelaki yang dia tahu dari club dan tak lama beberapa kali bertemu. Bahkan, sempat menolong Nomi saat ia kesulitan.

Hidup memang penuh dengan kejutan. Ada kalanya bisa berbentuk rentetan ketidakbahagiaan yang membuat luka di hati. Seperti yang dialami Nomi, mulai dari surat keputusan pemberhentian bekerja dari perusahaannya. Tak lama berselang harus menyaksikan tunangannya berselingkuh.

Tidak berhenti sampai di situ. Setelah perselingkuhan tersebut, ia harus mengalami lagi menjadi orang yang benar-benar bangkrut akibat kehilangan tabungannya. Bukan hanya Nomi, anggota keluarganya juga mengalami kehilangan uang investasi dalam jumlah besar.

Di sinilah Eko, seorang agen asuransi yang hadir di setiap Nomi butuh teman. Yang setia mendampingi saat Nomi berada di titik terendah dalam hidupnya. Sampai, Eko juga yang menolong Nomi mencegahnya melakukan tindakan yang tidak tepat.


Kartu Tanda Buku Loveconomics

Judul : Loveconomics

Penulis : MosaicRile

Bab : 16

Bahasa : Indonesia

Format : Buku Digital Cabaca

Status : Tamat

Baca di Aplikasi Cabaca


Review Novel Loveconomics

Membaca novel ini membuatku tersenyum pedih. Sebab, bagai jatuh terpeleset tertimpa tangga pula. Tapi, memang demikianlah hidup yang sering menyajikan rentetan ketidakbahagiaan dalam pandangan manusia. 

Meski buatku, saat pertama Nomi melihat perbuatan Aksen padanya. Adalah salah satu contoh cara Tuhan dalam kehidupan nyata, menyelamatkan sosok Nomi. 

Terkadang, manusia ditempa habis-habisan untuk membuatnya kuat, seperti besi yang ditempa untuk membuatnya menjadi pedang yang tajam. Jujur, aku sendiri baru menyadari perumpamaan tersebut setelah memasuki dunia dewasa.

Karenanya, dari keterpurukannya tersebut, justru Nomi melihat peluang dari profesi pekerja lepas sebagai agen asuransi. Ada banyak yang dialami olehnya, seperti agen asuransi lain. Yaitu, berupa penolakan yang membuat orang lain merasa jengah dan tidak nyaman saat mendengar tawaran penjelasan manfaat asuransi, aku salah satunya yang pernah menolak, hehe.

Tapi, benar juga sih, agen asuransi itu profesi yang sering dipandang sebelah mata. Namun, justru menjadi profesi yang cukup membantu bagi banyak perempuan yang sudah tidak bisa bekerja penuh waktu di perusahaan. 

Bahkan, ini profesi yang juga ditekuni seorang bapak-bapak di lingkup hubungan sosial masyarakat terdekat, yang sudah pensiun. Ia mengisinya dengan menjadi perantara bagi siapa saja yang mau menggunakan manfaat asuransi.

Membaca novel ini membuatku senang. Sebab, kak Joana Melisa, nama asli penulisnya. Mengemas ceritanya dengan cukup menyenangkan. Menyimpan rahasia dengan rentetan peristiwa sampai membentuk puncak konflik yang membuat mata terbelalak. Kemudian, cooling down berupa solusi yang didapat oleh tokohnya dengan mulus.

Buat teman-teman yang mencari bacaan ringan. Menghangatkan hati. Membuka wawasan juga tentang profesi lain. Bisa baca novel ini di aplikasi Cabaca. Untuk membacanya secara gratis, ikutan saja jam baca gratis nasional dari Cabaca, yaitu setiap jam 9 sampai 10 malam.






Bacaan Ipeh

Reader who love to read as much as she can. Almost of them are ebooks from legal applications. But, I do love books as well. Because, for me it doesn't matter which formats as long as I could enjoy it. Wheter it is audiobooks, ebooks or the real books.

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis dihapus.
5450633874800632471