-->

CUSTOMER SERVICE DIREKRUT OMSET DILECUT KARYA INDARI MASTUTI

14 komentar
Customer service


Sering dengar profesi customer service. Tapi, belum pernah tau pekerjaannya mencangkup apa saja? Nah, sama kalau begitu. Yang kutahu customer service itu orang yang akan menemui pelanggan atau calon pelanggan pertama kali. 

Selain itu, terkadang mereka juga harus menghadapi keluh kesah pelanggan sampai membantu permasalahan yang dihadapi pelanggan terkait produk dari brand atau perusahaan tempatnya bekerja. 

Sama seperti tulisan di blog kak Elva tentang Proses Membuat Website. Ternyata penting banget keberadaan cs yang fast response. 

Pengertian Customer Service

Sebelum mengetahui apa saja tugas dari CS ini. Baiknya memang kita berkenalan dulu, sebenarnya apa sih Customer Services itu? 

Menurut Kasmir (2003, 216) arti customer service secara umum adalah“ setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah”.

Menurut Philip Kotler (2002,143) “pelayanan atau service adalah setiap kegiatan atau manfaat yang dapat diberikan suatu pihak kepada pihak lainnya yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu dan produksinya dapat atau tidak dapat dikaitkan dengan suatu produk fisik”.


Peran Customer Services

Profesi CS sering disebut sebagai garda terdepan dari sebuah perusahaan. Kenapa? Karena, pekerjaan dari CS ini selalu berhubungan langsung dengan customer. Apa saja peranan customer service? Simak sampai selesai, ya. 

Front-Line

Disebut sebagai garda terdepan. Customer service memang memiliki peranan yang penting yaitu menghubungkan pihak perusahaan dengan pihak eksternal atau pelanggan. 

Tak hanya itu, karena posisinya selalu ditempatkan di bagian depan. Baik itu di kantor atau di sebuah perusahaan. Biasanya mereka pun merangkap sebagai penerima tamu atau pemberi layanan pelanggan. 

Contoh, ketika kita ke Bank. Jejeran meja atau bilik customer service selalu berada di bagian depan. Atau pada layanan pengaduan melalui telepon. Pihak customer service menjadi posisi yang akan memberikan informasi terkait pelanggan secara langsung. 

Karena itulah, setiap lowongan pekerjaan untuk posisi CS ini, biasanya meliputi kemampuan mental perorangan. Maksudnya, kemampuan mental dalam mengelola emosi karena CS akan berhadapan langsung dengan banyak karakter manusia. 

Jika kemampuan mental CS tidak sesuai. Maka tingkat kepuasan hingga hubungan yang seharusnya dijaga sebagai perwakilan perusahaan dengan pelanggan akan rusak. Karena itu, menjadi CS memang harus memiliki kemampuan mengelola emosi dan kemampuan untuk terus berkepala dingin di setiap situasi. 


Customer Relation

Masih berkaitan dengan posisi cs sebagai front line officer. Seorang CS juga harus mampu menjaga hubungan yang baik dengan customer atau konsumen atau nasabah. Bentuknya bisa berupa pelayanan yang ramah dan maksimal. Tak hanya itu, mereka juga harus mampu memberikan informasi yang baik dan mudah dipahami bagi konsumen. 

Karena itu, penting sekali agar cs menguasai product knowledge di perusahaan tempat mereka bekerja. Dengan kemampuan mereka menguasai situasi dan mengubahnya menjadi kondusif tentu akan meninggalkan kesan positif bagi pelanggan. 

Coba deh, diingat kembali. Kalau menggunakan suatu layanan, taruh agen perjalanan atau tempat beli tiket. Kalau saat kita butuh bantuan, pasti akan diarahkan ke cs kan? Nah, kalau csnya ini baik, fast response dan problem solver banget, kira-kira nih, kita sebagai customer akan puas enggak? 


Sales Leads

Walaupun di sebuah perusahaan sudah memiliki posisi khusus sales. Tapi, jangan salah, customer service juga memiliki peranan penting sebagai pemberi solusi terhadap layanan yang terkait dengan produk di perusahaan. 

Hubungannya tentu pada kemampuan memahami produk. Dari kemampuan inilah seorang cs juga bisa mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Atau pelanggan biasa bisa menjadi pelanggan yang loyal. 

Karena itu, ada lagi kriteria cs yang harus dimiliki yaitu mampu mengurai masalah yang dihadapi calon customer atau customer. Kemudian, mengaitkannya dengan produk atau jasa di perusahaan tempatnya bekerja. 


Data Entry

Selain harus mampu berhadapan langsung dengan customer serta menerima keluhan atau mengurai masalah customer. Customer service juga harus mampu mengisi data tentang pelanggan. 

Itulah kenapa, setiap kriteria posisi pekerjaan sebagai cs selalu muncul kriteria harus mampu mengoperasikan komputer serta office. Kenapa? Karena semua data mengenai pelanggan atau calon pelanggan harus disimpan dengan baik sebagai catatan penting untuk perusahaan.

Jadi, enggak hanya sekadar memberi solusi dan menangani keluhan saja. Ternyata cs pun harus bisa menguasai teknologi yang ada. 


Apakah Customer Service Hanya Untuk Perusahaan? 

Di buku CS Direkrut Omset Dilecut ini, teh Indari Mastuti memberikan wawasan yang cukup bagus. Mengenai pentingnya peranan cs untuk pemilik bisnis online. 

Jadi, kalau ada yang berpikir bahwa CS hanya ada untuk perusahaan besar. Setelah membaca buku ini, pasti banyak hal yang didapat. 

Kenapa pebisnis online juga butuh CS? Sebagai pebisnis wanita dan sering menjadi mentor untuk pebisnis perempuan lainnya. Teh Indari menyajikan informasi penting yang memang sesuai dengan kondisi ibu-ibu yang punya bisnis online. 

Faktanya, saat menjalani bisnis online. Seorang Ibu yang bekerja dari rumah, tentu sering berhadapan dengan manajemen waktu. Ketika manajemen waktu enggak berjalan dengan baik, mau tak mau ada hal yang harus dikalahkan. Biasanya bisnis onlinenya yang harus dikesampingkan dahulu ketika ada urusan keluarga yang menuntut perhatian. 

Di sinilah peranan CS dibutuhkan dalam bisnis online. Mau itu bisnis onlinenya menyediakan produk pakaian, makanan atau aksesoris. Peranan CS tetap penting sebagai asisten yang bisa membantu menjalankan bisnis online yang memang harus dirawat setiap hari. 

Nah, penasaran enggak, apa saja yang dibahas di dalam buku ini? 


CS Direkrut Omset Dilecut


Ini adalah guidance book yang berisi informasi mengenai customer service dan manfaatnya bagi pebisnis online. Juga disertai kolom-kolom khusus agar bisa diisi oleh kita sebagai catatan penting sebelum mulai merekrut cs.

Dalam menjalankan bisnis online, seorang pemilik bisnis tentu harus paham bagaimana mengoptimalkan media online yang digunakan untuk jualan. Setiap media memiliki kriteria khusus dan berbeda dalam penanganannya. 

Mengoptimalkan media online untuk berbisnis tentu enggak mudah saat dikerjakan sendiri. Kita harus melakukan update setiap hari. Kemudian, kita harus eksplorasi target market juga. Sampai harus melakukan interaksi dengan calon pelanggan atau dengan pelanggan setia. 

Kalau dilakukan sendiri, tentu akan repot. Bahkan, bisa berakibat waktu kita habis untuk mengurusi bisnis online dan tak ada waktu untuk keluarga. 

Solusi yang ditawarkan adalah dengan merekrut customer service. Kenapa harus merekrut cs? 

-Karena membutuhkan asisten yang bisa setiap saat mengurus pelanggan atau memberikan pelayanan saat pemilik bisnis sedang sibuk

-Menerima keluhan customer dan memberikan solusi

-Menjaga hubungan baik dengan customer setiap hari

-Mengelola customer hingga menjadi pelanggan loyal

-Memberikan informasi terbaru setiap hari


Saat pemilik bisnis online memang membutuhkan sosok yang bisa menjadi asisten dalam menjalankan bisnis onlinenya. Tentunya harus juga paham mengenai tugas dasar apa saja yang harus dikerjakan oleh cs bisnis online. 



Tugas Customer Service Bisnis Online


1.Memberikan informasi terbaru mengenai produk atau jasa

2. Melakukan eksplorasi target market sehingga calon customer bisa menjadi customer dan pelanggan

3. Memberikan informasi alur transaksi sehingga mempermudah customer saat hendak melakukan transaksi

4. Membuat customer betah bertransaksi dengan bisnis online kita. Dan menjaga hubungan yang baik agar pelanggan tidak pindah ke lain hati



Apa Saja Kriteria Customer Service Untuk Bisnis Online? 

-Ramah

-Fast response

-Mampu menggunakan gawai pintar

-Memiliki tempat tinggal yang dekat dengan lokasi bisnis online

-Mampu bekerja sesuai arahan


Di dalam buku ini, disajikan pula beberapa contoh tim customer service di bisnis yang dijalankan oleh teh indari. Karena beliau banyak melakukan aktivitas bisnisnya di facebook. Maka contoh yang diberikan pun banyak berasal dari facebooknya. 

Adanya contoh yang ada justru bisa membantu pembaca memiliki gambaran besar mengenai solusi untuk bisnis onlinenya. 

Pembahasan dalam buku ini pun cukup lengkap. Tak hanya membahas manfaat dan peran customer service. Tapi, juga menyajikan informasi bagaimana cara membuat SOP yang efisien dan efektif. 

Hingga cara apa saja yang bisa dilakukan sebagai pemilik bisnis agar customer service yang bekerja bisa optimal dan maksimal perannya. 

Semua informasi yang disematkan dalam buku ini. Merupakan hasil dari pengalaman teh Indari menjalankan bisnis Indscript. Saat ini, bisnis teh Indari berjalan di bidang kepenulisan, training bisnis online, hingga makanan. Dan semuanya dikhususkan untuk perempuan. 


Kartu Tanda Buku

Judul : CS Direkrut Omset Dilecut

Halaman : 68

Editor : Chika Ananda

Desain cover : Ghina Fikriani

Layout : Dudi Rahman

Diterbitkan oleh Indscript Creative

Beli di akun ig @shambilmerem 



Penutup

Karena buku ini dicetak oleh perusahaan milik teh Indari. Mungkin bagi yang belum terbiasa dengan produk dari Indscript akan bingung. Apakah buku ini legal atau enggak? 

Soalnya, hasil cetakannya ini terbilang masih kurang. Masih tampak seperti hasil fotocopy. Bahkan, kertas yang digunakan pun enggak seperti buku yang biasa kita lihat di toko buku besar. Tulisan di halaman sebelumnya bocor di halaman sebelahnya. Jadi, seperti tumpang tindih. 

Namun, meski kualitasnya masih di bawah standar. Beda dengan kualitas cetakan buku milik Dewa Eka Prayoga. Tapi, guidance book ini isinya benar-benar mudah dicerna. Serta, berisi ilmu yang mudah dipraktekkan. Bisa dibilang, kualitas bukunya tertutupi dengan kualitas isinya. 


Menurut pembaca, customer service itu apa sih? Ada pandangan atau pemikiran tentang profesi yang satu ini kah? 

Related Posts

14 komentar

  1. Bener banget tuh dan terus terang aku tertarik banget dengan buku ini karena semua orang membutuhkan tenaga customer service untuk mengembangkan bisnis

    BalasHapus
  2. Menarik nih bukunya Kak. aku juga pernah baca kalau kita merekrut pegawai akan ada lonjakan penjualan dibanding dengan semua yang kita urus dari hulu ke hilir.

    BalasHapus
  3. Sekarang CS sudah mulai bergeser harus bisa juga menangani keluhan secara on line... tidak harus offline bertatap muka... dan utk yg on line.. penampilan fisik bisa diabaikan tapi tetap membutuhkam kemampuan berbahasa dan bernegosiasi yg baik.. bahkan ke depan bukan tidak mungkin CS on line akan ditangani bots ... sebelum ditangani manusia...

    BalasHapus
  4. Buku-buku bunda Indari mau bagus-bagus yaa. Apalagi tentang kelola bisnis, pasti keren bener isinya. Buku-bukunya biasanya pengalaman beliau membangun bisnisnya. Makanya caranya dapet bangeet. Masyaallah, keren.

    BalasHapus
  5. Betul, customer service itu sangat penting. Biasanya tempatnya dibagian front office. Terdepan dalam melayani customer dan terbaik dalam pelayanan

    BalasHapus
  6. Bener Customer Service garda depan suatu usaha,,..kadang ada usaha dengan produk bagus banget tapi layanan CS nya tidak menyenangkan akhirnya ada stigma negatif deh.. apalagi jmn kompetisi gini klo ga pnya CS yang ramah bisa kabur para pelanggan hehehe

    BalasHapus
  7. jadi ini buku digital apa buku fisik ya mbak ipeh? gambatnya kaya buku digital. setuju banget penting untuk ngebagusin customer service karena sebagai front liner yang berhubungan langsung sama customer.

    BalasHapus
  8. Kalau dari yg mba ipeh ulas memang CS itu harus merangkap sebagai sales juga ya. Dulu aku pernah jd CS mgkin 13 tahun lalu..kalau produk kita bagus dipuji2 namun harus siap jika ada komplain dr pelanggan ya

    BalasHapus
  9. Ini buku yang aku butuhkan kak, sebagai orang yang bergelut di usaha online nih, keren banget

    BalasHapus
  10. Memang CS merupakan pintu pertama yang bertemu dengan pelanggan / pembeli sehingga harus ramah, super cepat tetapi tetap yang dimarahin pertama kali ya CS, baik pelayanannya pertama dilihat dari CS nya ya kak, dahulu di kantorku CS ga pakai target, sekarang bukan CS aja pakai target semua lini juga untuk pemasaran produk ditargetin.

    BalasHapus
  11. Menarik nih bisnis inscript, btw bukunya menarik buat dibaca soalnya ditilus berdasarkan pengalaman yang belum tentu orng lain dapatkan

    BalasHapus
  12. Wah, menarik banget ya mbak, kayaknya gak cuma berguna buat yg berprofesi sebagai CS di perusahaan tp juga buat pemilik toko online yg semuanya masih dilakukan sendiri

    BalasHapus
  13. Menarik nih bukunya Kak. aku belum pernah baca buku yang membahas tentang merekrut pegawai. :D

    BalasHapus
  14. Buku ini keren. Buku yang dibutuhkan oleh para online seller agar penjualannya makin best.

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter