Skip to main content

Rekomendasi Novel Dengan Tema Mental Health

Mental health


Beberapa tahun belakangan ini, kehadiran novel-novel dari luar negeri maupun dalam negeri. Banyak yang mengangkat tema Mental Health atau Kesehatan Mental

Melalui cerita yang ada kaitannya dengan segala hal dalam kehidupan nyata. Bisa menjadi media dramaturgi yang membantu pembaca mengeksplorasi sisi manusia. 

Ada penulis yang mampu menyampaikan pesan baik tersirat maupun tidak. Tak sedikit pula yang akhirnya gagal, hanya sekadar menjadikan tema Mental Health sebagai aksesoris belaka. 

Beberapa novel rekomendasi di bawah ini. Mengangkat tema yang berkaitan dengan kesehatan mental. Silakan disimak hingga selesai. 


Norwegian Wood Karya Haruki Murakami



Bagi penggiat literasi, nama Murakami bukan nama yang asing. Karya-karyanya yang banyak diminati, bahkan sudah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. 

Seperti novel Norwegian Wood ini. Bahkan sudah diangkat ke layar lebar. Novel yang memiliki sisi kelam dan gelap. Namun, justru banyak digandrungi karena banyak membantu pembaca belajar mengenal dan memahami sisi gelap dari kehidupan. 

Berkisah tentang seorang lelaki bernama Watanabe. Ia menyeritakan tentang kehidupannya saat remaja. Ketika ia jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Naoko. 

Cerita bergulir semakin dalam. Membawa kisah cinta Watanabe semakin suram sejak perpisahannya dengan Naoko. Kondisi Naoko semakin memprihatinkan hingga ia akhirnya harus menghabiskan waktunya di bangsal rumah sakit pemulihan jiwa. 

Kunjungannya ke rumah sakit tersebut, tidak bisa sesering mungkin. Karena, mereka yang ada di sana memiliki jadwal khusus yang harus dijalani. 

Setiap kunjungannya, Watanabe bertukar informasi. Hingga suatu ketika, Naoko bercerita tentang kehidupannya. Keluarganya. 

Ia menyeritakan mengenai kakaknya yang cerdas, periang dan jago dalam segala hal. Kehidupan Naoko sejak kecil, selalu merasakan dominasi sang kakak. Tapi, Naoko justru merasa senang dan semakin menggemari sang kakak. 

Suatu hari, Naoko hendak memanggil sang kakak untuk makan malam. Ia tak menyangka bahwa keanehan yang tampak dari luar kamar kakaknya. Merupakan tanda agar ia tak penasaran dan masuk. 

Sayangnya, Naoko tidak mengacuhkan kondisi kamar yang gelap. Padahal biasanya kamar sang Kakak hanya gelap saat waktu tidur tiba. 

Ketika Naoko masuk ke dalam. Kemudian menemukan kondisi sang kakak yang sangat mengenaskan. Kakaknya mati bunuh diri dan Naoko yang menjadi saksi mata pertama. Penyebabnya adalah depresi. 

Sejak saat itu, Naoko memendam traumanya sendiri. Ia berusaha menjalani kehidupan yang tiba-tiba menjadi semakin berat dari hari ke hari. Beban dari trauma masa lalunya, membuat Naoko akhirnya menyerah pada keadaan. 


Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie


Berbeda dengan Murakami. Sosok Ziggy yang juga banyak dikenal karena tulisannya yang muram namun juga lekat dengan kondisi di sekitar kita. Membawanya menerima banyak penghargaan. 

Namun, berbeda pula dengan kisah cinta Watanabe. Kisah Ava yang juga miskin akan cinta, cukup menyayat hati. Membaca kisah kehidupan Ava dan Ibunya, hingga ia bertemu dengan Peper. Seorang bocah lelaki yang bekerja sebagai pengamen. 

Ava dan orangtuanya harus rela pindah ke rusun Nero dari kampung tempat mereka tinggal. Di rusun Nero, tempat yang pengap, kumuh dan menakutkan inilah, kehidupan Ava berubah menyedihkan. 

Usia Ava masih sangat kecil. Ia belum banyak memahami kata-kata. Ia belum paham tentang kehidupan orang dewasa. Yang ia tahu bahwa dirinya sangat nyaman dan merasa aman berada di dekat Ibunya. Serta, memiliki keinginan untuk kembali ke kampung halamannya.

Tragedi kehidupannya sudah dimulai sejak kecil. Ayahnya merupakan seorang pemarah. Namun, ketika mereka masih tinggal di kampung bersama sang kakek. Ayahnya tak pernah berani menyakiti Ava dan Ibunya. 

Sayangnya, sang Kakek akhirnya pergi untuk selamanya. Membuat Ava serta Ibunya pada kehidupan yang lebih menakutkan. 

Ava mulai sering melihat sang Ayah mencaci maki bahkan melakukan kekerasan pada Ibunya. Bahkan, ketika mereka tiba di rusun Nero, Ava sampai diusir agar tidur di kamar mandi, beralaskan koper berisi baju-bajunya. 

Selama mereka tinggal di rusun Nero, Ava sering diabaikan oleh Ayah dan Ibunya. Sebab, sang Ayah akan memaksa Ibunya, ikut ke tempat judi. Sementara Ava ditinggal di rumah tanpa makanan. 

Ava merupakan kepanjangan dari Saliva. Ayahnya memberi nama demikian, karena bagi sang Ayah, Ava adalah anak yang menjijikan. Entah apa alasannya sampai ia sangat membenci darah dagingnya sendiri. 

Cacian demi makian harus diterima oleh Ava. Rasa takutnya dari hari ke hari semakin besar. Tekadnya untuk pulang ke kampung halamannya, mengeras. Ia bersama Peper memutuskan untuk kabur. Demi mendapatkan tempat yang aman untuk mereka bermain dan berlindung. 


The Bell Jar Karya Sylvia Plath



Karya klasik ini cukup fenomenal. Mengisahkan tentang kehidupan Esther yang tinggal di New York sebagai pelajar yang menerima beasiswa. Ia menyeritakan kehidupannya yang glamor.

Suatu ketika, Esther dekat dengan seorang pria. Lelaki ini membuat hidup Esther berwarna. Namun, tak lama sesudahnya Esther merasa tak nyaman dengan lelaki itu karena meminta hubungan mereka lebih intim. Bagi Esther sang lelaki ini hanya sosok yang mencari kenikmatan semata. Mereka pun akhirnya berpisah.

Suatu hari, Esther berhenti mencuci rambutnya. Ia berhenti membersihkan tubuhnya. Ia berhenti melakukan banyak hal hingga kemudian Esther tinggal di bangsal rumah sakit jiwa.

Karya sastra ini merekam pola penanganan pasien sakit jiwa pada masa itu, sekitar tahun 60-an. Di mana terapi yang diberikan berupa terapi kejut listrik pada pasien. 

Penulis novel ini, Sylvia Plath tak bisa mencecap kenikmatan popularitas dari karyanya yang fenomenal. Ia ditemukan meninggal karena bunuh diri beberapa minggu setelah karyanya diterbitkan. 


Trauma Masa Lalu Adalah Silent Killer


Sama seperti penyakit lain yang menggerogoti organ tubuh manusia. Seperti diabetes, sakit jantung, darah tinggi, kecanduan merokok serta obat terlarang dan penyakit lain yang disebut sebagai faktor silent killer

Maksud dari silent killer di sini adalah sesuatu yang memicu kematian pada seseorang. Namun, tidak disertai gejala yang kasat mata. 

Seperti trauma yang seringnya justru tidak disadari keberadaannya. Sang pemilik trauma akan terus melanjutkan hidup, meski sesekali trauma itu membuatnya sesak napas, kesulitan tidur, sulit untuk fokus sampai mengalami hal-hal yang membuatnya tak bisa beraktivitas seperti biasa. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, trau·ma n 1 keadaan jiwa atau tingkah laku yang tidak normal sebagai akibat dari tekanan jiwa atau cedera jasmani; 2 luka berat. 

Dari contoh tiga novel di atas. Trauma bisa terjadi karena banyak hal. Bisa karena menyaksikan kejadian yang menyedihkan dan menakutkan seperti yang Naoko alami. 

Menyaksikan seseorang mengembuskan napas terakhir dengan cara yang tidak lazim. Apalagi orang tersebut adalah orang yang spesial dalam kehidupan. Tentu akan menyisakan tekanan yang akan terus mengganggu jika tidak ditangani dengan cepat. 

Begitu pula dengan luka fisik akibat pukulan dari sang Ayah yang dialami Ava. Kekerasan fisik pun mampu meninggalkan luka yang begitu dalam hingga membuat sang korban trauma. 

Sama halnya seperti Esther yang mulai merasa dirinya kotor. Tak lagi melihat sesuatu yang baik dalam dirinya hingga kelelahan yang luar biasa. Membuat traumanya menggerogotinya sedikit demi sedikit. 

Dan trauma ini terbukti bisa membuat seseorang pada akhirnya memilih untuk menyerah. 


Dibutuhkan Kesadaran Yang Tinggi Dan Pertolongan Yang Tepat


Dalam bukunya berjudul Man's Search For Meaning, Viktor E. Frankl yang dikenal sebagai bapak penemu Logoterapi. Ia mengatakan bahwa seseorang yang menyerah pada kehidupan adalah mereka yang kehilangan Meaning atau makna dalam hidup mereka. 

Ia menjelaskan mengenai konsep Logoterapi ini melalui kisah kehidupannya selama berada di camp khusus Yahudi. Genosida besar yang dilakukan oleh Hitler pada masa itu. Dan Viktor adalah salah satu dari orang Yahudi yang tinggal di camp tersebut. 

Menjalani kehidupan yang cukup keras. Tak pernah bisa bertemu dengan keluarga apalagi rekannya. Tak mendapat makanan yang cukup. Hingga aniaya yang diterima oleh semua orang di camp tersebut. Membuat Viktor menyeritakan bahwa ia seperti berada di jurang antara hidup dan mati. 

Viktor bisa saja menyerah pada saat itu. Tapi, manuskrip buku yang ia tulis dan simpan selama masa di camp. Membuat Viktor terus berjuang untuk tetap hidup. 

Inilah yang ditegaskan oleh Viktor. Sebuah Makna Hidup yang nyatanya mampu melecut semangat seseorang untuk tetap bertahan meski ia merasa tak memiliki pegangan apapun untuk berdiri dan melanjutkan hidup. 

Stress dan Depresi, menjadi hal lazim dialami oleh semua orang di camp. Tak sedikit yang menyerah pada kehidupan. Namun, Viktor paham, bahwa ia harus terus menemukan dan mempertahankan Makna tersebut untuk terus bertahan hidup. 

Viktor memang tampak beruntung. Karena, ia masih bisa bertahan tanpa bantuan. Sementara, banyak di kehidupan saat ini, orang-orang yang butuh bantuan untuk tetap bertahan dan melanjutkan kehidupan. 



Menemukan Orang Yang Tepat Untuk Menolong



Di masa seperti saat ini. Menemukan seseorang yang bisa membantu mendengarkan keluh kesah hingga membantu agar bisa mendapatkan kembali makna hidup. Bukan hal sederhana dan tidak mudah. 

Kesulitan ini sering membuat banyak orang yang tengah berada di ambang kelelahannya, akhirnya menyerah. Karena, tak mampu menemukan pertolongan yang tepat. 

Untuk mendapatkan pertolongan. Ada satu hal yang harus diyakini oleh seseorang. Pertolongan mengenai masalah kehidupan, bukan dalam bentuk label jauh dari agama atau tak punya iman sehingga dibutuhkan tenaga ahli yang bisa menangani hal ini. 

Tidak ada yang salah jika melakukan konsultasi pada Psikolog maupun Psikiater. 

Mereka adalah orang-orang profesional yang tidak akan membuat masalah menjadi lebih rumit. Mereka akan bantu mengurai benang yang kusut masai. 

Asalkan, mau terbuka dan mau memulainya. Tak perlu malu apalagi takut. Karena, saat ini bisa melakukan konsultasi meski tidak bisa langsung bertemu. 


Konsultasi Dengan Psikolog Dan Psikiater Melalui Aplikasi Halodoc



Di Aplikasi Halodoc, ada fitur bernama Chat with a doctor. Yang memungkinkan untuk konsultasi secara online.


Mental health


Bisa dengan mencari nama dokter yang dikenal. Atau ketik saja spesialis Psikiater atau Psikolog pada kolom pencarian. 

Mental health


Setelah muncul hasilnya, tinggal klik nama dokter yang sesuai dengan kata hati. 

Tenang saja, konsultasi secara online, justru bisa membantu dan lebih mudah. Cukup ketik apa saja kendala yang dihadapi.


Mental health


Ketika dada terasa sesak tanpa tau alasannya. Saat kekhawatiran karena kehilangan pekerjaan terasa menyakitkan. 

Atau kondisi berat dan melelahkan akibat ditinggal meninggal, orang yang disayangi akibat pandemi ini. Semua mungkin dan semua bisa dibicarakan dengan baik. 

Ketika tak ada kata atau kalimat yang bisa mewakili. Mulailah dengan menuliskan "tolong saya. Saya tak sanggup lagi." 

Tak perlu ragu apalagi malu. Karena, manusia adalah makhluk sosial. Karena, Psikiater dan Psikolog adalah sama seperti spesialis penyakit jantung. Tidak perlu takut akan aib karena konsultasi mengenai jiwa dan batin yang tengah merana. 


Penutup



Masyarakat kita memang masih menganggap tabu tentang kesehatan mental. Tak mengapa, jika kita sedikit terganggu pada akhirnya. 

Asalkan, dalam senyap dan kesendirian. Kita mau mengunduh dan menggunakan fitur konsultasi online di Halodoc. Tanpa perlu membagikannya ke orang lain. Sebagai bentuk usaha untuk bisa mendapatkan kembali Makna Hidup. Dan mampu melanjutkan kehidupan. 

Tidak ada yang salah ketika dalam senyap, kita ungkapkan semua hal yang menyesakkan pada orang yang belum kita kenal. Justru, ini bisa mempermudah kita. Karena, kita bisa mengungkapkan apa saja yang tengah melanda diri kita. Keriuhan seperti apa yang tengah bergerumul dalam kepala. 


Teruntukmu yang tengah mencari kembali Makna Hidup. Cepatlah, temukan orang yang tepat dan ahli dalam menangani kegelisahanmu. 

Dunia masih membutuhkanmu, percayalah. Karena, kekosongan akibat kepergianmu akan membuat kehidupan tak lagi seimbang. 

Bertahanlah. Kumohon… 



Comments

Tulisannya asyik, mengkombinasikan antara unsur novel dan kesehatan. Bukan satu hal yang mudah tapi Kakak bisa melakukannya. Salam kenal ya...
Ichsan said…
Memang pada dasarnya kita semau pasti punya permasalahan, yang menjadikan tambah sulit kalau kita gak punya orang yang paham dan bisa memberikan saran cara mengelola permasalah kita.
haloreka said…
Aku termasuk yg suka sama novel novelnya haruki tapi belom sempet baca norwegian wood, tapi kalau diliat dari ulasan kakak ini sepertinya lebih kelam dari yg aku kira. Jadi minat mau baca, tulisan murakami memang terkenal dengan kesuraman tokoh utama. Terima kasih reviewnya kak menarik sekali!
arif Punakawan said…
Menjaga kesehatan mental sama saja menjaga kesehatan fisik. Begitupun sebaliknya, ketika mental tidak stabil atau sedang ada gejolak, tak akan lama fisik akan jatuh sakit. So, mari berfikir positif, tenang dalam menghadapi sagala hal, jangan mudah panik, sering bersyukur serta perbanyak doa dan berserah diri.
Radit Mananta said…
ibaratnya itu menjaga kesehatan mental lewat jalur lain,, hehehe, tulisannya bagus menambah wawasan saya..

Popular posts from this blog

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

The Ghost Bride (Pengantin Arwah)

The Ghost Bride - "Pada suatu malam, ayahku bertanya apakah aku mau menjadi pengantin arwah..."

Li Lan, putri tunggal sebuah keluarga yang bangkrut, mendapat lamaran dari keluarga Lim yang kaya raya dan berkuasa. Namun, calon suaminya adalah lelaki yang telah meninggal secara misterius, dan pernikahan ini dilakukan untuk menenangkan arwah penasarannya. Mengerikan memang, tapi tidak ada jalan lain untuk menjamin masa depan Li Lan.

Setelah kunjungannya ke mansion keluarga Lim, Li Lan mulai dihantui oleh calon suaminya dan dia tidak bisa lagi tidur tenang. Sedikit demi sedikit, Li Lan tertarik ke dunia arwah yang tidak hanya dihuni oleh para hantu lapar dan arwah pendendam, tapi juga para iblis penjaga berwujud banteng. Li Lan harus mengungkap rahasia kelam tentang keluarga Lim dan keluarganya sendiri, jika dia tidak mau terjebak di dunia arwah selamanya.



Detil Buku
Judul : The Ghost Bride (Pengantin Arwah) || Penulis : Yangsze Choo || Bahasa : Indonesia || Terbitan : Oktober 2014