Skip to main content

Mindset : Tentang Cara Berpikir Dan Hubungannya Dengan Cinta Serta Profesi

Mindset : Tentang Cara Berpikir Dan Hubungannya Dengan Cinta Serta Profesi



Siapa yang setuju kalau sebenarnya cara kita berpikir dalam hidup ini bisa memengaruhi keputusan-keputusan serta masa depan kita? Mindset atau pola pikir manusia itu sebenarnya dapat dikendalikan walaupun tengah menghadapi masa sulit sekalipun. Dalam buku ini, Carol ingin menjelaskan secara lebih rinci melalui studi kasus yang sudah beliau teliti dari banyak para profesional di bidangnya. Dari mulai olahraga, bisnis sampai cinta pun dibahas dalam buku ini.



Kartu Tanda Buku

Judul : Mindset || Penulis : Carol S. Dweck, Ph. D. || Halaman : 387 || Cetakan I, Maret 2017 || Diterbitkan oleh Penerbit Baca || Versi : Buku Fisik || Bahasa : Indonesia || ISBN : 9786026486066



Kenali Bagaimana Pola Pikir Manusia Bekerja


Dalam hidup ini, kita tentu mengenal yang namanya proses. Dimana semua itu berlaku pada setiap hal dalam kehidupan. Dari proses manusia dari janin sampai lahir ke dunia, proses bagaimana sebelum janin itu terbentuk pun ada, sampai proses peredaran darah dan bagaimana oksigen dalam tubuh manusia diterima dan distribusikan. Semua hal selalu ada prosesnya, demikian pula bagaimana pola pikir manusia bekerja, juga memiliki proses.

Pada bab pertama, Carol menjelaskan tentang jenis Mindset yaitu Mindset Tetap dan Tumbuh. Dimana dengan pemahaman seperti ini, Carol ingin menyamakan persepsi agar pembaca bisa mengetahui, konsep seperti apa yang ditawarkan olehnya dalam pembahasan ini. Tidak begitu banyak, cukup dua jenis saja yang dibahas, namun kondisi dari berbagai kasus yang dijabarkan dalam buku ini cukup jelas. Sesuai dengan situasi dan kondisi bagaimana sebenarnya penerapan konsep Mindset tumbuh dan tetap itu.

Memasuki bab dua, di sini Carol menjabarkan sebenarnya bagaimana pola pikir kita itu bekerja. Dengan menggunakan metode studi kasus untuk menjelaskan penerapan mengenai pola pikir ini. Apa-apa saja perilaku orang-orang yang semula merupakan sosok yang sukses dan kemudian gagal pada akhirnya. Apa penyebab orang yang pada mulanya mendapat banyak sindiran dan cemooh, kemudian bisa mendobrak keterbatasannya dan menjadi seorang yang cemerlang di bidangnya. Penjelasannya cukup sederhana dan mudah dipahami.

Bab-bab selanjutnya menyeritakan di berbagai bidang, mindset ini ternyata memiliki pengaruh yang besar. Dan buku ini memang ditujukan bagi mereka yang tengah ragu untuk berkembang di bidang yang mereka sukai. Takut untuk melangkah karena sudah dipenuhi ketakutan-ketakutan akan hal yang belum terjadi. Juga ditujukan bagi mereka yang sedang berada di level pencapaian, bagaimana menjaga agar kesuksesan tersebut tidak berakhir menjadi kegagalan.

Tidak hanya dalam hal profesi atau potensi dalam pekerjaan dan cita-cita. Mindset ini juga membahas masalah cinta dan bagaimana sebenarnya bentuk cinta yang dipengaruhi pola pikir. Tentunya kita sering mendengar juga, ada orang yang terlalu cinta mati sama seseorang, susah move on dan semua itu berhubungan erat dengan pola pikir seseorang. Pada bab ini, Anda akan disajikan beragam fakta dan seperti apa sih sebenarnya pola pikir setiap orang yang tengah jatuh cinta atau tengah susah move on.



***


Membaca buku ini, mengingatkan kembali pada buku Man's Search For Meaning. Dimana Viktor menjelaskan bahwasannya dalam hidup ini makna hidup, dimana impian juga termasuk di dalamnya, merupakan hal yang paling mendasar yang menjadi alasan seorang manusia tetap bertahan hidup meski kehidupan yang dijalani olehnya sangatlah menyakitkan dan menyedihkan. Viktor sendiri menjelaskannya melalui kisah pengalamannya berada di Camp konsentrasi pada masa Hitler. Beliau adalah seorang Yahudi, yang selama berada di Camp tampak seolah dirinya tak memiliki masa depan.

Pasang surut dalam kehidupan itu terjadi pada setiap orang. Bukan hanya si A atau si B saja yang mengalami, tapi semua orang yang masih hidup atau pernah hidup di dunia ini. Pasang surut inilah yang sering menjadikan manusia labil dalam menjalani kehidupan. Tapi, bagi Viktor yang merupakan penemu Logostherapy. Kebahagiaan dan kekecewaan dalam hidup hanya sekadar imbas, karena yang paling berpengaruh adalah bagaimana mereka menjalani dan apa makna dalam hidup mereka.

Bagi saya ini juga sejalan dengan pola pikir yang kita miliki. Ketika kita ingin menjejakkan kaki pada satu anak tangga dalam karir atau impian, tentunya alasan mendasar dalam kehidupan pun harus dimiliki, itulah mengapa Carol menuliskannya pada halaman 123, "Ketangguhan mental dan hati jauh lebih kuat daripada keunggulan-keunggulan fisik yang mungkin Anda miliki." Untuk itulah, konsep Logostherapy ini juga bagi saya berkaitan erat dengan penjabaran Carol.

Masih ada beberapa hal menarik lainnya yang bisa ditemui dalam buku ini. Tentunya, jika Anda tengah mencari buku yang tidak sekadar memberikan motivasi-motivasi tanpa alasan dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan, buku ini tentunya jangan sampai dilewatkan. [Ipeh Alena]


Comments

Popular posts from this blog

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

The Ghost Bride (Pengantin Arwah)

The Ghost Bride - "Pada suatu malam, ayahku bertanya apakah aku mau menjadi pengantin arwah..."

Li Lan, putri tunggal sebuah keluarga yang bangkrut, mendapat lamaran dari keluarga Lim yang kaya raya dan berkuasa. Namun, calon suaminya adalah lelaki yang telah meninggal secara misterius, dan pernikahan ini dilakukan untuk menenangkan arwah penasarannya. Mengerikan memang, tapi tidak ada jalan lain untuk menjamin masa depan Li Lan.

Setelah kunjungannya ke mansion keluarga Lim, Li Lan mulai dihantui oleh calon suaminya dan dia tidak bisa lagi tidur tenang. Sedikit demi sedikit, Li Lan tertarik ke dunia arwah yang tidak hanya dihuni oleh para hantu lapar dan arwah pendendam, tapi juga para iblis penjaga berwujud banteng. Li Lan harus mengungkap rahasia kelam tentang keluarga Lim dan keluarganya sendiri, jika dia tidak mau terjebak di dunia arwah selamanya.



Detil Buku
Judul : The Ghost Bride (Pengantin Arwah) || Penulis : Yangsze Choo || Bahasa : Indonesia || Terbitan : Oktober 2014