Mindset : Tentang Cara Berpikir Dan Hubungannya Dengan Cinta Serta Profesi

Mindset : Tentang Cara Berpikir Dan Hubungannya Dengan Cinta Serta Profesi



Siapa yang setuju kalau sebenarnya cara kita berpikir dalam hidup ini bisa memengaruhi keputusan-keputusan serta masa depan kita? Mindset atau pola pikir manusia itu sebenarnya dapat dikendalikan walaupun tengah menghadapi masa sulit sekalipun. Dalam buku ini, Carol ingin menjelaskan secara lebih rinci melalui studi kasus yang sudah beliau teliti dari banyak para profesional di bidangnya. Dari mulai olahraga, bisnis sampai cinta pun dibahas dalam buku ini.



Kartu Tanda Buku

Judul : Mindset || Penulis : Carol S. Dweck, Ph. D. || Halaman : 387 || Cetakan I, Maret 2017 || Diterbitkan oleh Penerbit Baca || Versi : Buku Fisik || Bahasa : Indonesia || ISBN : 9786026486066



Kenali Bagaimana Pola Pikir Manusia Bekerja


Dalam hidup ini, kita tentu mengenal yang namanya proses. Dimana semua itu berlaku pada setiap hal dalam kehidupan. Dari proses manusia dari janin sampai lahir ke dunia, proses bagaimana sebelum janin itu terbentuk pun ada, sampai proses peredaran darah dan bagaimana oksigen dalam tubuh manusia diterima dan distribusikan. Semua hal selalu ada prosesnya, demikian pula bagaimana pola pikir manusia bekerja, juga memiliki proses.

Pada bab pertama, Carol menjelaskan tentang jenis Mindset yaitu Mindset Tetap dan Tumbuh. Dimana dengan pemahaman seperti ini, Carol ingin menyamakan persepsi agar pembaca bisa mengetahui, konsep seperti apa yang ditawarkan olehnya dalam pembahasan ini. Tidak begitu banyak, cukup dua jenis saja yang dibahas, namun kondisi dari berbagai kasus yang dijabarkan dalam buku ini cukup jelas. Sesuai dengan situasi dan kondisi bagaimana sebenarnya penerapan konsep Mindset tumbuh dan tetap itu.

Memasuki bab dua, di sini Carol menjabarkan sebenarnya bagaimana pola pikir kita itu bekerja. Dengan menggunakan metode studi kasus untuk menjelaskan penerapan mengenai pola pikir ini. Apa-apa saja perilaku orang-orang yang semula merupakan sosok yang sukses dan kemudian gagal pada akhirnya. Apa penyebab orang yang pada mulanya mendapat banyak sindiran dan cemooh, kemudian bisa mendobrak keterbatasannya dan menjadi seorang yang cemerlang di bidangnya. Penjelasannya cukup sederhana dan mudah dipahami.

Bab-bab selanjutnya menyeritakan di berbagai bidang, mindset ini ternyata memiliki pengaruh yang besar. Dan buku ini memang ditujukan bagi mereka yang tengah ragu untuk berkembang di bidang yang mereka sukai. Takut untuk melangkah karena sudah dipenuhi ketakutan-ketakutan akan hal yang belum terjadi. Juga ditujukan bagi mereka yang sedang berada di level pencapaian, bagaimana menjaga agar kesuksesan tersebut tidak berakhir menjadi kegagalan.

Tidak hanya dalam hal profesi atau potensi dalam pekerjaan dan cita-cita. Mindset ini juga membahas masalah cinta dan bagaimana sebenarnya bentuk cinta yang dipengaruhi pola pikir. Tentunya kita sering mendengar juga, ada orang yang terlalu cinta mati sama seseorang, susah move on dan semua itu berhubungan erat dengan pola pikir seseorang. Pada bab ini, Anda akan disajikan beragam fakta dan seperti apa sih sebenarnya pola pikir setiap orang yang tengah jatuh cinta atau tengah susah move on.



***


Membaca buku ini, mengingatkan kembali pada buku Man's Search For Meaning. Dimana Viktor menjelaskan bahwasannya dalam hidup ini makna hidup, dimana impian juga termasuk di dalamnya, merupakan hal yang paling mendasar yang menjadi alasan seorang manusia tetap bertahan hidup meski kehidupan yang dijalani olehnya sangatlah menyakitkan dan menyedihkan. Viktor sendiri menjelaskannya melalui kisah pengalamannya berada di Camp konsentrasi pada masa Hitler. Beliau adalah seorang Yahudi, yang selama berada di Camp tampak seolah dirinya tak memiliki masa depan.

Pasang surut dalam kehidupan itu terjadi pada setiap orang. Bukan hanya si A atau si B saja yang mengalami, tapi semua orang yang masih hidup atau pernah hidup di dunia ini. Pasang surut inilah yang sering menjadikan manusia labil dalam menjalani kehidupan. Tapi, bagi Viktor yang merupakan penemu Logostherapy. Kebahagiaan dan kekecewaan dalam hidup hanya sekadar imbas, karena yang paling berpengaruh adalah bagaimana mereka menjalani dan apa makna dalam hidup mereka.

Bagi saya ini juga sejalan dengan pola pikir yang kita miliki. Ketika kita ingin menjejakkan kaki pada satu anak tangga dalam karir atau impian, tentunya alasan mendasar dalam kehidupan pun harus dimiliki, itulah mengapa Carol menuliskannya pada halaman 123, "Ketangguhan mental dan hati jauh lebih kuat daripada keunggulan-keunggulan fisik yang mungkin Anda miliki." Untuk itulah, konsep Logostherapy ini juga bagi saya berkaitan erat dengan penjabaran Carol.

Masih ada beberapa hal menarik lainnya yang bisa ditemui dalam buku ini. Tentunya, jika Anda tengah mencari buku yang tidak sekadar memberikan motivasi-motivasi tanpa alasan dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan, buku ini tentunya jangan sampai dilewatkan. [Ipeh Alena]


Post a Comment

0 Comments