Skip to main content

The adventure of Huckleberry Finn

The adventure of Huckleberry Finn - The adventure of Huckleberry Finn - Bacaanipeh
Source : google image
Judul : The adventure of Huckleberry Finn
Penulis : Mark Twain
Detil : 397 halaman
Bahasa : Inggris


** "You dont know about me without you have read a book by the name of The Adventure of Tom Sawyer, but that aint no matter. That book was made by Mr. Mark Twain, and he told the truth...~page 5**

Sebuah pembuka novel yang keren, membuat segala petualangan di buku sebelumnya menjadi sangat nyata dan tidak sabar untuk menikmati petualangan berikutnya yang membuat penasaran. Tentang kisah dari sudut pandang Huck serta petualangannya.


Huck dan Tom beserta Jim adalah tiga sahabat yang dalam novel sebelumnya (Adventure of Tom Sawyer) memergoki perampok jahat dan menemukan harta karun yang mereka simpan di tempat rahasia.


Sementara Huck yang merupakan anak piatu malang, dimana sebelumnya banyak dijadikan bahan pembicaraan orang-orang, akhirnya diangkat menjadi anak asuh oleh Ny. Douglas, janda kaya yang tidak memiliki anak. Kehidupan Huck berubah, dari semula tidak ada yang mengatur. Hingga akhirnya hidup di rumah Ny. Douglas dengan kehidupan yang teratur. Ada jam saat makan, jam saat tidur dan Huck juga dimasukkan ke sekolah.


Ayahnya Huck seorang pemabuk yang meninggalkannya. Kemudian mendengar tentang kehidupan Huck yang sudah menjadi anak yang kaya. Dia hanya mengincar harta Huck. Kemudian saat tidak ada orang yang mengetahui, Ayahnya menculik Huck ke sebuah pulau terpencil. Agar Huck mati sehingga kekayaannya menjadi miliknya.


Hanya Ny. Douglas yang benar-benar menyayanginya seperti anaknya sendiri. Sementara Ayahnya tidak memikirkan Huck, yang sambil minum hingga mabuk membuat peluang kecil untuk Huck agar bisa kabur.


Di desa, Ny. Douglas menangis kehilangan Huck. Sementara itu Tom mencari tahu tentang keberadaan Huck dan mendengar berita kedatangan Ayahnya Huck setelah beberapa lama pergi meninggalkan Huck.


Dan, Jim, yang merupakan seorang budak negro, sahabat Huck dan Tom, kabur. Dia hanya menginginkan tempat dimana dia bisa merdeka. Dan bersembunyi di suatu tempat. Di sanalah Jim bertemu Huck yang diberitakan sudah meninggal.



Awalnya mereka pindah dari satu pulau ke pulau lain, dari kota ke kota lain. Beberapa kali mereka sembunyi dari intaian para penjual budak. Sementara ketakutan Jim membuatnya harus terus bersembunyi. Pada suatu hari mereka bertemu dengan dua orang yang mengaku sebagai artis sandiwara dan menawarkan mereka kekayaan.


Jim terlihat antusias karena dia memang membutuhkan uang untuk menebus kemerdekaannya. Dan ikutlah Huck serta Jim dalam pementasan drama Rome dan Juliet. Huck menjadi sang Juliet. Sebenarnya dibalik itu, kedua orang penipu ini hendak meninggalkan Huck dan Jim serta membawa kabur uang sumbangan dari penonton. Namun, ditengah-tengah penampilan mereka, sepupu Ny. Douglas mengenal Huck dan menyebarkan berita hilangnya Huck. Sehingga pertunjukan harus dihentikan dan seketika karena ketakutan Jim mereka berdua melarikan diri dan bersembunyi. Sementara kedua penipu itu dibawa ke kantor Sherif karena diduga menculik Huck.



Pakaian Huck yang tidak memadai, karena dia masih mengenakan gaun, membuat mereka mencuri pakaian dan wanita tua yang rabun. Setelahnya mereka kembali kabur dan memilih bekerja di sebuah peternakan. Tapi, kemudian Jim harus melarikan diri karena muncul seseorang yang mencarinya.


Dalam novel ini yang berlokasi di Missisipi serta perjalanan Huck yang mengelana demi mengantar Jim ke tempat bebas, mewakili kondisi pada tahun itu. Saat perbudakan negro masih ada dan jual beli budak secara ilegal sangat banyak. Hingga, kalau tidak hati-hati maka para budak itu bisa diculik dari majikan sebelumnya dan dijual lagi ke majikan baru yang belum tentu nasib mereka akan baik atau tidak.


Menggunakan POV pertama, yaitu sebagai Huck, novel ini terkesan dewasa dan agak lebih serius. Tapi tetap tidak mengurangi kesan mendalam dari setiap perjalanan Huck dan pelariannya bersama Jim.

** Beware. Trouble is brewing. Keep a sharp lookout. -- unknown friend (Surat rahasia dari Tom) page 364 **

Dan bukan Tom jika dia tidak menolong kedua sahabatnya di dalam buku ini. Untuk pembaca sastra klasik, buku ini pastinya sudah masuk dalam jajaran buku yang sudah dibaca. Karena bukan hanya seru pada setiap petualangan, tapi sarat juga dengan sejarah dan kultur dari tempat dimana Huck berada.



Comments

Popular posts from this blog

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

The Ghost Bride (Pengantin Arwah)

The Ghost Bride - "Pada suatu malam, ayahku bertanya apakah aku mau menjadi pengantin arwah..."

Li Lan, putri tunggal sebuah keluarga yang bangkrut, mendapat lamaran dari keluarga Lim yang kaya raya dan berkuasa. Namun, calon suaminya adalah lelaki yang telah meninggal secara misterius, dan pernikahan ini dilakukan untuk menenangkan arwah penasarannya. Mengerikan memang, tapi tidak ada jalan lain untuk menjamin masa depan Li Lan.

Setelah kunjungannya ke mansion keluarga Lim, Li Lan mulai dihantui oleh calon suaminya dan dia tidak bisa lagi tidur tenang. Sedikit demi sedikit, Li Lan tertarik ke dunia arwah yang tidak hanya dihuni oleh para hantu lapar dan arwah pendendam, tapi juga para iblis penjaga berwujud banteng. Li Lan harus mengungkap rahasia kelam tentang keluarga Lim dan keluarganya sendiri, jika dia tidak mau terjebak di dunia arwah selamanya.



Detil Buku
Judul : The Ghost Bride (Pengantin Arwah) || Penulis : Yangsze Choo || Bahasa : Indonesia || Terbitan : Oktober 2014