Skip to main content

The Witch's Guide to cooking with children



Judul : The Witch's Guide to cooking with children
Penulis : Keith McGown
Halaman : 186
Penerbit : Gramedia
ISBN ; 9789792285505



Hansel und Gretel legten sich hinein und meinten, sie waren im Himmel. ~ 1857



Dibuka dengan naskah asli cerita Hansel dan Gretel, Keith MCGown menjadikan kisah tentang nenek sihir pemakan anak-anak seakan nyata. Ikut berkembang dengan dunia. Sehingga ketika ternyata menurut silsilah, Mr. Blink dan Mrs. Blink merupakan satu keturunan yang sama, yaitu orang tua yang mengusir anak-anak, mereka juga mengusir Sol dan Connie.


Banyak rahasia yang disimpan pada setiap tokoh. Rahasia yang berkaitan dengan rahasia yang lain. Namun, kehidupan Sol sang 'ilmuwan edan' serta adiknya Connie, mengalami petualangan saat pindah ke tempat yang baru. Terlebih saat teka-teki tulang yang dibawa oleh anjing milik Holaderry cocok dengan tulang yang ada dalam buku di perpustakaan.


Anak-anak yang dibuang adalah anak yang kurang membanggakan orang tua. Meski ada beberapa yang pandai, atau seperti Sol dan Connie, hanya karena mereka akan mewarisi sejumlah kekayaan, sehingga membuat Mr.Blink gelap mata dan mengusir secara tak langsung Sol dan Connie.



Tapi, apa iya anak sepandai Sol kemudian tetap menjadi santapan sang Penyihir ? Sementara Sol merupakan anak yang cerdas. Meski Connie lebih cerdik darinya. Tapi, mereka saling menjaga satu sama lain. Layaknya kakak dan adik yang rukun.

Ada beberapa ilustrasi yang disertai dalam novel ini. Ilustrasi dari Yoko Tanaka yang diselipkan pada beberapa bagian bab. Ilustrasi yang terkesan 'dark' sehingga memperkuat imaji tentang cerita yang mendebarkan. Kalau untuk ukuran remaja, memang novel ini pas sekali.


Nah, di Indonesia ada mitos kalau anak-anak yang bermain hingga maghrib dan menolak untuk pulang saat dipanggil. Nanti akan diculik oleh 'Kolong Wewe'. Entah darimana asal usul mitos ini. Tapi, di novel Witch's guide, sang penyihir memang menculik anak-anak yang berkelana hingga petang. Menculik mereka yang terlalu malas berjalan karena terlalu banyak makan dan sulit bergerak.

Saya akan mengutip satu adegan ketika Sol dan Connie diajak ke bioskop.


Jantung Sol dan Connie serasa nyaris copot. Ini dia! Ini salah satu kotak 'pengiriman' anak-anak milik Holaderry; kotak itu terpampang persis di depan mata mereka. Sewaktu mereka masih memandanginya, si babysitter pelan-pelan membalikkan badan ke arah mereka. ~ hal 135


Hmm....penyihir ini memang hidup sudah ratusan tahun. Sehingga dia tahu seluk beluk anak-anak. Sangat tahu sehingga setiap anak tidak akan menaruh curiga padanya.


Bagi kamu yang menyukai novel-novel remaja, jangan lewatkan buku ini. Beberapa adegan yang mendebarkan justru mengingatkan saya pada novel Bibbi Bokken karya Jostein. So far, saya benar-benar menjadikan buku ini favorit saya.



See ya !



Comments

Popular posts from this blog

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

Manga Ao Haru Ride

Ao haru ride - Siapa yang gemar dengan manga atau anime genre Romantic Comedy? Saya akan tunjuk tangan juga. Manga berjudul Ao Haru Ride ini juga memiliki genre yang sama. Berkisah tentang kehidupan sehari-hari anak sekolahan, berikut juga dengan masalah percintaan dan persahabatan mereka. Namun, Futaba dan Kou memulai kisah mereka di bangku SMU, seperti melanjutkan apa yang dahulu sempat tertunda namun dengan bentuk yang berbeda.


Kartu Tanda Buku


Judul : Ao Haru Ride || Penulis : IO Sakisaka || Vol. : 13 || Chapters : 53 || Terbit : 13 Januari 2011 || Rating : 4/5


***



Futaba dan Kou pernah satu sekolah semasa SMP, namun sudah banyak yang tahu kalau Futaba ini lumayan membenci anak-anak cowok karena mereka ini ribut, menjengkelkan bagi Futaba. Tapi, di antara banyaknya anak cowok yang membuat Futaba kesal, ada satu sosok lelaki yang lebih pendiam, tidak terlalu tinggi dan suaranya berbeda dengan anak cowok lainnya, namanya Tanaka-kun.

Tanpa disadari, ada sesuatu yang tumbuh dalam hati F…