Skip to main content

Jenazah Lazarus


Hantu adalah makhluk abadi, saat orang mati diabadikan dalam bentuk berbeda. Pada masa kini, Hantu memiliki vitalitas yang lebih besar, dengan jumlah yang lebih sangat banyak, dan kepercayaan orang yang lebih banyak tertarik pada hal ini.


Contohnya seperti beberapa orang yang mengaku bisa melihat Hantu, beberapa lagi bisa berkomunikasi dengan mereka. Namun, beberapa juga merasa beruntung untuk tidak dipertontonkan bagaimana wujud mereka.


Schopenhauer pernah menyatakan bahwa dalam diri manusia sudah tertanam sebuah keyakinan pada keberadaan hantu. Ada beberapa manusia yang tertarik dan membahas serta mencari tahu lebih dalam lagi berkaitan dengan hal supranatural. Tapi, bagi mereka yang tak percaya, akan menganggap bahwa itu semua hanya halusinasi saja.


Hantu modern tidaklah sesederhana dan seprimitif leluhurnya dan berkembang menjadi semakin rumit jenisnya. Mereka lebih demokratis daripada hantu lama, dan memiliki berbagai ketertarikan sehingga manusia hampir selalu bersigungan dengan hantu.


Pada kenyataannya, efisiensi neraka dan ilmu pengetahuan merupakan teror terburuk yang menjadi momok pada saat ini. Sementara di lain sisi, kesusastraan telah menunjukkan kebangkitan bagi para hantu-hantu ini.


Roh masa kini bisa menakuti dengan memperlihatkan dirinya. Kehadiran sesosok hantu yang tidak bisa dilihat orang jauh lebih mengerikan dari yang bisa dilihat namun mencoba untuk dihindari. Para hantu masa kini memiliki energi yang lebih vital dibandingkan pendahulunya, lebih gencar dalam usahanya berurusan dengan manusia malang yang dihantuinya dan memaksa manusia melakukan kehendak mereka.


Pada buku Jenazah lazarus ini terdapat 15 cerita pendek dari 15 penulis yang siap untuk menghantui manusia dengan tulisan mereka.


Mereka mengenalkan bagaimana para hantu menerormu pada setiap kisah mereka. Masing-masing memiliki porsi cerita berbeda. Dengan bentuk dan wujud serta teror berbeda. Permasalahan benar atau salah itu hanya sebuah teori relativitas yang tidak berlalu dalam kisah di dalamnya.



Di sini kalian akan diajak berkenalan dengan hantu dari sosok Pendeta Hitam, yang dikenalkan oleh Robert W. Chambers, pada sesosok kepala tengkorak yang memiliki cap di dahinya. Kemudian berusaha membalas dendam pada salah satu keturunan orang yang membuatnya dipenggal.


Atau kisah Lazarus yang diabadikan menjadi judul buku ini. Tidak ada yang aneh dari sosok lelaki yang pernah mati selama 3 hari. Kemudian hidup kembali. Tidak ada kesan hantu yang menyeramkan di sini. Tapi, teror yang dikisahkan oleh Leonid Andreyev, membuat pembaca bertanya-tanya, apa gerangan yang mereka lihat dari kelamnya mata Lazarus?



Tapi, ada juga yang menyeramkan tentang Monster berjari lima. W.F Harvey benar-benar gila, dia tahu bahwa kisah ini pada akhirnya akan membuat pembaca membayangkan bagaimana terdesaknya kehidupan, tanpa bisa melarikan diri dari monster kecil yang dianggap seperti katak itu!



Percayalah, bahwa kisah yang mereka perkenalkan pada kita. Menyadarkan bahwa semakin modern masa kini, semakin hantu memiliki posisi yang tidak lagi elegan. Tapi, di sini diingatkan kembali, bahwasannya karya ini lebih baik dari sekedar film Horor yang menyuguhkan adegan ranjang. Aneh, karena pada masa kini, seakan-akan hantu menikmati adegan ranjang para manusia. Sebenarnya mereka lebih dari itu.


Berikut detil dari buku :


Judul : Jenazah Lazarus
Kompilasi Oleh : Dorothy Scarborough, PH.D
Halaman : 450
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN : 9789792795554
Toko : www.foboekoe.com




Comments

Popular posts from this blog

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

Manga Ao Haru Ride

Ao haru ride - Siapa yang gemar dengan manga atau anime genre Romantic Comedy? Saya akan tunjuk tangan juga. Manga berjudul Ao Haru Ride ini juga memiliki genre yang sama. Berkisah tentang kehidupan sehari-hari anak sekolahan, berikut juga dengan masalah percintaan dan persahabatan mereka. Namun, Futaba dan Kou memulai kisah mereka di bangku SMU, seperti melanjutkan apa yang dahulu sempat tertunda namun dengan bentuk yang berbeda.


Kartu Tanda Buku


Judul : Ao Haru Ride || Penulis : IO Sakisaka || Vol. : 13 || Chapters : 53 || Terbit : 13 Januari 2011 || Rating : 4/5


***



Futaba dan Kou pernah satu sekolah semasa SMP, namun sudah banyak yang tahu kalau Futaba ini lumayan membenci anak-anak cowok karena mereka ini ribut, menjengkelkan bagi Futaba. Tapi, di antara banyaknya anak cowok yang membuat Futaba kesal, ada satu sosok lelaki yang lebih pendiam, tidak terlalu tinggi dan suaranya berbeda dengan anak cowok lainnya, namanya Tanaka-kun.

Tanpa disadari, ada sesuatu yang tumbuh dalam hati F…