Skip to main content

Fiksi Sejarah : Pafko At The Wall


Tahun ini sepertinya saya cukup banyak berkenalan dengan penulis baru. Salah satunya Don Delillo. Beliau ternyata pernah menyambet beberapa penghargaan dalam dunia literasi. Kisah tentang Pafko At The Wall ini, konon, merupakan epilog untuk novel Underground. Tapi, membaca cerita di dalamnya membuat saya kaget.


Ada yang pernah menonton film Vantage Point? Satu tragedi, namun ceritanya diuntai dari beragam sudut pandang. Dari mulai tokoh A sampai tokoh Z. Dan, Pafko at the wall ini juga sama. Cerita dirajut dari banyak tokoh yang halus perpindahannya. Ada Russ, Thomson, Frank sampai Cotters. Kita akan diajak untuk mendalami satu hari itu saja, saat pertandingan antara Giant dan Dodgear.


Seperti yang banyak diketahui, permainan baseball merupakan olahraga yang sangat digemari masyarakat di U.S. Bahkan, pernah ada yang berkelakar, “kalau ada agama bernama baseball, saya yakin semua orang di U.S menganut agama itu.” Saya lupa siapa dan dalam film apa tepatnya kalimat tersebut mengalir. Tapi, ini pembuktian bahwa baseball itu seperti penggerak kehidupan. Olahraga yang menyatukan banyak orang dalam satu waktu.


Meski sebenarnya, saya tidak begitu paham dengan olahraga yang satu ini. Tapi, karena pembahasannya bukan sekadar kemenangan Giant atas Dodgear. Tapi, berisi banyak hal yang terjadi pada satu hari tersebut. Itulah, kenapa pengambilan cerita dari sudut pandang para tokohnya ini cukup menarik.


Kartu Tanda Buku


Judul : Pafko at the wall || Penulis : Don Delillo || Halaman : 96 || Rilis : 30 Juni 2008 || Diterbitkan oleh Scribner || ISBN : 9781439105443 || Dibaca melalui Scribd


Pafko at The Wall


Berlatar di New York pada 3 October 1951. Diawali dengan penonton yang berbaris ingin masuk ke stadion. Giant dan Dodgears akan bertanding dan banyak orang yang ingin menonton. Meski, katanya tidak begitu banyak sejak kekalahan Giant beberapa waktu lalu. Adalah seorang lelaki bernama Cotter yang berhasil masuk tanpa membayar tiket. Dia sendiri mengaku bolos sekolah hanya demi menonton pertandingan.

Ada pula antrian para penonton yang ingin mengadu nasibnya melalui pertaruhan. Hari itu banyak orang yang juga ikut menonton di tempat lain. Pun terdapat jajaran selebriti seperti Frank Sinatra yang ikut menonton.

Saya cuma mengingat karakter-karakter seperti Cotter yang bolos sekolah. Frank yang seorang selebriti. Jackie yang entah dia itu siapa. Bobby yang termasuk pemain baseball. Pafko yang juga ternyata seorang pemain. Dimana dalam kisah nyatanya, dia menyaksikan temannya bunuh diri. Juga deretan orang-orang yang cukup banyak hingga membuat saya bingung.

Penonton sedang menyaksikan pertandingan. Dimana pada waktu yang sama ada berita menyeruak tentang Uni Soviet yang membuat bom nuklir. Beberapa berita tersemat tapi saat itu semua mata menyorot pada pertandingan yang cukup menegangkan tersebut.


Penutup


Pafko at the wall itu tentang olahraga baseball. Sepertinya banyak sekali yang dibahas tapi saya tidak begitu memahaminya. Namun, cukup menyenangkan sebenarnya gaya berceritanya. Juga fakta tentang beberapa hal yang terjadi di hari yang sama.

Comments

Popular posts from this blog

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

The Ghost Bride (Pengantin Arwah)

The Ghost Bride - "Pada suatu malam, ayahku bertanya apakah aku mau menjadi pengantin arwah..."

Li Lan, putri tunggal sebuah keluarga yang bangkrut, mendapat lamaran dari keluarga Lim yang kaya raya dan berkuasa. Namun, calon suaminya adalah lelaki yang telah meninggal secara misterius, dan pernikahan ini dilakukan untuk menenangkan arwah penasarannya. Mengerikan memang, tapi tidak ada jalan lain untuk menjamin masa depan Li Lan.

Setelah kunjungannya ke mansion keluarga Lim, Li Lan mulai dihantui oleh calon suaminya dan dia tidak bisa lagi tidur tenang. Sedikit demi sedikit, Li Lan tertarik ke dunia arwah yang tidak hanya dihuni oleh para hantu lapar dan arwah pendendam, tapi juga para iblis penjaga berwujud banteng. Li Lan harus mengungkap rahasia kelam tentang keluarga Lim dan keluarganya sendiri, jika dia tidak mau terjebak di dunia arwah selamanya.



Detil Buku
Judul : The Ghost Bride (Pengantin Arwah) || Penulis : Yangsze Choo || Bahasa : Indonesia || Terbitan : Oktober 2014