Delusi Moneter Buku Ekonomi Lanjutan

By Ipeh Alena - May 12, 2019









Kartu Tanda Buku



Judul : Delusi Moneter || Karya : Joseph Pangaribuan || Halaman : 257 || Cetakan pertama, Desember 2018 || Diterbitkan oleh Penerbit Deepublish || ISBN : 9786237022336




Delusi Moneter merupakan sebuah buku nonfiksi yang membahas tentang ekonomi. Dimana landasan yang digunakan yaitu ilmu ekonomi modern. Dalam buku ini, Joseph berharap banyak orang awam yang bisa menerima dan membaca. Sehingga pemahaman mengenai semua hal berkaitan dengan ekonomi bisa dipahami. Juga, buku ini sebagai media informasi yang bisa digunakan untuk memahami dengan baik situasi keuangan yang sering dibicarakan.


Saya sering merasa bingung karena setiap membaca laporan mutasi rekening di bank. Selalu ada informasi mengenai Kredit dan Debit. Dimana Kredit itu ditandai bahwa ada uang yang masuk. Sementara Debit itu berarti ada uang yang keluar. Sementara sebagai orang yang awam, saya hanya mengetahui kalau Kredit itu keluar dan Debit itu masuk. Kenapa bisa berbeda seperti ini?

Jawabannya berdasarkan sejarah uang dalam ilmu ekonomi modern. Dimana kredit menciptakan simpanan. Bahwa sebagian besar uang berbentuk simpanan di bank. Caranya dengan menyalurkan kredit pada setiap orang ke rekening peminjam, sehingga bisa menciptakan uang baru. Jadi, bank tidak memerlukan simpanan dari masyarakat tapi fungsinya untuk menyalurkan kredit. Itulah kenapa laporan dalam mutasi rekening tertulis Kredit.

Kredit yang dimaksud ini, berbeda dengan kredit yang diberikan oleh seseorang atau perusahaan. Dimana kredit yang diciptakan oleh seseorang atau perusahaan itu tidak menciptakan uang baru. Tapi, hanya memindahkan uang yang sudah ada ke tangan lain. Sama-sama berbentuk Kredit tapi berbeda jenisnya.

Jadi, kalau kita menambah uang ke dalam sistem, berarti kita melakukan pinjaman pada bank? Betul. Demikian pula kalau kita menerima gaji. Gaji kita ada karena pihak perusahaan-lah yang berhutang pada bank. Dan, utang yang dipinjam oleh perusahaan dipindahkan ke rekening kita sehingga utan bertambah dalam sistem.


Bagaimana, masih bingung? Sama, saya sempat merasa bingung meski kemudian sudah paham walaupun sedikit.


Begini, di dalam buku ini, ada banyak penjelasan yang disertai dengan contoh. Terbagi menjadi beberapa bab yang membahas mengenai tema yang berbeda mengenai ekonomi serta uang dan suku bunga.


Bab 1 : merupakan pendahuluan yang berisi pengenalan dan alasan mengapa buku ini ditulis.

Bab 2 : berisi tentang sejarah uang dan tentang bank sentral yang terbentuk hingga pemahaman mengenai sistem keuangan.

Bab 3 : bagaimana sebenarnya uang itu diciptakan dibahas dalam bab ini. Ada beberapa contoh pula yang dibuat untuk pendukung pemahaman.

Bab 4 : pembahasan lebih mendalam mengenai sirkulasi ekonomi dan bagaimana bank sentral mengontrol uang yang beredar di masyarakat.

Bab 5 : pembaca akan mempelajari mengenai suku bunga dan apa sih pengaruhnya dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

Bab 6 : di sini akan disajikan informasi mengenai awal mula terjadinya ketimpangan ekonomi dan faktor apa saja yang berperan dalam hal ini.

Bab 7 : ini pembahasan yang sesuai dengan judul buku. Mengenai krisis moneter dan ketidakstabilan yang dibahas melalui kasus empiris.


Buku ini sesuai untuk kalian yang sedang mencari buku pendukung materi ekonomi. Karena, studi kasus di dalamnya bisa jadi sebagai penguat dalam pemahaman prinsip ekonomi. Beberapa fakta juga dijabarkan sesuai dengan ilmu yang sudah ada dalam ekonomi modern. Tak hanya mengutip saja, tapi bang Joseph juga berusaha mendeskripsikan secara detil mengenai satu kasus dalam bidang ekonomi yang kerap diperdengarkan di masyarakat umum.

  • Share:

You Might Also Like

1 Comments

  1. Soal kridit dan Debit awalnya saya juga bingung, kok bisa terbolak-balik gitu. Seriing waktu juga paham dengan sendirinya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.