Skip to main content

Delusi Moneter Buku Ekonomi Lanjutan









Kartu Tanda Buku



Judul : Delusi Moneter || Karya : Joseph Pangaribuan || Halaman : 257 || Cetakan pertama, Desember 2018 || Diterbitkan oleh Penerbit Deepublish || ISBN : 9786237022336




Delusi Moneter merupakan sebuah buku nonfiksi yang membahas tentang ekonomi. Dimana landasan yang digunakan yaitu ilmu ekonomi modern. Dalam buku ini, Joseph berharap banyak orang awam yang bisa menerima dan membaca. Sehingga pemahaman mengenai semua hal berkaitan dengan ekonomi bisa dipahami. Juga, buku ini sebagai media informasi yang bisa digunakan untuk memahami dengan baik situasi keuangan yang sering dibicarakan.


Saya sering merasa bingung karena setiap membaca laporan mutasi rekening di bank. Selalu ada informasi mengenai Kredit dan Debit. Dimana Kredit itu ditandai bahwa ada uang yang masuk. Sementara Debit itu berarti ada uang yang keluar. Sementara sebagai orang yang awam, saya hanya mengetahui kalau Kredit itu keluar dan Debit itu masuk. Kenapa bisa berbeda seperti ini?

Jawabannya berdasarkan sejarah uang dalam ilmu ekonomi modern. Dimana kredit menciptakan simpanan. Bahwa sebagian besar uang berbentuk simpanan di bank. Caranya dengan menyalurkan kredit pada setiap orang ke rekening peminjam, sehingga bisa menciptakan uang baru. Jadi, bank tidak memerlukan simpanan dari masyarakat tapi fungsinya untuk menyalurkan kredit. Itulah kenapa laporan dalam mutasi rekening tertulis Kredit.

Kredit yang dimaksud ini, berbeda dengan kredit yang diberikan oleh seseorang atau perusahaan. Dimana kredit yang diciptakan oleh seseorang atau perusahaan itu tidak menciptakan uang baru. Tapi, hanya memindahkan uang yang sudah ada ke tangan lain. Sama-sama berbentuk Kredit tapi berbeda jenisnya.

Jadi, kalau kita menambah uang ke dalam sistem, berarti kita melakukan pinjaman pada bank? Betul. Demikian pula kalau kita menerima gaji. Gaji kita ada karena pihak perusahaan-lah yang berhutang pada bank. Dan, utang yang dipinjam oleh perusahaan dipindahkan ke rekening kita sehingga utan bertambah dalam sistem.


Bagaimana, masih bingung? Sama, saya sempat merasa bingung meski kemudian sudah paham walaupun sedikit.


Begini, di dalam buku ini, ada banyak penjelasan yang disertai dengan contoh. Terbagi menjadi beberapa bab yang membahas mengenai tema yang berbeda mengenai ekonomi serta uang dan suku bunga.


Bab 1 : merupakan pendahuluan yang berisi pengenalan dan alasan mengapa buku ini ditulis.

Bab 2 : berisi tentang sejarah uang dan tentang bank sentral yang terbentuk hingga pemahaman mengenai sistem keuangan.

Bab 3 : bagaimana sebenarnya uang itu diciptakan dibahas dalam bab ini. Ada beberapa contoh pula yang dibuat untuk pendukung pemahaman.

Bab 4 : pembahasan lebih mendalam mengenai sirkulasi ekonomi dan bagaimana bank sentral mengontrol uang yang beredar di masyarakat.

Bab 5 : pembaca akan mempelajari mengenai suku bunga dan apa sih pengaruhnya dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

Bab 6 : di sini akan disajikan informasi mengenai awal mula terjadinya ketimpangan ekonomi dan faktor apa saja yang berperan dalam hal ini.

Bab 7 : ini pembahasan yang sesuai dengan judul buku. Mengenai krisis moneter dan ketidakstabilan yang dibahas melalui kasus empiris.


Buku ini sesuai untuk kalian yang sedang mencari buku pendukung materi ekonomi. Karena, studi kasus di dalamnya bisa jadi sebagai penguat dalam pemahaman prinsip ekonomi. Beberapa fakta juga dijabarkan sesuai dengan ilmu yang sudah ada dalam ekonomi modern. Tak hanya mengutip saja, tapi bang Joseph juga berusaha mendeskripsikan secara detil mengenai satu kasus dalam bidang ekonomi yang kerap diperdengarkan di masyarakat umum.

Comments

Djangkaru Bumi said…
Soal kridit dan Debit awalnya saya juga bingung, kok bisa terbolak-balik gitu. Seriing waktu juga paham dengan sendirinya.

Popular posts from this blog

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

The Ghost Bride (Pengantin Arwah)

The Ghost Bride - "Pada suatu malam, ayahku bertanya apakah aku mau menjadi pengantin arwah..."

Li Lan, putri tunggal sebuah keluarga yang bangkrut, mendapat lamaran dari keluarga Lim yang kaya raya dan berkuasa. Namun, calon suaminya adalah lelaki yang telah meninggal secara misterius, dan pernikahan ini dilakukan untuk menenangkan arwah penasarannya. Mengerikan memang, tapi tidak ada jalan lain untuk menjamin masa depan Li Lan.

Setelah kunjungannya ke mansion keluarga Lim, Li Lan mulai dihantui oleh calon suaminya dan dia tidak bisa lagi tidur tenang. Sedikit demi sedikit, Li Lan tertarik ke dunia arwah yang tidak hanya dihuni oleh para hantu lapar dan arwah pendendam, tapi juga para iblis penjaga berwujud banteng. Li Lan harus mengungkap rahasia kelam tentang keluarga Lim dan keluarganya sendiri, jika dia tidak mau terjebak di dunia arwah selamanya.



Detil Buku
Judul : The Ghost Bride (Pengantin Arwah) || Penulis : Yangsze Choo || Bahasa : Indonesia || Terbitan : Oktober 2014