-->

Tips Menang Kompetisi Webtoon 500 Juta Kwikku 2021

Webtoon kwikku



Webtoon apa nih yang lagi diikuti sampai sekarang? Jujurly, lagi seneng banget karena akhirnya My Deepest Secret selesai juga. Dengan ending yang cukup. Serius, cukup melegakan meski emang enggak semua harus sesuai ekspektasi.

Bikin cerita webtoon tuh ternyata enggak mudah juga, ya. Pernah lihat live di tiktok, seorang kreator webtoon. Buat bikin satu cerita aja, butuh waktunya lama. Pantesan, setiap nunggu update webtoon terbaru, pasti rada lama.

Buat yang bisa atau pengen bikin webtoon. Udah coba ikut kompetisi Webtoon Kwikku belum? Hadiahnya gede, loh. Selain ngincer hadiah, kalau ikutan kompetisi kayak gini. Bisa buka kesempatan buat dikenal karyanya. Siapa tau ada pembaca dan juri yang suka sama karya kita yang otentik banget gitu.


Tips Menang Kompetisi Webtoon 500 Juta Kwikku 2021

Sebelum ikut kompetisinya, sebaiknya dibaca dulu nih. Ada bocoran dari bang Faza Meonk. Khusus buat kreator Webtoon. Buat penulis novel gimana? Sabar ya, nanti aku kasih bocoran juga.


1 Kerjakan Mulai Sekarang

Ini serius, bang Faza bilang, buat bikin satu panel aja udah butuh waktu. Lah kalo enggak dimulai konsepnya dari sekarang, bakalan enggak keuber. Jadi, mulai aja dari sekarang mau cerita apa aja, boleh. Tapi, ada sih dibisikin sama bang Faza, cerita yang banyak diminati itu apa aja?


2. Buat Cerita Yang Banyak Peminat

Menurut survey dari konten kreator webtoon yang ikutan jadi juri di kompetisi Kwikku ini. Cerita drama romantis, atau thriller tapi ada unsur romantis sampai horor yang juga ada kisah romantisnya banyak digemari pembaca webtoon Indonesia.

Ini bener sih, secara ya, daftar list webtoon ada unsur romantisnya meski sedikit. Seperti My Deepest Secret atau kisah Sukma-nya kak Sweta Kartika yang ada sedikit unsur romansanya.

Jadi, udah kebayangkan mau bikin cerita kayak gimana? Asal dikasih bumbu romansa deh, siapa tau malah makin gress kriuk renyah gitu.


3. Kolaborasi Asik Sama Temen

Nih ya, dikarenakan waktu buat pembuatan webtoon ini enggak sebentar. Sementara lombanya udah berjalan. Otomatis, biar karya webtoon yang mau diikutin di #kompetisi500jutakwikku ini selesai tepat sebelum kompetisi berakhir. Bisa mengajak teman untuk kolaborasi nyelesain panel ceritanya bareng-bareng.

Eh ini dibolehin loh. Soalnya bang Faza yang bilang begini. Beliau sangat memaklumi deadline lomba yang agak mepet sementara proses pembuatan cerita webtoon bukan main butuh waktu lama.

Kalau gitu, yuk cari temen yang bisa diajak kolaborasi bareng. Biar ceritanya selesai tepat waktu.


Tips Nulis Novel Untuk Kompetisi Kwikku

Nah, kalau tips ini khusus buat yang mau ikutan kompetisi novel. Buat tipsnya ini aku kombinasiin sama tips nulis dari penulis lain, ya. 


1 Kerangka Cerita Itu Penting

Jujurly ya, sejak belajar dari awal lagi bagaimana cara nulis yang gampang. Kerangka cerita atau kerangka tulisan tuh sering banget disebut. Awalnya, enggak begitu mikir penting akunya. Tapi, pas udah ngerasain dan praktekin langsung. Ternyata, emang berguna banget.

Terutama, pas lagi sedikit mandek nulis. Kerangka inilah yang bisa bikin kita tau sejauh mana cerita mau dikembangkan, gitu. 

Jadi, udah mulai bikin kerangka belum? Kalau belum, ayo jangan sampai nanti keburu deadline lombanya ditutup.


2. Menulis Dari Kisah Paling Dikenang

Menurut bang Ahmad Fuadi, menulis cerita yang paling mudah itu ya yang ada kaitannya sama kehidupan kita. Entah itu kisah tentang sosok Ibu atau sosok Ayah atau Nenek atau siapa saja. Bisa diangkat menjadi kisah yang menarik dan inspiratif.

Tinggal mau dibumbui dengan fiksi yang bisa menguatkan cerita sehingga pembaca bisa seolah merasakan apa yang dirasakan sang tokoh.


3. Tak Perlu Memaksa Dengan Kata

Ini petuah yang selalu aku ingat dari penulis lain. Saat ditanya, bagaimana cara merangkai kata? Sementara kosa kata yang dimiliki tak seindah dan sebanyak penulis lain?

Jawabannya, tak perlu memaksa dengan kata. Gunakan kata-kata yang memang sudah kita kenal. Gunakan dengan lebih santai sehingga tak terkesan memaksa.

Dari penuturan inilah, aku juga jadi semangat lagi untuk menulis di blog. Soalnya, terkadang hal yang menghambat proses menulis itu, pemilihan kata. Padahal ada ribuan kata yang sudah aku kenal dan ketahui, tapi karena pusing sendiri akhirnya aku berhenti. 


Kwikku 500 juta



Kompetisi 500 Juta Kwikku 2021

Jadi, udah siap buat ikutan kompetisi bersama Kwikku? Kalau sudah siap. Karyanya sudah diselesaikan dengan rapi. Sekarang, mari kita cek apa aja sih ketentuan buat ikutan kompetisi ini?

Sebelumnya, mau nanya, kira-kira ada yang sudah ikutan di Kompetisi Kwikku tahun 2020 silam belum? Kalau belum tau, jadi kompetisi ini diadakan oleh Kwikku. Platform baca online yang mencari konten terbaik kreator Indonesia. 

Jangan lupa biar kenal banget, segera unduh dulu aplikasi Kwikku di gawai pintarmu. Biar bisa kenalan juga sama platform ini.

Nah, mengingat kompetisi tahun 2020 kemarin yang ikutan sampai 7000 karya. Alhasil, tahun 2021 ini Kwikku kembali mengadakan kompetisi dengan hadiah yang gede banget. 500 juta coy! Mulainya dari 4 September 2021 sampai 4 Desember 2021. Sementara pengumuman pemenangnya 5 Januari 2022.

Ada tiga kategori karya yang bisa diikutkan dalam kompetisi ini :

1 Novel

Tema bebas selama tidak menyinggung pihak tertentu atau mengandung SARA, jumlah kata minimal 55.000 kata, ditulis dalam bahasa Indonesia, dan naskah juara 1, 2, dan 3 akan difilmkan.


2. Webtoon

Tema bebas selama tidak menyinggung pihak tertentu atau mengandung SARA, minimal mengunggah 150 panel atau 5 episode saat deadline, gambar original, dan naskah juara 1, 2, dan 3 akan difilmkan.


3. Desain Cover

Tema cover romance, horor, sejarah, fantasi, fiksi ilmiah, cover original, dan tidak mengandung unsur foto/font/ilustrasi yang melanggar hak cipta, dimensi 14:21, ukuran maks. 15 MB.

Kalau penasaran gimana cara kirim naskah atau ketentuan lainnya. Bisa kok kunjungi laman khusus event.kwikku.com ini. 

Dewan jurinya juga bukan abal-abal ya. Dari deretan penulis dan kreator ternama mulai dari Dee Lestari, Ahmad Fuadi, Agustinus Wibowo sampai Bang Sweta Kartika dan bang Faza Meonk. Jadi, insya allah kompetisinya suportif.


Manfaat Mengikuti Kompetisi Kwikku

Yang namanya mengikuti kompetisi itu enggak semata karena hanya ingin dapat hadiah aja. Tapi, juga ada beberapa hal yang menjadi manfaat atau nilai lebihnya.

1 Bisa mengevaluasi hasil karya. Karena, dengan adanya juri, karya kita bisa mendapat masukan yang tentunya berguna banget biar bisa dikembangkan lagi.


2. Pembuktian bahwa diri kita itu #pastibisaberkarya dan berani. Serta bisa jadi apresiasi tingkat tinggi karena keberanian kita itu.


3. Menjadi peluang untuk eksplorasi skill yang kita miliki. Sehingga kita bisa bebas menggali sampai mana kemampuan kita.


Nah, jadi ikut kompetisi itu enggak sekadar gabut semata. Tapi, ada manfaatnya juga. So, kalian udah punya cerita buat diikutin dalam Kompetisi 500 Juta Kwikku 2021 belum? 

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter