Skip to main content

Obat Malas Dosis Tinggi Buat Kamu Remaja Masa Kini


Obat Malas Dosis Tinggi


Waktu memilih ebook ini di Gramedia Digital, alasannya cukup sederhana. Penasaran dengan apa yang dibahas sama penulis dan apakah akan membawa pecutan semangat pada saya sebagai pembaca. Kebetulan, saya juga tengah merasakan kemalasan yang cukup tinggi.

Buku ini berisi 50 bab yang mana tidak hanya mengajak agar anak-anak dan dewasa menjadi pribadi yang aktif. Tapi, juga dijabarkan bagaimana prakteknya. Seperti apa rupa malas dan apa yang menjadi alasan malas. Narasinya dibuat seperti nada seorang kakak atau orangtua kepada adik atau anaknya dengan menggunakan sebutan, "dik".

Kartu Tanda Buku

Judul : Obat Malas Tingkat Tinggi
Penulis : Khalifa Bisma Sanjaya
Halaman : 368
Format : Buku Digital Gramedia
Bahasa : Indonesia
Diterbitkan oleh Elex Media Computindo
ISBN : 9786020479484

***

Bab pertama menyeritakan tentang persamaan manusia dengan pohon. Dimana pohon yang memiliki daun banyak tapi tidak ada buahnya diibaratkan orang yang hubungan dengan manusianya baik tapi hubungan dengan Allah yang Maha Pencipta tidak baik. Pun demikian dengan perumpamaan pohon yang kering kerontang.

Bab selanjutnya merupakan ajakan untuk aktif bergerak. Nah, buku ini sepertinya juga mendukung Germas agar banyak orang aktif bergerak. Dan beraktivitas secara fisik dalam hal-hal yang positif. Di sini, ajakan kepada pembaca muda dan dewasa untuk memiliki jadual khusus pergi ke majelis ilmu, solat di masjid bagi laki-laki serta berolahraga dan membantu orangtua. Ajakan ini sambil dijelaskan maknanya dan tujuannya. Sehingga, pembaca tidak hanya sekadar menerima bacaan tapi juga mencerna dan memahaminya.

Bab-bab selanjutnya membahas mengenai beberapa kegiatan yang kurang berfaedah jika tidak diiringi dengan kegiatan lain. Kurang bermanfaat jika dilakukan secara berlebihan. Dan, sampai di bab Menunda, di sini dibahas bahwa adanya kemalasan akibat kebiasaan menunda. Serta, bagaimana cara yang mudah agar bisa lepas dari rasa bosan, malas dan sering menunda. Diselipkan juga do'a agar tidak menunda berbuat baik.

Di bab Andalkan Diri Sendiri, Khalifa Bisma Sanjaya mengajak pembacanya untuk percaya dengan kemampuan diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. Karena, memang lebih baik bergantung pada Allah ketimbang pada orang lain. Juga disematkan tips agar bisa menjadi pribadi yang berprestasi dan positif, salah satunya dengan berkumpul bersama orang-orang yang senang belajar serta membuat target dan menunda kesenangan.

Bab-bab berikutnya berisi cerita-cerita dari para pejuang islam. Ada kisah tentang seseorang yang baru bisa menghapal alquran saat usianya tidak lagi muda. Ada pula kisah tentang seseorang yang ketika mati syahid, jenazahnya dimandikan oleh para malaikat. Dan banyak kisah yang bisa dijadikan pelajaran dan pemahaman bagi pembacanya. Tentunya ini bertujuan untuk mempraktekkan teori BELAJAR DARI SANG AHLI.

Namun, saya masih mempertimbangkan lagi, apakah buku ini tidak akan membuat pembaca remaja yang masih pemula kemudian mendadak bosan saat membacanya atau tidak. Begini, narasi yang digunakan penulis masih kental dengan 'dikte' dimana ini memungkinkan adanya penolakan bagi remaja yang sebenarnya butuh dengan materi yang ada di buku ini. Beberapa contoh sebenarnya bagus, tapi, pun ada kemungkinan banyak pembaca merasa aneh dan jemu.

Saya tidak ingin denial, karena bagi saya berusaha untuk menutupi kesan saya saat membaca buku ini akan membuat saya justru tidak mendapat apa yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Sebenarnya, dari penjelasan contoh-contoh yang dijabarkan, saya melihat si penulis ingin mengorek sisi manusia. Tapi, gagal. Demikian pendapat saya. Gagal, karena alih-alih mengenal diri sendiri kala malas datang, penulis justru menganggap bahwa malas itu bukan bagian dari manusia.

Begini, kalau ingin mengatakan bahwa kita harus rajin. Bukan berarti tidak ada kata malas. Tapi, menguak bagaimana keberadaan malas itu sendiri dan seperti apa tanda-tandanya juga kiat apa saja yang paling masuk akal untuk lepas dari rasa malas. Kenapa tidak mengenalkan doa yang memang sudah diajarkan oleh Rasulullah sallahualaihiwassalam terkait meminta perlindungan dari sikap malas?

Namun, di balik beberapa hal yang kurang sesuai bagi saya pribadi. Ada hal lain yang cukup menyenangkan. Yaitu, rekomendasi bacaan buat pembaca. Cukup banyak dan beragam. Apalagi, di sini juga dikenalkan dengan tokoh-tokoh terkenal di dunia. Jadi, pembaca bisa mendapat pengetahuan umum sekaligus.

Comments

Popular posts from this blog

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

The Ghost Bride (Pengantin Arwah)

The Ghost Bride - "Pada suatu malam, ayahku bertanya apakah aku mau menjadi pengantin arwah..."

Li Lan, putri tunggal sebuah keluarga yang bangkrut, mendapat lamaran dari keluarga Lim yang kaya raya dan berkuasa. Namun, calon suaminya adalah lelaki yang telah meninggal secara misterius, dan pernikahan ini dilakukan untuk menenangkan arwah penasarannya. Mengerikan memang, tapi tidak ada jalan lain untuk menjamin masa depan Li Lan.

Setelah kunjungannya ke mansion keluarga Lim, Li Lan mulai dihantui oleh calon suaminya dan dia tidak bisa lagi tidur tenang. Sedikit demi sedikit, Li Lan tertarik ke dunia arwah yang tidak hanya dihuni oleh para hantu lapar dan arwah pendendam, tapi juga para iblis penjaga berwujud banteng. Li Lan harus mengungkap rahasia kelam tentang keluarga Lim dan keluarganya sendiri, jika dia tidak mau terjebak di dunia arwah selamanya.



Detil Buku
Judul : The Ghost Bride (Pengantin Arwah) || Penulis : Yangsze Choo || Bahasa : Indonesia || Terbitan : Oktober 2014