Skip to main content

Japanese Literature Reading Challenge





Sebagai penyuka karya-karya klasik Jepang, atau cerita yang 'berbau' sejarah Jepang, saya berniat mengikuti Reading Challenge yang diadakan oleh Opat. Saya mendapat informasinya melalui grup Bajay Jabodetabek Blog Buku Indonesia. Mengikuti RC ini dengan tujuan agar tambah semangat untuk menuntaskan beberapa buku yang masih tertumpuk, dengan klasifikasi tersendiri. 

Pastinya menantang. Plus, saya bahkan sudah bersemangat semenjak pertama kali - pada bulan Februari - informasi ini tayang di blognya Opat. Tapi, karena satu kendala, saya harus mengganti platform blog dari Tumblr ke blogspot. Alhasil, saya harus menayangkan ulang tulisan-tulisan ulasan dari buku yang sudah saya baca.

Oiya, bagi yang ingin ikut serta dalam Reading Challenge ini, simak rulesnya : 


  1. Indonesian blogger living in Indonesia. I don’t mean to be racist but yeah you must be Indonesian to join this challenge. Your blog doesn’t have to be a book blog, any kind of blog is welcome.
  2. Put the button of this challenge on your blog sidebar/widget.
  3. Write a master post challenge and insert the link to google doc form below.
  4. Read books, I repeat, books (NO E-BOOKS) of any Japanese Literatures (which means the writer is a Japanese descent) and write the review on your blog. You can read classics or contemporary, in Indonesian, English, Japanese, or maybe other translations please suit your taste, but NO MANGA, NO GRAPHIC NOVELS. You may re-read the book but not repost the review. Your book review can be overlapped with other challenges and can be written in Indonesian or English (So if you can write Chinese or Spanish or any other languages I am sorry)
  5. Write a wrap-up post at the end of year. Link to submit will be provided later on December 31, 2016.
  6. Share your master post through any social medias you have and mention my twitter @casualreader4 to inform the shared link (just mention, you have no obligation to follow me).
  7. Challenge is open throughout the year, so you can join me anytime in 2016

Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi : Casual Book Reader.


Berikut ini beberapa list buku yang ingin saya baca untuk diikut-sertakan dalam Japanese Literature Reading Challenge :

1. Never Let Me Go - Kazuo Ishiguro : Ulasan Klik di Sini

2. Daun-daun Bambu - Yasunari Kawabata : Ulasan Klik di Sini
3. An Artist of The Floating World - Kazuo Ishiguro : Ulasan Klik di Sini
4. Musashi 6 (seri) : Klik Ulasan di Sini
5. Musashi 7 (seri) : Klik Ulasan di Sini
6. Dunia Kafka - Haruki Murakami : Klik Ulasan di Sini
7. When I Talked About Running - Haruki Murakami : Klik Ulasan Di Sini
8. The Tale of Genji - Lady Murasaki : Klik Ulasan di Sini


Nah, bagi yang ingin turut serta, ayo langsung aja bikin master postnya. Kemudian ikuti syarat yang berlaku, setelah itu mulailah MEMBACA dan TULISLAH ulasannya di blog kalian. Selamat membaca :)

Comments

Popular posts from this blog

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

Manga Ao Haru Ride

Ao haru ride - Siapa yang gemar dengan manga atau anime genre Romantic Comedy? Saya akan tunjuk tangan juga. Manga berjudul Ao Haru Ride ini juga memiliki genre yang sama. Berkisah tentang kehidupan sehari-hari anak sekolahan, berikut juga dengan masalah percintaan dan persahabatan mereka. Namun, Futaba dan Kou memulai kisah mereka di bangku SMU, seperti melanjutkan apa yang dahulu sempat tertunda namun dengan bentuk yang berbeda.


Kartu Tanda Buku


Judul : Ao Haru Ride || Penulis : IO Sakisaka || Vol. : 13 || Chapters : 53 || Terbit : 13 Januari 2011 || Rating : 4/5


***



Futaba dan Kou pernah satu sekolah semasa SMP, namun sudah banyak yang tahu kalau Futaba ini lumayan membenci anak-anak cowok karena mereka ini ribut, menjengkelkan bagi Futaba. Tapi, di antara banyaknya anak cowok yang membuat Futaba kesal, ada satu sosok lelaki yang lebih pendiam, tidak terlalu tinggi dan suaranya berbeda dengan anak cowok lainnya, namanya Tanaka-kun.

Tanpa disadari, ada sesuatu yang tumbuh dalam hati F…