Manfaat Berteman Dengan Blogger Buku

August 08, 2016

Manfaat Berteman Dengan Blogger Buku


Manfaat Berteman Dengan Blogger Buku. Belakangan ini saya sedang merasa kurang bersemangat untuk menulis ulasan. Juga tengah merasa kepentok dengan jadwal dan waktu yang kian hari rasanya semakin terlampau sibuk. Akibatnya saya tidak bisa meluangkan banyak waktu untuk membaca. Kalaupun bisa menghabiskan bacaan, yang biasanya saya akan semangat untuk menulis draf ulasannya, saat ini saya sedang loyo. Bahkan ketika membaca, saya tidak menyempatkan untuk menyematkan tanda sebagai bookmark untuk bahan menulis ulasan.


Dari kondisi ini, saya mulai berpikir dengan mode Malas super duper. Berpikir bagaimana ya, agar saya bisa mengembalikan mood saya juga semangat saya. Rasanya seperti 24 jam itu kurang begitu banyak, pertanda kalau saya sedang tidak bisa memanajemen waktu. Maklum, kadang saya malas untuk menulis agenda harian, sehingga kadang mengerjakan pekerjaan yang tidak sesuai prioritas akhirnya malah membuang-buang waktu.


Sempat saya membela diri dengan berpikir, ah paling saya sedang bosan membaca. Tapi, kok keterusan? Sampai kemudian saya mencoba untuk membuka Bloglovin, aplikasi yang menjadi tempat saya menyimpan tautan blog teman-teman saya. Di sanalah saya mendapat sedikit demi sedikit semangat yang kemudian membuat saya memulai untuk memaksa diri saya agar kembali bangkit.


Inilah Beberapa Cara Saya Bangkit dari keterpurukan ini dengan :


Blogwalking

Saya berjalan-jalan dan mengunjungi beberapa blog dari teman-teman saya sesama blogger buku. Melalui tulisan mereka serta informasi kapan mereka membaca buku tersebut kemudian tanggal berapa mereka menyelesaikannya, membuat saya bersemangat. Pasalnya, dengan membaca tulisan-tulisan ulasan mereka, saya menjadi merasa tertantang untuk menyelesaikan bacaan saya.


Meninggalkan Komentar

Sambil mengunjungi blog mereka, saya juga berusaha untuk meninggalkan komentar. Dengan harapan saya bisa meninggalkan jejak saya suatu ketika saya mampir kembali ke blog tersebut. Juga hal ini bisa menambah level semangat saya sehingga bisa naik. Mengomentari buku yang ditulis, membuat saya rindu akan membaca.


Memulai Dengan Mini Review

Betul, ketika sudah menyelesaikan satu novel atau buku, biasanya memang saya sudah siap untuk publish ulasannya. Karena setiap membaca saya selalu menyempatkan diri untuk menulis beberapa hal yang tentang buku yang tengah saya baca. Alasannya biar saya tidak lupa, apalagi saya termasuk gampang lupa. Nah, karena situasi waktu itu saya masih benar-benar belum sepenuhnya semangat, akhirnya saya memulai dengan menulis Mini review.

Ulasan yang tidak begitu banyak tapi juga tidak sedikit, yang saya gabung dengan ulasan buku lain. Kemarin saya menulis ulasan untuk buku Manxmouse dan Babu Backpacker, ini contohnya, "Mini Review Agustus".



 ***



Begitulah cara saya agar bisa bangkit dari rasa enggan yang berlebihan terhadap membaca dan menulis ulasan. Meski memang menulis bukan sebuah keterpaksaan, tapi dengan saya bersemangat menulis berarti saya sudah mulai mendidik diri saya agar komitmen pada good habbit. Dari sinilah saya belajar untuk bangkit. Dan memang benar adanya, ada banyak manfaat yang saya rasakan ketika berteman dengan sesama blogger buku.


1. Memupuk Semangat Kala Terpuruk

Seperti kondisi saya kemarin, dan saat ini sedang dalam tahap pemenuhan level semangat agar mencapai batas maksimal. Dengan memiliki teman-teman yang rajin membaca dan gemar mengulas, membuat saya terpacu untuk ikut serta.


2. Menambah referensi bacaan

Ketika mampir di beberapa blog milik teman, saya mendapatkan referensi penulis-penulis lain yang bisa saya jadikan masukan. Apalagi terkadang mereka menyematkan opini jujur terkait buku dan penulis yang mereka baca. Sehingga saya bisa menentukan apakah buku tersebut memang sesuai selera saya atau tidak.


3. Menjadi Tantangan Tersendiri


Tantangan seperti apa? Dalam hal ini yaitu tantangan membaca. Banyak para blogger buku yang membuat tantangan-tantangan yang membuat para pengikutnya bersemangat untuk ikut serta dan menyelesaikan tantangan tersebut. Melalui tantangan ini atau challenge reading, bisa menambah jenis buku yang dibaca. Misalnya ada yang membuat tantangan membaca khusus buku-buku romantis, atau tantangan membaca buku non fiksi dan masih banyak contohnya.


Dari manfaat tersebut di atas, ada banyak lagi manfaat yang tak dapat saya jabarkan di sini. Tapi, yang pasti, blogger buku juga tidak kalah kreatif, mereka sering mengadakan event seperti coin reader, atau wishful Wednesday. Justru, kreativitas mereka sebagai bukti bahwa blogger buku tidak hanya berkutat pada hal yang monoton. Dan saya senang menjadi bagian dari blogger buku.


Terima kasih


  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. selalu kagum sm blogger buku kayak dikau mbk, jago bgd manajemen waktunya, keren

    ReplyDelete
  2. Blogger buku itu keren. Sebelum posting reviewnya harus baca buku dulu yang tebelnya kadang buat orang lain itu amit-amit. Selain perlu waktu buat mencernanya, buat nulisnya juga ga sebentar. Duuuh blog khusus buku aku juga pengen dimanage lagi biar semakin sering update :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.