Daftar Negara Anggota G20 yang Mungkin Belum Anda Tahu

 

negara g20

G20 merupakan forum ekonomi utama dunia yang tergabung dari 19 negara utama beserta Uni Eropa. Negara anggota G20 ini dinilai memiliki posisi strategis sebab secara kolektif mewakili sekitar 65% populasi global 79% perdagangan dunia dan sekitar 85% ekonomi global. 

Kelompok anggota G20 ini terbentuk pada tahun 1999 dan dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan masyarakat global terhadap ketidakberhasilan G7 untuk mencari solusi yang tepat guna menangani permasalahan ekonomi dunia ketika itu. 

Negara Mana Saja yang Tergabung Dalam G20?

G20 terbentuk dari negara maju serta berkembang dan Indonesia juga ada di dalamnya. Hal tersebut ialah sesuatu yang patut dibanggakan oleh warga Indonesia karena bisa bersanding dengan jajaran negara paling berpengaruh pada ekonomi di dunia. Berikut ini kelompok negara anggota G20 :

Afrika Selatan,

Amerika Serikat,

Arab Saud

Argentina,

Australia,

Brasil,

India,

Indonesia,

Inggris,

Italia,

Jepang,

Jerman,

Kanada,

Meksiko,

Republik Korea,

Rusia,

Perancis,

China,

Turki,

Uni Eropa.

G20 countries memegang keunggulannya masing-masing sehingga dapat membentuk forum ekonomi besar ini. Negara-negara ini mencangkup pemain utama ekonomi global, dua negara berpopulasi terbesar dunia, negara kepulauan terbesar di dunia serta lembaga internasional terpenting global.

Siapa Negara dengan Ekonomi terkuat?

Gabungan G20 members ini berperan menyumbang sekitar 80 – 85% dari output ekonomi dunia dalam hal produk domestik bruto (PDB). Pada 2015 PDB China berjumlah 19,7 miliar dollar internasional. Hal tersebut membuat China menjadi negara pemegang ekonomi terbesar dunia, yang diikuti oleh Amerika Serikat, India serta Jepang. 

Sementara Jerman ada di urutan kelima dengan penghasilan sebesar 3,9 miliar dolar internasional.

Siapa Negara dengan Perdagangan Ekspor Paling Sukses?

Terdapat beberapa anggota G20 yang memegang posisi perdagangan global tersukses. Negara-negara tersebut antara lain China, Amerika Serikat, Jerman dan Jepang ialah empat negara pengekspor paling besar dunia. Dari 20 negara yang ada, 15-nya adalah negara dengan volume ekspor tertinggi di dunia. 

Siapa Negara dengan Populasi Terbesar? 

Selain memegang posisi ekonomi terkuat, China juga merupakan negara dengan populasi terbesar dunia yaitu memiliki 1,38 miliar penduduk. Lalu diikuti oleh India dengan 1,3 miliar dan setelahnya ada Amerika Serikat, Indonesia serta Brasil. 

Siapa Negara dengan Luas Wilayah Terbesar?

Rusia adalah negara dengan wilayah terbesar yang ada di dunia, yaitu seluar 17 juta kilometer persegi. Sedangkan Indonesia merupakan negara kepulauan paling besar yang memiliki 17.508 pulau. Lalu Brasil merupakan negara terbesar dan terpadat di Amerika Selatan dan berpopulasi lebih dari 200 juta penduduk. 

Baru-baru ini negara anggota G20 mengadakan pertemuan tingkat menteri pariwisata pada 26 September 2022 di Bali karena Indonesia sedang memegang kepresidenan G20. Indonesia menjadi tuan rumah perayaan Hari Pariwisata Dunia ke-42, yang akan menjadi momentum penting guna mewujudkan pembangunan sebagai pariwisata berkualitas dan berkelanjutan. 





Postingan Terkait