MGJ8NWBaNat6MWtdNWBaNqJ6NCMkyCYhADAsx6J=
Books reader
MASIGNCLEANLITE104

Novel Bino Genre Psychological Horror Thriller Dari Penulis Indonesia

Novel Bino Horor

“Aku tidak tahu siapa Dobino-mu. Dobino versiku….” Baiklah, kalau Dobino versiku yang pasti bukan Bin*m*. Bukan. Hehehe. Novel Bino ini sebenarnya buatku pribadi jenis cerita horor, thriller suspense sama psychological thriller. 

Waktu awal baca, enggak ada ekspektasi apa-apa. Apalagi sampai berharap bakalan tercengang karena ceritanya mengingatkanku pada Agen Mulder dan Agen Scully. 

Buat yang penasaran, siapa itu dua agen yang aku sebut? Silakan googling aja dulu, sama ditonton sekalian biar saat baca novel Bino ini enggak mikir, “ah apaan sih, enggak jelas masa enggak ada solusi?”

Sebab, di tayangan serial mereka yang tayang sejak 1993 itu, ada banyak banget kasus yang emang enggak bisa dijelasin dengan sains. Bahkan, di Indonesia sendiri sebenarnya banyak loh kasus kematian yang enggak bisa dijelasin pakai bahasa science atau forensik. Karena, penyebabnya ilmu hitam. Percaya enggak? Kalau enggak percaya mungkin belum ada keluarga terdekat yang mengalami. Maklum aja.

Ulasan Novel Bino Tentang Tanah Dijuru

Ulasan novel thriller

Kartu Tanda Buku

Judul : Bino

Penulis : Zaki Jaihutan

Halaman : 294

Penyunting : Ika Yuliana Kurniasih

Desain Sampul : Sukutangan

Format : Ebook Gramedia Digital

Bahasa : Indonesia

Diterbitkan oleh Penerbit MCL (Mekar Cipta Lestari)

ISBN : 9786239606756


Novel Thriller Yang Mencekam Dan Misterius

Kejahatan yang paling jahat itu yang seperti apa? Yaitu kejahatan yang mengajak orang lain untuk ikut serta dalam hal jahat tersebut. Baik mengubah seseorang menjadi jahat atau memberitahu sesuatu yang nantinya bisa membuat orang menjadi jahat. 

Bino pada awalnya muncul dari naskah cerita milik Agi. Sosok laki-laki pendiam, tidak banyak tingkah, cenderung tertutup dan seorang yang imajinatif. Di dalam pikirannya selalu ada banyak skenario cerita yang menemaninya menjalani kehidupan nyata.

Namun, suatu ketika ia kehilangan sosok lelaki yang sering ia lihat dalam cermin. Sosok lelaki yang entah dia itu siapa, tapi membuatnya penasaran. Karena rindu dengan lelaki dalam cermin tersebut, akhirnya ia putuskan untuk menjadikannya tokoh utama dalam cerita yang ia tulis.

Tapi, bagaimana caranya hingga tokoh cerita bernama Bino ini, pada akhirnya bisa memiliki jalan cerita yang sama dengan sosok Bino yang rupanya sudah memiliki catatan kriminal di kepolisian? Agi yang menuliskan cerita tentang sosok lelaki tersebut, akhirnya mencari tahu tentang keberadaan sosok Bino dan apakah Tanah Dijuru ini ada?

Selama membaca novel ini, ada beberapa dugaanku yang meleset. Salah satunya, kupikir kisah Bino yang ditulis oleh Agi menjadi kenyataan. Seperti the real story teller yang pernah kusaksikan di sebuah film. 

Dan sangkaan ini sempat terpatahkan dan tergantikan karena timeline atau waktu kejadian Bino asli ini cukup jauh. Beberapa tahun sebelum Agi dewasa. Hingga akhirnya berganti dengan pemikiran kalau Agi adalah cenayang? 

Setelah mencapai akhir cerita, barulah misteri tersebut terkuak satu persatu. Nyatanya sangkaanku terpatahkan semua. Dan menjadikanku tersenyum sebab, ini seperti X Files, mengingatkanku pada satu episode saat Agent Dogget melihat sendiri tersangka yang bisa berubah dari lelaki berambut gondrong dan kurus menjadi lelaki bertubuh tambun rambut pendek dalam hitungan detik.

Tapi, apakah ini berarti Bino dan Agi berubah dalam hitungan detik? Oh tentu tidak semudah itu ferguso. Karena, penjelasannya sangat kompleks. Dengan membaca setengah-setengah pun tidak akan menjawab pertanyaan sampai mengapa sampai ada penjelasan begini dan begitu.

Karena itu, novel Bino ini termasuk yang harus dibaca dengan baik, santai dan seksama. Sebab beberapa misteri dan teka-teki akan terjawab di bagian lain.

kutipan novel misteri

Bagian Paling Menegangkan Dari Kisah Bino dan Agi

Aku akan menyeritakan salah satu bagian dari novel Bino karya Zaki Jaihutan ini. Dan menjadi satu potongan yang menjelaskan misteri lain namun membawa ke misteri selanjutnya. Bisa jadi sedikit spoiler, tapi tidak membongkar semua cerita.

Buatku, ketegangan yang disampaikan oleh Pak Toto, pemilik kontrakan, sampai ke kejadian yang membuat Agi dan Tabah terjebak di dalamnya. Cukup intens dan membuat jantung berdebar.

Kisah tentang kehadiran sosok Oji di kampung tersebut. Bagaimana awalnya dia menjadi penjaga masjid. Kemudian, mendapat kepercayaan yang cukup besar dari masyarakat setempat. Hingga suatu hari, dia bunuh diri di kamar kontrakannya.

Kemudian, berlanjut ke kejadian lain yang tidak diketahui oleh siapapun. Yaitu, keanehan yang muncul ketika sepasang suami istri menetap di kamar kontrakan tempat Oji bunuh diri. Dan apa yang sempat ditakutkan oleh warga sekitar, terkuak kembali. 

Hingga kemudian, kamar tersebut memakan korban lain yang entah bagaimana keadaannya. Yang pasti, saat pak Toto mengantar Tabah dan Agi melihat ruangan tersebut, ia tahu bahwa kamar tersebut tidak boleh ditinggali bahkan tidak boleh dibuka sama sekali.

Tapi, kalau tidak dibuka, siapa yang sering membersihkan kamar tersebut?


review novel bino horor

Novel Bino ini cukup bagus dari segi alurnya, cara penyampaiannya, teknik menyimpan dan membeberkan misteri hingga membangun suasana yang mencekamnya. So far, buatku Tanah Dijuru ini sebenarnya relate sebagai tempat yang sering juga disinggahi oleh orang yang mengaku pernah mampir ke dunia lain.

Kalau pernah dengar cerita mengenai pintu ke dimensi lain yang konon ada di wilayah Kalimantan. Sampai ada warga lokal yang mengaku pernah mampir ke sana dan orang-orang di sana tidak memiliki lekukan di atas bibirnya. Mungkin akan memahami sedikit mengenai Tanah Dijuru ini. 

Buat yang butuh cerita mencekam dan penggemar novel thriller dengan balutan misteri dan horor. Silakan coba baca Novel Bino ini. Cukup bagus dan enggak akan bikin bosan.



Bacaan Ipeh

Reader who love to read as much as she can. Almost of them are ebooks from legal applications. But, I do love books as well. Because, for me it doesn't matter which formats as long as I could enjoy it. Wheter it is audiobooks, ebooks or the real books.

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis dihapus.
5450633874800632471