Book Review


Ini pertama kalinya baca karya Kincirmainan. Setelah sebelumnya banyak bookstagram yang baca. Kebanyakan dari mereka tanggapannya positif. Akhirnya, ketika akun Gramedia Digital merekomendasikan buku ini juga. Saya pun tertarik membacanya.

Kesan saya waktu pertama kali merambah halaman pertama. Duh, ini dialognya ringan dan enggak kaku. Sampai membuat saya terbahak-bahak dengan humornya yang tak tampak dipaksakan. Mengalir begitu saja.


Kartu Tanda Buku


Judul : Kenya || Penulis : Kincirmainan || Halaman : 347 || Bahasa : Indonesia || Diterbitkan oleh Bhuana Sastra || ISBN : 9786232160644



The Characters



Kenya : Gadis keras kepala, emosional dan tipe yang manis juga baik. Pengalaman hidupnya akan cowok sepertinya sudah sangat banyak. Jadi, kita tidak akan terkejut dengan gaya hidupnya. Satu hal yang membuatnya sering mengeluh adalah fakta bahwa adiknya bisa lebih sensitif dibanding dirinya. Tidak sedikit teman dekatnya mengatakan dirinya cewe goblok yang sering senewen. Bekerja di peternakan dan memiliki impian untuk bisa berkunjung ke Afrika.


Afrika : cowok yang satu ini adalah adiknya Kenya. Dia tipikal cowok cantik yang mellow. Apa-apa bisa dijadikan alasan untuk ditangisi. Sering diputusin sama ceweknya karena terlalu ribet dan mengurusi hal yang gak penting. Namun, memiliki mulut yang tajam sehingga bisa membuat Kenya yang keras kepala itu tersadar. Komunikasi antara Kenya dan afrika merupakan bagian favorit saya.

Delta : sahabat masa kecilnya Kenya. Yang sangat dicintai oleh Kenya. Cinta yang dipendam sendiri inilah yang merupakan bagian dari konflik berkepanjangan. Sosok yang katanya tampan dan sukses ini adalah seorang penulis buku.

Data : adiknya Delta yang juga tak kalah mantapnya. Memiliki restoran Steak yang harganya bisa bikin kalian miskin hari itu juga setelah bayar. Jago masak makanan lain. Memiliki mulut yang ketus dan bisa membuat Kenya menangis. Seorang Taurus yang bisa menjaga rahasia. Dan mampu membuat Kenya menangis.

Bella : sahabat Kenya sejak masih zaman penjajahan. Keduanya mulai renggang usai pertunangan Bella dengan seseorang yang akan ditembak oleh Kenya. Fakta yang membuat hubungan persahabatan mereka sempat hampir usai.

Nanta : cowok keren yang matanya seperti bintang. Bisa membuat Kenya nyaman seketika karena sosoknya. Sering berada di sekitar tempat dimana Kenya membutuhkan dekapan. Dia lelaki yang juga bisa masak. Namun, lebih nyaman berbicara dengan aku-kamu pada siapa saja.

Andreas : om satu ini termasuk duda keren. Bekerja di perusahaan advertising yang juga merupakan sosok bosnya Nanta. Karena mapan dan tampan, membuat om ini sering nemplok di satu cewek ke cewek lain setiap diajak pesta. Dan, bagi Kenya, om Andreas ini salah satu cowok yang asik diajak tidur meski tanpa komitmen.

Jamal : sahabatnya Kenya di kantor. Bagian IT yang juga merangkap penjaga monitor cctv. Kebaikannya dan perhatian yang dia miliki membuat Kenya mengenalkannya pada seseorang. Sosok yang gemar sekali mengunduh film bokep. Namun, tetap baik dan bukan sosok player.

Plot



Berkisah tentang seorang gadis bernama Kenya. Dia lahir di Afrika. Sementara itu adiknya pun bernama Afrika. Dengan nama yang unik ini, tingkah laku Kenya juga cenderung unik. Dia tidak akan berpikir panjang kalau sudah emosi.

Kelebihan Kenya adalah dia sangat mempertahankan idealismenya. Untuk tidak menjadi perempuan pengganggu hubungan rumah tangga orang lain. Ini karena Kenya mengalami trauma masa kecil. Saat dirinya mengetahui sang Papi memiliki selingkuhan.

Dari pengalaman itulah, Kenya sangat berhati-hati saat menjalin hubungan. Tapi, jangan dipikir pacaran di buku ini ala cinta yang lirik-lirikan saja sudah selesai. Karena, ada banyak adegan ranjang yang membuat novel ini memang khusus Dewasa.

Untuk kalian remaja, silakan tunggu hingga cukup umur. Tenang, kisahnya akan tetap relevan, kok.

Adiknya Kenya bernama Afrika. Antara Kenya dan adiknya ini uniknya bukan main. Afrika lelaki tinggi dan putih, namun memiliki perasaan mellow yang demikian dahsyatnya. Sampai, saking dahsyatnya, pohon di pinggir jalan ditebang pun akan ditangisi olehnya.

Kehidupan Kenya yang bekerja di peternakan. Merupakan awal langkahnya untuk menggapai apa yang diimpikan olehnya. Ia ingin seperti papinya yang juga sesama pencinta hewan.

Pada kehidupan Kenya, dia bolak-balik berhubungan dengan A sampai Z. Mungkin, akan ada yang berprasangka kalau perempuan ini termasuk nakal. Maka dari itu, kedewasaan pembaca sangat dibutuhkan dalam menilai. Ada sisi real dalam setiap fragmen kisahnya.

Kita tidak bisa menutupinya dengan mengatakan bahwa ini adalah fiksi. Karena, apa yang terjadi di dunia nyata pun sebenarnya sudah jelas.

Dan, yang menjadi konflik di sini, bukan hanya rahasia masa lalu saja. Tapi, lebih banyak konflik asmara yang dibumbui dengan konflik lain yang sukses bikin kita berdehem, "bangsat...hidup gw udah ribet kenapa dibikin runyem sama buku ini."

Conclusion


Bagian paling saya sukai adalah dialognya. Bagaimana interaksi Kenya dengan tokoh lainnya ini cukup bagus. Karena, kekuatan karakter Kenya yang bebas dan keras kepala.

Meski ketika berhadapan dengan Data di malam tahun baru. Saat itu saya sudah bisa menebak apa yang akan terjadi. Tapi, ada bumbu plot twist yang bikin melongo. Percayalah, bukan hanya Kenya yang akan melongo, saya juga soalnya.

Novel ini juga memuat kisah hubungan asmara yang lumayan njelimet. Sampai saya berpikir, ini ribet amat sih mereka. Tapi, setidaknya kita bisa mengambil kesimpulan di akhir karena sampai Epilog pun happy ending.

So far, saya ingin mencoba membaca karyanya kak Kincirmainan. 

0 Comments