The Casual Vacancy : Perebutan Kursi Kosong Dan Kisah Keseharian Warga Pagford

January 10, 2018

The Casual Vacancy : Perebutan Kursi Kosong Dan Kisah Keseharian Warga Pagford






Barry Fairbrother meninggal di usianya yang baru saja menginjak 40 tahun. Kepalanya sempat terasa sakit saat dia baru saja mengirimkan artikel ke sebuah surat kabar. Kemudian mengajak istrinya untuk makan malam bersama. Pasalnya, sejak dirinya menjabat menjadi anggota dewan di Pagford, tentunya waktu bersama dengan istri dan anak-anaknya harus rela terkuras demi warga di Pagford. Barry merupakan seseorang yang berjuang demi keberlangsungan hidup orang-orang di Fields.

Sementara itu, kematiannya yang mendadak akibat penyakit yang pernah diderita oleh anggota keluarganya yang lain. Menjadi bahan perbincangan yang cukup lama di antara warga Pagford. Ada beberapa orang yang bersedih seperti Marry - istrinya, anak-anaknya, Gavin sang asistennya di tempat Barry bekerja, hingga Krystal Weedon seorang anak perempuan yang lahir dan tinggal di Fields.


Kartu Tanda Buku

Judul : The Casual Vacancy
Penulis : J.K Rowling
Halaman : 596
Cetakan I, November 2012
Versi : Buku Hardcover
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Penerbit Qanita (Imprint Mizan Pustaka)
ISBN : 978.6029.2256.86
Rating : 5/5


***

Kisah dalam novel The Casual Vacancy ini terbentuk dari cerita kehidupan sehari-hari warga Pagford dan Fields. Benar-benar kehidupan mereka sehari-hari, dari mereka bangun tidur hingga kemudian malam menjelang. Semua mengisi bagian-bagian dalam cerita hingga tampak seperti puzzle yang kemudian menjadikannya satu cerita utuh yang berbentuk novel.


Casual Vacancy / Kekosongan Jabatan Dianggap Terjadi :
(a) ketika seorang anggota dewan tidak bisa hadir untuk menerima pelantikan jabatannya dalam kurun waktu yang sudah ditentukan; atau(b) ketika surat pengunduran dirinya disetujui; atau(c) ketika ia meninggal dunia...
Charles Arnold - BakerLocal Council Administration,Edisi Ketujuh


Barry Fairbrother, seorang lelaki yang penyayang, lucu dan mudah menempatkan dirinya di antara orang-orang yang berada di Pagford. Project yang baru saja dia selesaikan adalah membuat tim dayung di sekolah yang terletak di pinggiran Kota Yarvil, St. Thomas. Hal yang membuat tim ini berbeda yaitu keberadaan Krystal Weedon, seorang anak yang lahir dan tinggal di Fields, dengan kondisi seorang Ibu yang tengah menjalani rehabilitasi narkoba. Namun, keyakinannya akan perubahan di masa mendatang bagi Pagfords dan Fields ini membawa pertentangan tersendiri bagi beberapa warga yang tinggal di Pagford.


Pagford merupakan daerah yang bersinar dengan kebajikan moral, pemandangan yang indah disertai bukit-bukit kecil yang mengelilingi rumah-rumah mungil, terdapat sungai yang mengalir deras dan pepohonan yang berjajar dengan rapi. Menampilkan siluet megah sebuah biara yang berada di atas bukit. Pemandangan ini disesuaikan juga dengan perilaku setiap warganya yang harus tampak terhormat serta anak-anak mereka yang terdidik.

Sementara itu Fields, merupakan mimpi buruk bagi banyak orang, dimana dapat ditemui jendela-jendela yang tertutup tripleks serta penuh dengan coretan kata-kata jorok. Anak-anak yang tidak bersekolah dan nongkrong sambil merokok. Tidak hanya itu, banyak dari mereka yang adiksi terhadap narkoba hingga free sex. Lingkungan di Fields dikenal sebagai daerah kumuh yang diisi dengan anak-anak berandalan.

Asisten Barry, Gavin, yang mengurus banyak hal paska kematiannya. Dari mengurus surat-surat hukum hingga surat kematiannya sampai pemakamannya. Gavin juga dengan rela menemani Marry dan memastikan agar wanita itu mendapat cukup makan dan minum tanpa melupakan dirinya sendiri. Wajar saja, Marry adalah istri dari sahabatnya yang tengah berduka, sehingga membuat Gavin merasa harus menemaninya. Meski dirinya harus bertengkar dengan Kay - pacarnya - setiap hari hanya karena dia tak lagi sempat menemui pacarnya itu.

Sedangkan Kay, seorang petugas dinas sosial yang akhirnya harus menangani kasus keluarga Weedon karena Robie berkali-kali tidak masuk sekolah. Satu hal yang harus dia lakukan adalah mengunjungi rumah tersebut dan memastikan bahwa Terri tidak menyakiti Robie dan juga tidak sedang menggunakan heroin lagi. Meski kemudian faktanya, Terri ditemui oleh Kay dalam keadaan mabuk. Padahal dia merupakan pasien pusat rehabilitasi pengobatan bagi para pecandu narkoba.

Fakta selanjutnya adalah Terri merupakan ibu dari Krystal Weedon yang satu sekolah dengan anaknya - Galia. Dimana Krystal-lah yang mengurus adiknya selama ini, karena Terri kerap tertangkap masih menggunakan narkoba. Kasih sayang Krystal pada Robie memang sangat besar, bahkan dia sangat menjaga Robbie agar tidak terkena damprat Terri ketika ibunya itu sedang dalam kondisi 'ngefly'.

Hal yang sering membangkitkan amarah Krystal adalah Terri masih saja menerima penitipan barang dari Obbie dengan bayaran sebungkus heroin. Jika ibunya masih terus-terusan seperti ini, peluang Terri merawat Robbie akan hilang. Tidak hanya itu, kemungkinan besar, ibunya itu akan dikeluarkan dari pusat rehabilitasi yang gratis untuk warga Fields. Dimana pembiayaan dari pusat rehabilitasi ini merupakan hasil dari kontribusi warga Pagfords.

Di sekolah St. Thomas, ada banyak anak-anak lain yang memiliki permasalahan sendiri-sendiri khas anak remaja. Seperti Andrew Price yang mengalami jatuh cinta pertama kali pada Galia, namun dia berusaha menyembunyikannya. Sementara kehidupannya di rumah juga tidak nyaman dan tentram karena sang Ayah kerap kali memukulnya bahkan mengancamnya. Tidak pernah dia temukan sang Ayah berbicara dan bersikap ramah pada Andrew, juga pada istrinya Ruth Price. Kehidupannya yang seperti ini membuat Andrew menghabiskan banyak waktu di luar rumah bersama dengan sahabatnya : Fats.

Fats merupakan anak kepala sekolah St. Thomas, dimana Ibunya juga bekerja di sekolah tersebut sebagai Guru Konsul. Setiap hari dia akan berangkat bersama dengan kedua orangtuanya. Sering dirinya mendapati teman-teman lainnya menggoda dengan makian yang kerap dibalasnya tanpa ampun hingga mereka tidak dapat membalasnya lagi. Namun, perilaku Fats yang tak dapat diterima oleh Andrew adalah Fats sering mem-bully Sukhvinder, bahkan melabelinya dengan Gadis Berkumis.

Kenakalan Fats sebagai bentuk protes dari kehidupannya yang harus selalu menuruti peraturan dan perintah dari sang Ayah. Apalagi kedua orangtuanya memiliki status yang sangat disegani di sekolah dan di tempat tinggal mereka. Inilah sebabnya Fats mencoba untuk terus berbuat nakal demi merasakan kehidupan yang berbeda, hingga memutuskan menggoda Krystal Weedon.

***

Tema terbesar dari buku The Casual Vacancy ini sudah bisa ditebak, dimana kondisi warganya berebut untuk mengajukan diri sebagai pengganti Barry usai kematiannya. Namun, di luar dari perebutan ini, ada banyak karakter yang mengisi cerita melalui kehidupan mereka sehari-hari. Tidak hanya terfokus tentang mereka yang ingin mengganti posisi Barry, tapi juga setiap penduduk Pagfords dan Fields yang menjadi satu kesatuan cerita.

Meski saya merasakan kesulitan untuk masuk ke dalam cerita saat mencapai bab-bab awal hingga pertengahan. Karena perkenalan banyak tokohnya sampai hal-hal apa yang identik dengan mereka hingga watak mereka, semua berkaitan satu sama lain dan cukup menguras tenaga untuk mengingatnya agar tidak bingung saat mencapai bagian akhir. Juga karena terlalu lambat alurnya, sempat saya dilanda kebosanan mendadak selama membaca novel ini. Tapi, ceritanya yang tidak bisa ditebak sampai twist yang menarik membuat saya tetap menyukai novel ini.

Pada akhirnya, kemudian saya berusaha mencari beberapa buku karya Rowling, selain Harry Potter, untuk saya baca. Kebetulan, saya masih belum memiliki keinginan untuk membaca serial Harry Potter. Jadi, saya memutuskan membaca karyanya yang lain saja untuk berkenalan, siapa tahu setelah ini jadi berhasrat untuk membaca Harry Potter.


No comments:

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.

Powered by Blogger.