Skip to main content

Max And The Cats : Sisi Lain Dalam Diri Manusia

Max And The Cats : Sisi Lain Dalam Diri Manusia

Book review


Kesan saya pertama kali usai menyelesaikan buku ini : ini buku yang berisi kumpulan kisah dan tulisan dari buku lain. Jadi, semacam cerita atau fakta yang sudah beredar secara luas kemudian dirajut kembali ke dalam kisah hidup seorang tokoh bernama Max. Kisah dan fakta yang ada bukan hanya dari satu penulis, tapi dari banyak penulis. Beberapa bagian mengingatkan saya pada buku-buku yang pernah dibaca, meski kemudian membuat says bertanya-tanya, bagaimana dengan bagian yang lain? Dari buku mana sajakah itu?



Kartu Tanda Buku


Judul : Max dan Kucing-kucing
Penulis : Moacyr Scilar
Halaman : 100
Alih Bahasa : Djokolelono
Format : Ebook Gramedia Digital
Bahasa : Indonesia
Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 9786020620459


Max seorang anak yang cenderung penakut. Rasa takutnya yang berlebihan sering membuat Ayahnya marah besar. Ibunya Max, seorang wanita yang romantis dan puitis. Kehidupan masa mudanya ia lepaskan demi menikah dengan Hans, ayahnya Max, agar bisa merasakan romansa yang sesungguhnya. Sayang beribu sayang, yang didapat oleh wanita itu justru teriakan kemarahan yang membuat Ibunya Max sering tertekan.

Gudang tempat penyimpanan barang-barang jualan Ayahnya Max adalah tempat favoritnya. Dia bisa menyendiri di tempat itu tanpa diganggu oleh apapun. Kemudian, menghabiskan waktunya dengan membaca buku-buku. Di gudang itu pula untuk pertama kalinya Max merokok hingga berhubungan badan. Gadis penjaga toko yang menjadi wanita pertama yang mengajarkan tentang segala hal. Frida namanya, gadis yang masih terus ditemuinya meski dia telah memiliki suami.

Suatu ketika, Max menawarkan pada Ayahnya agar dia yang membantunya menjaga toko. Namun, ditolak oleh sang ayah yang justru memintanya agar meneruskan sekolah ke perguruan tinggi dan mendapat pekerjaan yang baik. Di sinilah Max bertemu dengan Harald, pemuda yang tampak seperti kembarannya.

Latar cerita kisah Max ini diambil kala Nazi tengah mencoba menjadi penguasa dunia. Tekanan demi tekanan yang mendominasi kondisi pada masa itu sering membawa rasa takut bagi sebagian orang Yahudi. Tidak terkecuali Harald yang kemudian hari menjadi stress dan seperti orang gila, dia berteriak di rumahnya dan mengatakan bahwa ada seorang Nazi berada di depan rumahnya.

Kondisi Harald yang telanjang, bersembunyi di belakang meja besar kemudian berteriak. Ini membawa ingatan saya pada tulisan Franz Kafka yang berjudul Metamorfosa Samsa. Entahlah, mungkin karena kondisi Harald yang telanjang dan seperti binatang liar ini yang membuat saya teringat pada Samsa.

Kembali lagi pada Max, sewaktu kecil karena dia sering menghabiskan waktunya di toko ayahnya. Dia jadi terbiasa dengan bulu-bulu binatang yang dijadikan mantel oleh Ayahnya. Yang paling disukai adalah bulu harimau atau singa, bagi Max bulu mereka sangat menenangkan. Tak hanya itu, Ayahnya Max bahkan memiliki Kepala Harimau Benggala yang didapat saat ia berburu di India.

Max dan keluarganya adalah orang Yahudi. Yang suatu ketika, ketakutan Harald menjadi kenyataan. Anggota Nazi mencari Max! Frida adalah orang pertama yang memberikan peringatan padanya. Kemudian, saat dia hendak pulang ke rumah, Ibunya sudah berdiri di depan gang dan memberitahu Max agar tidak pulang ke rumah karena ada anggota Nazi yang tengah menanyai ayahnya.

Sungguh malang nasib Max. Apalagi karena kapal yang sebelumnya direkomendasikan oleh Frida agar Max melarikan diri ikut dengan kapal tersebut sudah berlayar jauh. Dan dia memaksa untuk ikut kapal Germania yang menurutnya cukup aneh. Keanehan tersebut mendapat jawabannya ketika Max ditinggal oleh semua awak kapal dimana kapal tersebut hampir tenggelam. Tinggallah Max yang harus menyelamatkan dirinya sendiri.

Baiklah, di sini Max berhasil menyelamatkan diri. Kemudian mengalami pengalaman yang kembali mengingatkan saya pada buku lain berjudul The Life of PI. Dimana dia merasa kaget karena selama terombang-ambing di lautan, dia ditemani oleh seekor Jaguar. Dimana saat dia terempas dan pingsan, dia tak lagi melihat Jaguar tersebut.

Dalam kehidupannya di tempat yang baru, Max sempat bertemu dengan banyak orang di tempat tersebut. Di sini pula secara tersirat mengingatkan saya pada teori yang ditulis oleh Sigmund Freud mengenai Ego, Id dan Superego. Dimana dalam kisah Max, ketiga hal tersebut menjadi sosok tokoh yang berasal dari cerita legenda.

Scliar adalah penulis yang berasal dari Brasilia. Tulisannya tentang Max yang dan kucingnya serta kehidupannya di negeri lain ketika perang berkecamuk dikemas dengan sangat sederhana. Setiap kalimat demi kalimat disusun tanpa berbelit-belit. Sehingga pembaca yang baru pertama kali mengenal karyanya tidak terlalu kesulitan menyelami dunianya. Faktanya, Scliar ini termasuk dalam jajaran sastrawan yang cukup dikenal karena pernah mendapat penghargaan kesusastraan di Brasilia.

Yang saya tangkap dari kisah ini yaitu ada sisi buas (gelap) dalam diri manusia yang terkadang tidak disadari dan sering menggerakkan sesuatu dalam dirinya. Sehingga, dia seolah tak lagi memiliki kendali dalam dirinya.

Comments

Popular posts from this blog

Zone by Jack Lance | Book Review

Sewaktu Jack Lance datang ke Indonesia atas undangan Bhuana Tim. Promosi yang disebarkan secara besar-besaran itu menyebutkan sesuatu. Kalau Jack Lance ini, ibaratnya sosok Stephen King dari Belanda. Terbukti dari banyaknya buku beliau yang sudah dialih-bahasakan. Selain itu, buku-bukunya juga sudah banyak diadaptasi ke dalam film.

Kehadirannya juga dirayakan sebagai bagian kerjasama Bhuana dengan beliau. Karena, novelnya berjudul Zone ini diluncurkan dalam Bahasa Indonesia. Mengundang beberapa anggota dari banyak komunitas. Membuat acaranya tentu meriah. Apalagi, konon ada iming-iming mendapat novel dari penerbit. Siapa yang menolak?

Nah, berhubung momen tersebut sudah berlalu cukup lama. Saya akhirnya bias mencicipi karyanya. Sambal mencari tahu, apakah benar beliau setara dengan Stephen King. Kali ini, bukunya berjudul Zone yang saya baca. Jadi, apakah ada perbedaan atau persamaan, akan saya bahas sebentar lagi.

Saya ingin menyeritakan sedikit apa yang tertulis di bagian belakang …

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam

Novel Infinity Karya Mayang Aeni : Konflik Rumit Keluarga Hingga Luka Yang Terpendam


"Petra punya nyokapnya buat ngobatin luka." ~ (Pg 133 - Infinity)

Cerita dalam novel Infinity yang baru saja saya selesaikan ini, sebenarnya memiliki alur pertemuan dua remaja yang sudah terlalu sangat umum. Dari model bad boy kemudian berubah menjadi good boy karena cewek. Dimana pada awalnya si cewek ini sosok utama bullying si cowok dan gengnya.

Seperti pernah teringat cerita serupa dari film-film yang beredar? Sama! Sebab itu saya sempat mencibir kalau novel ini sepertinya tidak ada yang bisa saya bahas dan ada kemungkinan tidak mungkin saya tulis dalam satu tulisan utuh. Eh, tapi ternyata, ketika saya baca kembali dengan seksama dengan mengesampingkan hubungan si cowok dan cewek, ada sesuatu loh yang lumayan membekas.

Sesuai dengan kutipan di atas, merupakan dialog Bani seorang lelaki yang menjadi anggota geng The Fabs. Cowok inilah yang menjadikan Dinda sebagai objek bullying, itu karen…

The Ghost Bride (Pengantin Arwah)

The Ghost Bride - "Pada suatu malam, ayahku bertanya apakah aku mau menjadi pengantin arwah..."

Li Lan, putri tunggal sebuah keluarga yang bangkrut, mendapat lamaran dari keluarga Lim yang kaya raya dan berkuasa. Namun, calon suaminya adalah lelaki yang telah meninggal secara misterius, dan pernikahan ini dilakukan untuk menenangkan arwah penasarannya. Mengerikan memang, tapi tidak ada jalan lain untuk menjamin masa depan Li Lan.

Setelah kunjungannya ke mansion keluarga Lim, Li Lan mulai dihantui oleh calon suaminya dan dia tidak bisa lagi tidur tenang. Sedikit demi sedikit, Li Lan tertarik ke dunia arwah yang tidak hanya dihuni oleh para hantu lapar dan arwah pendendam, tapi juga para iblis penjaga berwujud banteng. Li Lan harus mengungkap rahasia kelam tentang keluarga Lim dan keluarganya sendiri, jika dia tidak mau terjebak di dunia arwah selamanya.



Detil Buku
Judul : The Ghost Bride (Pengantin Arwah) || Penulis : Yangsze Choo || Bahasa : Indonesia || Terbitan : Oktober 2014