Petualangan di Pulau Suram Karya Enid Blyton

October 23, 2017

Petualangan di Pulau Suram Karya Enid Blyton


Petualangan Di Pulau Suram



Ini adalah buku pertama yang mengisahkan bagaimana awal mulanya Jack dan Lucy-ann bertemu Phil serta Dinah dan juga pertemuan pertama mereka dengan Bill Smugs pada sebuah petualangan yang tak akan pernah mereka lupakan. Bisa dikatakan, Enid mengenalkan para tokohnya di buku ini secara lengkap beserta alasan-alasan yang kuat mengapa akhirnya Jack dan Lucy-ann bisa tinggal berlibur bersama keluarganya Phil.

Meski ada beberapa hal yang membuat saya sedih dari cerita ini, yaitu kondisi Jack dan Lucy-ann, dimana mereka berdua merupakan yatim piatu yang tinggal bersama sang Paman. Penjaga rumah di tempat Paman mereka berdua, tidak menyukai keduanya. Padahal, menurut saya, Lucy-ann bukan anak yang nakal, apalagi Jack dia tidak nakal hanya saja terlalu sering menikmati pikirannya tentang burung-burung, sehingga dianggap nakal.

Apalagi ketika keduanya diputuskan untuk menghabiskan waktu di sebuah tempat untuk belajar, keduanya tak bisa pulang ke rumah sang Paman dengan alasan Paman mereka baru saja kecelakaan dan tak bisa menerima kepulangan Jack serta Lucy-ann. Sungguh, saya sedih membaca cerita di bagian ini. Meski tidak disampaikan dengan cara yang sedih, tapi sukses membuat saya kemudian mendadak mellow.



Kartu Tanda Buku

Judul : Petualangan Di Pulau Suram || Penulis : Enid Blyton || Halaman || Versi : Buku Fisik || Bahasa : Indonesia || Rating : 5/5 || Penerbit : Gramedia Pustaka Utama || ISBN : 9789792277388



Petualangan Di Pulau Seram


Berawal ketika Phil harus menjalani masa liburannya terpisah dengan Dinah. Dia harus menghabiskan hari-harinya dengan belajar dan belajar demi memperbaiki nilainya. Di tempatnya belajar, untuk pertama kalinya Phil antusias dengan Kiki si burung kakaktua yang pernah mengagetkannya. Kakatua ini memang sangat pandai, dia sering meniru - bukan saja suara tapi terkadang perilaku - dari orang sekitarnya.

Di awal pertama, kita akan mengetahui seperti apa Pamannya Jack dari perkataan yang ditiru si Kiki. Ikutserta juga Lucy-ann menemani Jack dalam liburan kali itu. Tapi di mata Phil, bahkan Jack sama sekali tidak keberatan jika adiknya itu terus mengikuti kemanapun Jack pergi. Wajar saja, Lucy-ann hanya memiliki Jack seorang di dunia itu. Jadi, buat saya, ketika Lucy-ann berusaha mengekor kemanapun Jack pergi, merupakan sebuah tanda betapa keduanya sangat dekat sebagai kakak-beradik dan saling menjaga.

Kedekatan keduanya membuat Phil berpikir tentang Dinah, adiknya. Yang saat liburan tengah menghabiskan waktu bersama Bibi Poly di tempat lain. Baik Phil dan Dinah sebenarnya jarang sekali akur, apalagi Dinah termasuk adik perempuan yang cenderung galak. Tapi, Phil juga sangat iseng sehingga sering membuat Dinah marah dan keduanya kemudian bertengkar.

Namun, berada di rumah Bibi Polly juga tidak membuat Dinah merasa senang. Karena di rumah tersebut dia harus membantu Bibinya itu merapikan rumah yang bangunannya sudah sangat tua malah hampir saja roboh. Dinah mengirimkan surat setelah mendapat surat dari Phil, dia menantikan kepulangan kakaknya karena liburan kali itu membuatnya cepat bosan.

Saat tiba waktunya untuk pulang, Phil sangat bersemangat, dia hendak menceritakan betapa pintar Kiki si burung kakatua dan segala hal tentang Jack serta Lucy-ann. Namun, tidak bagi kedua anak Jack dan Lucy-ann yang tak dapat pulang karena pamannya tengah sakit. Bahkan sang paman mengirimkan uang dalam jumlah yang besar pada gurunya.

Sayangnya, Jack tidak menginginkan berlama-lama di tempat itu. Juga sebaliknya, sang guru ingin sekali mereka berdua pergi, karena ketidak-sukaannya pada si Kiki kakatua. Kemudian sebuah keputusan yang mendadak membuat Phil, Jack dan Lucy-ann berangkat dengan kereta untuk pergi ke rumah Bibi Polly.

Di sinilah akhirnya Jack dan Lucy-ann bisa menginap. Meski pada mulanya Bibi Polly tidak setuju dengan keberadaan mereka. Tapi, akhirnya mereka diterima dengan baik. Di tempat Bibi Polly tinggal juga seorang pekerja bernama Jo-jo yang sering menakuti mereka untuk tidak pernah mengintip ke arah Pulau Suram, apalagi mendekat ke pulau tersebut.

Pada suatu siang, mereka semua menemukan sebuah gua yang membawa mereka pada satu ruang. Di sinilah mereka mengerjai Jo-jo dan bertemu dengan Bill Smugs. Petualangan mereka yang nekat menjelajah ke Pulau Suram akhirnya justru membantu Bill mengungkap misteri kejahatan yang sudah berbulan-bulan belum juga selesai.

Dan, buku inilah semuanya berawal, sebuah petualangan yang sempat membuat Jack terpisah. Dan setelahnya saya mengerti bahwa seringkali Jack terpisah tanpa sengaja demi bisa menyelamatkan saudara-saudaranya yang terperangkap.


Tetaplah Semangat Membaca :)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.