Baca Dongeng Misteri Sebelum Tidur. 10 Cerita Pendek Ini Bisa Kalian Nikmati

July 12, 2017


malaikat jatuh clara ng


Suka baca menjelang tidur? Ada beberapa orang yang lebih memilih membaca buku dengan tema yang ringan seperti kumpulan cerita pendek atau dongeng. Alasannya karena lebih mudah selesai, sehingga rasa penasaran enggak membuat insomnia hanya karena penasaran dengan cerita akhirnya. Seperti saya nih, yang sering banget terdistraksi hingga begadang saking ingin sekali mengetahui hasil akhir dari sebuah cerita.

Kalau cerita pendek yang ditulis selayaknya dongeng, kamu suka enggak? Saya suka, apalagi gaya penulisan Clara Ng sudah terjamin kualitasnya. Saya sudah membaca beberapa karyanya, selalu suka karena gaya penulisan mba Clara ini selalu bisa mengikuti tipe buku yang tengah ditulisnya. Misal, buku anak-anak, maka gaya penulisannya ringan. Kalau novel untuk remaja, gayanya juga mengikuti cara bertutur remaja.

Dan yang paling penting, mba Clara ini seorang story teller sejati! Soalnya, saya enggak mendapati rasa bosan selama membaca bukunya. Seperti buku berjudul Malaikat Jatuh yang saya baca melalui aplikasi Scoop. Awalnya, saya pikir ini merupakan dongeng anak-anak yang riang, gembira dan bahagia. Tapi, siapa sangka? Ternyata sampul buku bisa menipu!





Kartu Tanda Buku


Judul : Malaikat Jatuh || Penulis : Clara Ng || Halaman : 179 || Cetakan kedua, Februari 2009 || Bahasa : Indonesia || Versi : Ebook Scoop || Penerbit : Gramedia Pustaka Utama || ISBN : 9789792239355 || Rating : 5/5



Dongeng-dongeng Kelam Di Suatu Tempat


Menikmati dongeng dalam sebuah dongeng, seperti cerita berbingkai yang merupakan ciri khas dari dongeng itu sendiri. Sebuah cerita yang bercerita, demikianlah yang membuat saya terjerat pada buku ini ketika bertengger di etalase bertuliskan SALE. Sungguh, saya tidak menyangka akan mendapati sebuah dongeng tentang seorang anak yang memiliki sayap yang patah. Dialah malaikat yang jatuh ke bumi dan hanya memiliki satu sayap saja.

Konon, karena kekuatan ajaibnya, banyak orang mengincar semua hal tentangnya. Hingga suatu ketika seorang perempuan yang memiliki rahasia hidup lama, kembali mencari malaikat jatuh demi satu tujuan. Demi mempertahankan cintanya. Berjudul Malaikat Jatuh yang kemudian dijadikan judul yang mewakili 10 cerita pendek pada buku ini, memang kisah ini cukup membuat saya penasaran. Kisah yang pada mulanya saya pikir ini akan menjadi kisah tentang perjalanan bahagia.

Tapi, di cerita-cerita berikutnya, terutama yang berjudul Negeri Debu. Saya mendapati sebuah kesepian yang mendadak menyayat, pengabaian dan pengharapan pada sebuah kehadiran. Siapa yang bisa menyangka, bahwa imajinasi bisa sekuat itu menguasai seorang gadis kecil hingga dia bisa selamat dari sesuatu. Atau ketika saya membaca cerita lain berjudul Barbie, ah ini kalau saya membaca secara terpisah, bisa saja saya menganggap ini kisah tentang Barbie yang kesepian dan dia kemudian mendapat pasangan dan bahagia selamanya. Nyatanya, di balik sebuah toko mainan, tersimpan sebuah cerita kelam tentang akhir kehidupan.




Tempat lain yang menjadi latar novel ini bernama Uluwatu, bukan sebuah tempat yang sering terdengar kan? Ini karena Clara menyiptakan tempat yang bisa membawa imajinasi kita berterbangan ke tempat lain, namun tanpa mampu meninggalkan kesan setelah membaca cerita-ceritanya. Hingga membuat pembaca tetap berpikir dan kenangan pada cerita tersebut menjejak dengan baik bagai pasir yang dalam membentuk jejak.


malaikat jatuh clara ng



Cerita-cerita Yang Menakjubkan


Menakjubkan, karena ditulis dengan sepenuh hati, penggunaan kata yang memerpakaya diksi serta narasi yang begitu menyenangkan hingga tak terasa sudah mencapai bagian akhir dari buku ini. Membaca cerita pendek memang menyenangkan, tapi tidak banyak cerita-cerita pendek yang meninggalkan jejak begitu dalam. Kelamnya, sedihnya serta pertanyaan-pertanyaan kerap masih muncul bahkan sebelum mata ini tertutup meski kantuk datang.

Cerita-cerita ini memang menakjubkan karena memberi warna baru bagi dongeng yang ternyata masih identik dengan cerita rakyat. Ini setelah saya gaungkan ke beberapa kawan, yang kemudian mendapat tanggapan bahwa dongeng itu yaa cerita rakyat. Sungguh, saya tak mampu berdebat apalagi ingin mendebat pernyataan itu. Sudahlah.




Bahwasannya kemampuan bercerita itu bakat yang tidak semua orang miliki. Mampu membuat pembaca ikut mengalir bersama ceritanya, tanpa mendebat apa yang ada di dalamnya, kemudian menyelesaikan cerita dengan menghela napas karena lupa apakah sejak tadi bernapas atau tidak. Ini karena membaca dongeng Clara Ng bisa menghipnotis hingga meninggalkan dunia yang menjejak di sini, kemudian berkelana ke tempat lain yang pernah disinggahi olehnya.

Sejauh ini, kerap saya masih membaca ulang beberapa bagian cerpen, terutama bagian terakhirnya. Yang justru meninggalkan kesedihan yang tak terkira. Berikut ini daftar 10 cerita yang mungkin pernah kalian baca di media cetak.


2. Negeri Debu
3. Makam
4. Di Uluwatu
5. Lelaba
6. Hutan Sehabis Hujan
7. Akhir
8. Barbie
9. Bengkel Las Bu Ijah
10. Istri Paling Sempurna





Selamat Membaca!









  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. memang ada yag suak kumcer ya dana da yang gak suka

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.