The Witch's Guide to cooking with children

August 18, 2015



Judul : The Witch's Guide to cooking with children
Penulis : Keith McGown
Halaman : 186
Penerbit : Gramedia
ISBN ; 9789792285505



Hansel und Gretel legten sich hinein und meinten, sie waren im Himmel. ~ 1857



Dibuka dengan naskah asli cerita Hansel dan Gretel, Keith MCGown menjadikan kisah tentang nenek sihir pemakan anak-anak seakan nyata. Ikut berkembang dengan dunia. Sehingga ketika ternyata menurut silsilah, Mr. Blink dan Mrs. Blink merupakan satu keturunan yang sama, yaitu orang tua yang mengusir anak-anak, mereka juga mengusir Sol dan Connie.


Banyak rahasia yang disimpan pada setiap tokoh. Rahasia yang berkaitan dengan rahasia yang lain. Namun, kehidupan Sol sang 'ilmuwan edan' serta adiknya Connie, mengalami petualangan saat pindah ke tempat yang baru. Terlebih saat teka-teki tulang yang dibawa oleh anjing milik Holaderry cocok dengan tulang yang ada dalam buku di perpustakaan.


Anak-anak yang dibuang adalah anak yang kurang membanggakan orang tua. Meski ada beberapa yang pandai, atau seperti Sol dan Connie, hanya karena mereka akan mewarisi sejumlah kekayaan, sehingga membuat Mr.Blink gelap mata dan mengusir secara tak langsung Sol dan Connie.



Tapi, apa iya anak sepandai Sol kemudian tetap menjadi santapan sang Penyihir ? Sementara Sol merupakan anak yang cerdas. Meski Connie lebih cerdik darinya. Tapi, mereka saling menjaga satu sama lain. Layaknya kakak dan adik yang rukun.

Ada beberapa ilustrasi yang disertai dalam novel ini. Ilustrasi dari Yoko Tanaka yang diselipkan pada beberapa bagian bab. Ilustrasi yang terkesan 'dark' sehingga memperkuat imaji tentang cerita yang mendebarkan. Kalau untuk ukuran remaja, memang novel ini pas sekali.


Nah, di Indonesia ada mitos kalau anak-anak yang bermain hingga maghrib dan menolak untuk pulang saat dipanggil. Nanti akan diculik oleh 'Kolong Wewe'. Entah darimana asal usul mitos ini. Tapi, di novel Witch's guide, sang penyihir memang menculik anak-anak yang berkelana hingga petang. Menculik mereka yang terlalu malas berjalan karena terlalu banyak makan dan sulit bergerak.

Saya akan mengutip satu adegan ketika Sol dan Connie diajak ke bioskop.


Jantung Sol dan Connie serasa nyaris copot. Ini dia! Ini salah satu kotak 'pengiriman' anak-anak milik Holaderry; kotak itu terpampang persis di depan mata mereka. Sewaktu mereka masih memandanginya, si babysitter pelan-pelan membalikkan badan ke arah mereka. ~ hal 135


Hmm....penyihir ini memang hidup sudah ratusan tahun. Sehingga dia tahu seluk beluk anak-anak. Sangat tahu sehingga setiap anak tidak akan menaruh curiga padanya.


Bagi kamu yang menyukai novel-novel remaja, jangan lewatkan buku ini. Beberapa adegan yang mendebarkan justru mengingatkan saya pada novel Bibbi Bokken karya Jostein. So far, saya benar-benar menjadikan buku ini favorit saya.



See ya !



  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.