Cerita Dongeng Fabel Anak Kaya Pesan Moral dan Nilai Kehidupan

Buku dongeng fabel

Dongeng merupakan media yang sudah turun temurun diwariskan oleh leluhur kita, sebagai media untuk menyampaikan pesan, nasehat hingga peringatan. Melalui tutur cerita yang dikemas entah berbentuk legenda, kisah peristiwa, kisah nyata, pengalaman maupun dongeng fabel.

Semua ditujukan untuk menyampaikan satu pesan yang justru bisa mengendap dalam waktu lama di ingatan manusia. Dongeng atau cerita tak hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Orang dewasa juga masih membutuhkannya.

Karena, nasihat dan peringatan hingga pesan moral yang paling mudah diterima. Adalah yang melalui media menyenangkan. Media yang tak membebani pendengarnya. Dan media tersebut yaitu dongeng.

Cerita anak


Buku Dongeng Fabel Bermuatan Peribahasa

Ada berapa banyak peribahasa yang masih diingat sampai saat ini? Apakah bisa menyebutkan peribahasa beserta artinya secara jelas?

Pada jaman dahulu, peribahasa disampaikan oleh para tetua kepada anak mereka. Namun, anak masa sekarang, seringkali tidak mendapatkan nasihat yang dikemas dalam peribahasa. Sebab, kebanyakan orang dewasa saat ini bahkan sudah tak begitu ingat dan mulai abai dengan peribahasa di kehidupan sehari-hari.

Kelanggengan sastra dan peninggalan bahasa dilengkapi budaya terletak dari seberapa rajin dan mau, orang dewasa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kalau anak, remaja, dewasa muda dan dewasa hingga orangtua saat ini masih menerapkannya, tentu tak perlu khawatir peribahasa ini akan terlupakan.

Tapi, jika faktanya sudah mulai berkurang. Hingga saat anak-anak bertanya tentang peribahasa beserta artinya. Kemudian, orang dewasa di dekatnya tidak memahami. Tentu ini menjadi peringatan yang cukup, bahwa sudah semestinya bahasa dan budaya kembali digaungkan agar terus diingat hingga generasi mendatang.

Salah satu caranya adalah dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Atau memberikan, membaca dan menyiarkan buku-buku berisi budaya dan bahasa dalam masyarakat.

Seperti buku dongeng yang baru saja selesai kubaca ini. Dongeng yang dikemas dalam bentuk fabel, berupa cerita tentang binatang, dengan pesan moral yang disampaikan dalam bentuk peribahasa. Dan dikemas dengan kalimat berima yang cukup menyenangkan dan unik.

Buku ini, bisa dijadikan buku pendamping bagi anak terutama mereka yang masih sekolah dasar. Beberapa muatan materi di buku tematik, masih berisikan pelajaran tentang peribahasa. 

Dan buku ini bisa membantu anak belajar dengan mudah. Karena, disampaikan dalam bentuk dongeng dan artinya agar anak bisa paham.

Buku dongeng


Membaca Dongeng Sebagai Quality Time 

Buku berisi kumpulan dongeng ini bisa dibaca anak, remaja maupun dewasa. Bahkan, dengan menemani anak atau keponakan atau murid selama membaca buku dongeng fabel ini. Bisa menjadi quality time sambil menjelaskan pada mereka saat ada bagian yang kurang mereka pahami.

Membacakan bagi anak-anak yang belum bisa membaca juga cukup bagus. Memberikan pemahaman sejak dini mengenai perilaku dasar dalam kehidupan sosial dan masyarakat. Melalui cerita dalam dongeng fabel ini. Sekaligus mengenalkan anak tentang peribahasa yang nantinya akan memudahkan mereka memahami lebih lanjut.


Kartu Tanda Buku

Judul : Dongeng Fabel Nusantara

Penulis : Ietje S Guntur, dkk

Halaman : 176

Bahasa : Indonesia

Format : Fisik sampul Hardcover

Terbit : 2023

Diterbitkan oleh Penerbit Elfa Mediatama


Dongeng Fabel Berima dan Peribahasa 

Buku yang kuterima dan selesai kubaca ini memiliki sampul keras alias hardcover. Memberikan kemudahan bagi anak-anak saat menggenggamnya sehingga tidak mudah lecak atau kotor.

Selain itu, seluruh buku ini dipenuhi ilustrasi yang membuat momen membaca jadi semakin menyenangkan. Hingga tak terasa selesai dengan cepat.

Penyampaian dongeng berimanya juga sederhana. Padat. Jadi, tidak menyulitkan anak-anak yang belum terbiasa membaca teks yang penuh.

Ditambah, gaya penulisannya yang menyenangkan sehingga pembaca akan mudah memahami maksud atau pesan yang ingin disampaikan.

Buku kumpulan dongeng ini ditulis oleh banyak penulis sekaligus. Namun, nuansa dan rasa yang ada tetap sama. Tidak ada perbedaan sama sekali. Selain itu, cerita di dalamnya juga dikemas dengan bantuan dari psikolog yang juga berprofesi sebagai dosen serta penulis. Karya Ibu ietje sudah cukup banyak. Mulai karya fiksi seperti dongeng maupun nonfiksi hingga karya ilmiah.

Kumpulan dongeng ini wajib dimiliki karena bisa menjadi buku pendamping belajar bahasa Indonesia. Sekaligus buku yang bisa memudahkan anak memahami kehidupan baik sosial di pertemanannya, keluarga hingga masyarakat lingkungan terdekat.

Melalui dongeng tentu semua pesan moral akan mudah tersampaikan dan mudah diterima. Karena itu, akan sangat disayangkan kalau buku ini tidak dimiliki.

Bagi yang ingin memilikinya sendiri untuk di rumah atau ingin memberikannya dalam bentuk hadiah. Bisa memesan melalui Direct Message atau DM Instagram @ihanahamdi atau langsung WA ke +351 961816723 (Hana).


Dongeng fabel


Postingan Terkait