-->

Review Buku The Cringe Stories Dan Giveaway

 The cringe stories

The Cringe Stories adalah kumpulan sembilan cerita pendek yang memiliki plot twist di setiap ceritanya. Buat yang suka banget sama cerita yang punya alur mengalir dan enak dibaca. Coba deh, baca buku ini.


Biar punya kesempatan untuk baca buku karya kak Rijo Tobing ini. Pembaca bisa ikutan giveaway. Hadiahnya satu buku The Cringe Stories dan saldo ovo 50rb. Yuk ikutan yuk.


Sebelum ikutan, daku mau cerita sedikit tentang beberapa cerita yang tersimpan dalam buku ini. Disertai opiniku tentang ceritanya. Kisah - kisah di dalamnya, enggak memunculkan rasa ngeri. Tapi, bikin pembaca jadi curiga dan bertanya-tanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Biar enggak penasaran, yuk baca ulasanku sampai tuntas.



Kartu Tanda Buku


Judul : The Cringe Stories

Penulis : Rijo Tobing

Halaman : 165

Format : Buku Cetak

Bahasa : Indonesia

Diterbitkan secara mandiri

Pembelian buku di http://Bit.ly/SkyBooks



Pisau


Cerita pendek pertama yang mengisahkan tentang Ibu dan anak yang sedang mencari rumah. Ibunya hendak membeli rumah dan mendapat informasi dari seorang sepupu. Momen mencurigakan sudah bisa dirasakan karena selama pembicaraan, sang pemilik rumah sama sekali tak mengeluarkan tangannya dari saku celana. Klimaks yang mengejutkan pun terjadi saat mereka membuka ruang kamar pribadi ketika berkeliling melihat kondisi rumah.


Saat membaca cerita pertama. Aku memang tak merasakan kengerian seperti yang dirasakan sang tokoh. Tapi, aku bisa mengatakan kalau sang Ibu ini aneh dan terlalu baik. Karena, masih sempat-sempatnya meminta pertolongan untuk orang lain sementara nyawa mereka berada di ujung tanduk.


Mobil Di Pengkolan


Seorang pensiunan kepala penjara menghabiskan waktu di rumahnya dengan menjaga cucu. Menemaninya bermain hingga menantinya pulang sekolah. Di lingkungan tempat tinggalnya, terdapat mobil tua yang sudah tak pernah dipakai lagi. Konon, milik tetangganya yang sudah menempati komplek rumah tersebut sejak awal berdirinya perumahan itu.


Apa yang terjadi pada novel ini cukup menggelikan. Sebuah kegabutan atau keisengan seseorang yang motifnya enggak jelas. Tapi, bisa membuat heboh satu kampung. Bahkan, mantan penghuni penjara yang dikenal oleh pensiunan kepala penjara ini pun ikut dalam kehebohan tersebut. 


Kehebohan yang diawali dari keisengan semata hingga menjadi kejadian yang menggemparkan.


Handphone


Seorang anak berusia sepuluh tahun. Merasakan bosan ketika bepergian bersama Bapak dan Ibunya. Suasana hujan deras yang membuat jalanan sedikit padat dan tergenang. Membuat Bapak dan Ibunya berdebat. Perdebatannya bukan sesuatu yang penting. Tapi, di sela perdebatan itu, sang Ibu menyampaikan dongeng yang ia ingat. Dongeng yang menggerakkan hati kecil anaknya.


Kasihan. Itu yang pertama kali kurasakan usai membaca cerita pendek berjudul Handphone ini. Karena, untuk anak berusia 10 tahun yang belumlah sempurna kemampuannya memutuskan sesuatu. Harus menuai tragedi yang tak mengenakkan. 


Dongeng memang mampu menggerakkan hati manusia. Mencairkan kebekuan hati dan memberi pesan moral yang mampu dijadikan pembelajaran. Tapi, apa jadinya jika dongeng ditelan mentah-mentah tanpa mengetahui situasi dan kondisi yang nyata? 


Galon


Kisah ini memuat kondisi terkini, yaitu situasi saat pandemi. Berkisah tentang abang pengangkat galon di sebuah toko. Yang merasakan sepinya penjualan. Tak hanya itu, ia merasa risih dengan perilaku pelanggannya yang memperlakukannya seperti bakteri.


Yang biasanya ia akan mengangkat galon ke dalam rumah. Sekarang, tak lagi diperbolehkan masuk. Biasanya ia membantu seorang nenek membuka galon untuk mesin dispensernya. Saat pandemi, ia bahkan tak diperbolehkan untuk masuk.


Hingga suatu ketika, ia mendapat sms berisi pemberian uang untuk penderita covid. Sms yang dikatakan oleh rekan kerjanya adalah hoaks. Justru membuat kang Galon berharap bisa terkena covid agar mendapatkan uangnya.


Gimana ya rasanya ketika harapan terwujud? Harusnya senang, kan? Tapi, harapan kang Galon ini sungguh menyedihkan. Yaa, karena manusia seperti kang Galon ini memang ada di saat pandemi seperti ini.


Cermin


Tentang seorang perempuan simpanan yang memiliki salon untuk Pria dan Wanita. Salon ini sering dikunjungi Oppa Oppa korea yang tampan dan kaya. Membuat pemilik salon berupaya mendekati mereka. Usai lelaki yang menjadikannya perempuan simpanan sebelumnya, tak kunjung kembali.


Jujur, cerita yang satu ini bisa dibilang sesuai dengan labelnya, creepy. Di kisah ini menunjukkan salah satu sifat manusia : keserakahan. Jadi ingat pesan bang Napi : kejahatan bukan karena ada niat pelaku tetapi karena adanya kesempatan. Waspadalah!



Rekening


Buat para Bucin sejati. Jangan sampai enggak baca cerita ini. Ini kisah seorang perempuan yang bisa mengintip kegiatan idolanya dari transaksi yang dilakukan sang idola. Suatu ketika, idolanya ini terjerat kasus narkoba.


Akibat saking bucinnya, ia berusaha membeberkan ke publik. Siapa saja orang yang berada dibalik terkuaknya berita tersebut. Ia ingin sang Idola bebas dan tak dikenakan tuduhan menjadi pengguna narkoba. Namun, sayangnya, justru laporannya menjadi boomerang yang menghancurkan hidupnya.


Duh, ya. Ketika baca cerpen ini. Bener-bener ngangguk terus. Soalnya, banyak kemiripan dengan kasus nyata. Bagaimana penyalahgunaan berita viral yang bisa membuat sang tokoh utama justru terjebak. 



Suara


Ini cerpen favoritku, berkisah tentang keluarga yang sering pindah rumah. Membuat istri dan anak-anaknya tak memiliki sahabat dekat. Hingga akhirnya mereka menetap di Samarinda. Istrinya mulai mewujudkan impiannya dengan ikut serta di kegiatan sosial masyarakat.


Sementara anak-anaknya, berusaha kembali untuk beradaptasi. Cerpen ini bukan aneh gimana-gimana, tapi berisi penyesalan para tokohnya. Aneh mungkin pada kejadian akhir yang dialami tokoh-tokohnya. Tapi, unsur penyesalan ini yang cukup membuat pembaca bisa merasakan bagaimana susahnya menjadi seorang Ibu, saat anaknya membangkang atau tak menurut. 


Dan keanehan lain yaitu sikap sang Ibu. Yang mulai berbeda hingga membuat anak ke dua dan ketiga merindukan ocehannya. Keanehan yang diabaikan oleh anak pertama. Hingga rumah yang dulunya ceria menjadi sepi. Cerita ini cukup sedih.


Gendut


Tentang seorang perempuan yang menolak diet dan olahraga. Dia ingin terus bisa menikmati makanan favoritnya. Karena, sejak masih kecil, ia tak pernah bisa merasakan makanan yang enak dan yang ingin dia rasakan. Sampai kemudian, ketika ia sudah bisa bekerja dan membiayai hidupnya. Ia mulai makan banyak jenis makanan tanpa terbatas. Ia ingin menikmati hidupnya untuk makan. Tapi, sayangnya, keinginannya untuk kurus justru membawa malapetaka. Intinya, hati-hati percaya apalagi memilih teman. Pokoknya waspada selalu, hehe.


Ombak


Cerita tentang seorang perempuan yang kembali ke rumahnya di Pulau Dewata. Ia dijodohkan dengan lelaki berambut pirang dan keturunan warga negara asing. Berusaha membangun keluarga, namun sayangnya justru membawa kematian pada siapa saja yang hadir untuknya. Cerita ini punya plot twist yang enggak terduga.



Review The Cringe Stories


Dalam sembilan cerita yang dimuat di buku ini. Merupakan kumpulan cerita tentang sisi manusia yang terkadang dianak-tirikan. Ada tapi dianggap tidak ada. 


Kak Rijo juga memuat beberapa kritik konstruksi sosial. Seperti dalam cerita Mobil di Pengkolan, kritik ini memuat tentang hak kepemilikan seseorang. Juga memuat mengenai pandangan terhadap orang dengan tubuh overweight.


Dan kisah ini, bukan kisah misteri yang berisi hantu atau horor apalagi thriller. Tapi, creepy di sini maksudnya adalah kisah yang membuat pembaca berpikir mengenai kisah tersebut dan bagaimana kaitannya dengan kehidupan nyata. 


Untuk yang mau beli bukunya. Silakan melalui tautan ini : http://Bit.ly/SkyBooks


Cara Ikut Giveaway The Cringe Stories


1 Memiliki alamat di Indonesia

2. Memiliki akun Instagram dan sudah follow akun @alenaslibrary dan @randomnessinsidemyhead 

3. Sudah komen Done Followed di postingan akun Instagram @alenaslibrary

4. Follow blog http://rijotobing.wordpress.com (opsional)

5. Jawab pertanyaan di bawah ini pada kolom komentar. 


Isikan pada kotak profile komentar : 


Name : nama kalian 

Url : tautan profil Instagram kalian


Pertanyaan : 


"Pengalaman ANEH yang seperti apa yang pernah kalian atau teman kalian alami?"



Jangan lupa juga untuk tetap ikuti Giveaway The Cringe Stories di : 


1 - 7 Maret di https://www.lendyagasshi.com/

8 - 14 Maret di https://keluargahamsa.com


Dan saksikan book launch Buku The Cringe Stories tanggal 21 Maret 2021. Di mana? Pantengin aja terus akun @randomnessinsidemyhead yaa.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter