Obat Malas Dosis Tinggi Buat Kamu Remaja Masa Kini


Obat Malas Dosis Tinggi


Waktu memilih ebook ini di Gramedia Digital, alasannya cukup sederhana. Penasaran dengan apa yang dibahas sama penulis dan apakah akan membawa pecutan semangat pada saya sebagai pembaca. Kebetulan, saya juga tengah merasakan kemalasan yang cukup tinggi.

Buku ini berisi 50 bab yang mana tidak hanya mengajak agar anak-anak dan dewasa menjadi pribadi yang aktif. Tapi, juga dijabarkan bagaimana prakteknya. Seperti apa rupa malas dan apa yang menjadi alasan malas. Narasinya dibuat seperti nada seorang kakak atau orangtua kepada adik atau anaknya dengan menggunakan sebutan, "dik".

Kartu Tanda Buku

Judul : Obat Malas Tingkat Tinggi
Penulis : Khalifa Bisma Sanjaya
Halaman : 368
Format : Buku Digital Gramedia
Bahasa : Indonesia
Diterbitkan oleh Elex Media Computindo
ISBN : 9786020479484

***

Bab pertama menyeritakan tentang persamaan manusia dengan pohon. Dimana pohon yang memiliki daun banyak tapi tidak ada buahnya diibaratkan orang yang hubungan dengan manusianya baik tapi hubungan dengan Allah yang Maha Pencipta tidak baik. Pun demikian dengan perumpamaan pohon yang kering kerontang.

Bab selanjutnya merupakan ajakan untuk aktif bergerak. Nah, buku ini sepertinya juga mendukung Germas agar banyak orang aktif bergerak. Dan beraktivitas secara fisik dalam hal-hal yang positif. Di sini, ajakan kepada pembaca muda dan dewasa untuk memiliki jadual khusus pergi ke majelis ilmu, solat di masjid bagi laki-laki serta berolahraga dan membantu orangtua. Ajakan ini sambil dijelaskan maknanya dan tujuannya. Sehingga, pembaca tidak hanya sekadar menerima bacaan tapi juga mencerna dan memahaminya.

Bab-bab selanjutnya membahas mengenai beberapa kegiatan yang kurang berfaedah jika tidak diiringi dengan kegiatan lain. Kurang bermanfaat jika dilakukan secara berlebihan. Dan, sampai di bab Menunda, di sini dibahas bahwa adanya kemalasan akibat kebiasaan menunda. Serta, bagaimana cara yang mudah agar bisa lepas dari rasa bosan, malas dan sering menunda. Diselipkan juga do'a agar tidak menunda berbuat baik.

Di bab Andalkan Diri Sendiri, Khalifa Bisma Sanjaya mengajak pembacanya untuk percaya dengan kemampuan diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. Karena, memang lebih baik bergantung pada Allah ketimbang pada orang lain. Juga disematkan tips agar bisa menjadi pribadi yang berprestasi dan positif, salah satunya dengan berkumpul bersama orang-orang yang senang belajar serta membuat target dan menunda kesenangan.

Bab-bab berikutnya berisi cerita-cerita dari para pejuang islam. Ada kisah tentang seseorang yang baru bisa menghapal alquran saat usianya tidak lagi muda. Ada pula kisah tentang seseorang yang ketika mati syahid, jenazahnya dimandikan oleh para malaikat. Dan banyak kisah yang bisa dijadikan pelajaran dan pemahaman bagi pembacanya. Tentunya ini bertujuan untuk mempraktekkan teori BELAJAR DARI SANG AHLI.

Namun, saya masih mempertimbangkan lagi, apakah buku ini tidak akan membuat pembaca remaja yang masih pemula kemudian mendadak bosan saat membacanya atau tidak. Begini, narasi yang digunakan penulis masih kental dengan 'dikte' dimana ini memungkinkan adanya penolakan bagi remaja yang sebenarnya butuh dengan materi yang ada di buku ini. Beberapa contoh sebenarnya bagus, tapi, pun ada kemungkinan banyak pembaca merasa aneh dan jemu.

Saya tidak ingin denial, karena bagi saya berusaha untuk menutupi kesan saya saat membaca buku ini akan membuat saya justru tidak mendapat apa yang ingin disampaikan oleh penulisnya. Sebenarnya, dari penjelasan contoh-contoh yang dijabarkan, saya melihat si penulis ingin mengorek sisi manusia. Tapi, gagal. Demikian pendapat saya. Gagal, karena alih-alih mengenal diri sendiri kala malas datang, penulis justru menganggap bahwa malas itu bukan bagian dari manusia.

Begini, kalau ingin mengatakan bahwa kita harus rajin. Bukan berarti tidak ada kata malas. Tapi, menguak bagaimana keberadaan malas itu sendiri dan seperti apa tanda-tandanya juga kiat apa saja yang paling masuk akal untuk lepas dari rasa malas. Kenapa tidak mengenalkan doa yang memang sudah diajarkan oleh Rasulullah sallahualaihiwassalam terkait meminta perlindungan dari sikap malas?

Namun, di balik beberapa hal yang kurang sesuai bagi saya pribadi. Ada hal lain yang cukup menyenangkan. Yaitu, rekomendasi bacaan buat pembaca. Cukup banyak dan beragam. Apalagi, di sini juga dikenalkan dengan tokoh-tokoh terkenal di dunia. Jadi, pembaca bisa mendapat pengetahuan umum sekaligus.

Postingan Terkait