Hari Setelah Kita Jatuh Cinta

December 15, 2016

Hari Setelah Kita Jatuh Cinta
Hari Setelah Kita Jatuh Cinta



Saat membatalkan pernikahannya sendiri, Rasi merasa langit runtuh dan mengubur dirinya di kedalaman bumi hingga mustahil dirinya bangkit lagi. Akan tetapi, Tuhan tidak kehabisan kejutan. Di saat Rasi selesai membenahi hati dan kembali menjalani hidup, hadirlah Reuben. Lelaki itu membuat Rasi berpikir apakah dia hadir sebagai tiket untuk bisa bangkit kembali dan jatuh cinta? Rasi berpikir demikian saat tangan Reuben terulur, menawarkan kebersamaan dan tanpa sadar memberi Rasi mimpi.

Rasi menyerahkan segala kepercayaannya dan menyilakan Reuben masuk pada bagian dirinya yang tidak pernah dibagi pada sembarang orang. Tapi, di saat yang sama, Rasi tahu bahwa Reuben bukan datang padanya sebagai kesempatan untuk kembali jatuh cinta. Reuben justru datang untuk menggenapkan pengalamannya patah hati. Di titik itulah, Rasi terlambat menyadari bahwa penyakit yang selama dua tahun ini susah payah disembuhkan, nyatanya kembali datang. Penyakit yang membuatnya lupa, bahwa patah hati ada untuk dihadapi, bukan dihindari.


Kartu Tanda Buku


Judul : Hari Ketika Kita Jatuh Cinta || Penulis : Halluna Lina || Halaman : 249 || Editor : Septi Ws || Desain Sampul : Teguh || Cetakan pertama, Juni 2016 || ISBN : 9786023755202 || LBABI (Level Buku Ala Bacaan Ipeh) : 1 || Rating : 🌟🌟🌟



Rasi tidak ingin menceritakan cerita cinta yang begitu-begitu saja. Dia ingin memiliki sebuah cerita yang benar-benar bisa dia tulis dengan segala suka dan luka yang pernah dialaminya. Bahwa rasa cinta yang benar adalah ketika tangis, sakit, kecewa, sedih, putus asa, bahkan benci pun hadir setelahnya. Segala ketidakbahagiaan itu tentu pun bisa diobati oleh keberadaan cinta itu sendiri. ~ Hal 11


Dari blurb yang saya tulis sebagai pembuka, tentunya bisa ditebak bahwa tokoh utama dalam novel ini adalah Rasi, seorang perempuan yang konon menurut Freyja, dia adalah sosok yang paling kuat menahan sakit. Dan ikut diaminkan juga oleh Relung. Rasi sendiri merupakan seorang penulis buku yang karyanya sudah menginspirasi banyak orang. Bahkan novel karya Rasi sudah pernah menjadi bahan tesis mahasiswa psikologi universitas nomor satu di Surabaya.

Rasi memiliki sahabat-sahabat yang senantiasa selalu ada di dekatnya. Bahkan keberadaan mereka juga penting demi keberlangsungan hidup Rasi, jika kalian membaca dengan seksama novel ini. Mungkin ada beberapa yang berharap juga ingin memiliki sahabat seperti Freyja, Hannah, Relung juga Aga. Sama, saya juga sedikit iri dengan Rasi yang bisa kompak selalu dengan keempat sahabatnya itu.

Tapi, sebelum itu bahkan Rasi pernah hilang kontak dengan sahabat-sahabatnya ini, hingga suatu ketika mereka meminta agar Rasi selalu berusaha untuk menghubungi mereka, dalam kondisi apa pun agar tidak lagi kehilangan jejak.

Pengalaman hidup Rasi yang akan kita simak dalam novel Hari Setelah Kita Jatuh Cinta, berisi banyak hal tentang persahabatan, percintaan, rasa sakit dan juga Trauma! Ini yang nantinya bisa kalian simak dengan baik, kenapa sampai-sampai Rasi hilang ingatan dan lupa kalau Hannah sudah menikah dan dirinya menjadi MC di acara tersebut - lihat halaman 120.

Sesuai dengan keinginan Rasi yang ingin menuliskan kisah tentang kehidupan cinta dan sahabat-sahabatnya dengan menyajikan kisah yang tidak begitu-begitu saja, karena justru ending dari novel ini tidak memberikan janji yang aneh atau malah memberikan imajinasi terindah dalam sejarah dongeng yang sering kita baca. Halluna Lina bisa memberikan sesuatu yang berbeda untuk pembaca melalui ending cerita yang akan membuat pembaca merasa (mungkin) cukup puas.

**

Ada satu sosok yang membuat saya gregetan, yaitu AGA. Sahabat lelaki Rasi yang dekatnya bukan main. Bagi Rasi Aga itu seperti sosok Ayahnya, mungkin bisa dikatakan sebagai pengganti? Karena justru di dekat Aga, Rasi merasa tenang dan nyaman. Meski lelaki ini tingkahnya suka bikin gemes dan spontanitasnya justru membuat lucu. Apalagi, Aga sendiri memang benar-benar berupaya untuk melindungi Rasi jika ada sesuatu yang aneh terjadi.

Tapi, jangan dikira kalau ini tentang kisah persahabatan yang kemudian jadi cinta. Huhuhuhu, karena memang sampai akhir, kalian akan mengetahui bagaimana hubungan Aga dan Rasi.

**

Siapa sih yang menolak ketika bertemu lelaki yang justru membuat rasa sakit itu seolah lenyap? Sepertinya bukan hanya Rasi yang tidak menolak, tapi bisa saja banyak orang memilih untuk tidak menolak keberadaan lelaki seperti Reuben yang memang memberikan banyak hal untuk Rasi.

Bahkan, hebatnya, Reuben sendiri tanpa diberitahu oleh Rasi, sudah bisa melihat adanya 'sesuatu' yang disembunyikan oleh Rasi. Sesuatu yang besar yang justru bagi Rasi seperti batu yang mencekat kerongkongannya setiap kali Reuben menyenggol topik pembicaraan tentang keluarga.

Barangkali kita juga akan mengatakan bahwa sesuatu yang lumrah ketika seseorang merasakan trauma hingga membuatnya sulit untuk jatuh cinta. Karena, trauma itu bukan hal yang mudah, perlu penanganan khusus seperti terapi untuk memulihkan keadaan. Bukan menyembuhkan memang, karena luka akibat Trauma hanya bisa pulih bukan sembuh dan hilang sama sekali jejaknya.

Trauma dan Adaptasi Manusia pada Rasa Sakit, ini tema yang saya tangkap dibahas dalam novel ini. Melalui sosok kehadiran dokter Cynthia, kita bisa mendapat sisipan informasi terkait penanganan stress dan trauma meski dalam porsi sedikit. Tapi, dari sinilah sebenarnya ada banyak hal yang terlupa dari kebiasaan manusia ketika menghadapi trauma, hingga mendatangkan rasa sakit yang teramat seperti yang terjadi pada Rasi.

Kehilangan ingatan atau bahkan pingsan bisa terjadi setiap kali Rasi tidak bisa mengendalikan dirinya saat harus berhadapan dengan trauma masa lalu. Karena itulah, selama dua tahun dia berusaha untuk bisa pulih kembali dan bisa belajar untuk jatuh cinta, meski kemudian Reuben seolah menjadi sosok lelaki yang datang tepat pada waktunya.

Tepat ketika Rasi ingin belajar jatuh cinta, tepat pula waktunya hingga kemudian keputusan besar harus diambil oleh Rasi meski dia harus pingsan dan tak sadarkan diri sampai 2 hari. Tapi, kehadiran Reuben memang berpengaruh. Di sinilah titik balik kehidupan Rasi, klimaks dari kisah kehidupan Rasi dan sahabat-sahabatnya.

**

Kalian bisa mendapati hal-hal yang berkaitan dengan trauma masa kecil Rasi dalam buku ini, karena ini yang menarik bagi saya. Selain itu, proses terapi yang rutin, serta hubungan Reuben dan Rasi yang sangat disayangkan untuk dilewati. Apalagi, ketika Reuben dengan tatapan matanya yang meluluhkan, juga harus dihadapi oleh masa lalunya.

Huhuhu, buku ini masuk ke dalam Level Satu ala Bacaan Ipeh. Yaitu buku dengan alur yang tidak sulit, ringan dan bisa diselesaikan dalam satu hari saja. Meski berisi 200 halaman lebih, tapi tetap saja buku ini menarik untuk dibaca sambil santai. Tidak akan membuat kening berkerut karena susah mencerna :).

Selain itu, kekompakan sahabat Rasi dan kisah cinta mereka, juga menarik untuk disimak, karena lumayan cukup berwarna juga lika-liku kisah cinta mereka semua. Dan satu lagi, seperti yang saya sudah tuliskan sebelumnya, kalian akan mendapat ending yang berbeda dari novel romantis pada umumnya.

Oiya, judul Hari Setelah Kita Jatuh Cinta, sebenarnya memang menjadi pertanyaan dari Freyja ketika dia ingin memastikan, apakah dirinya benar-benar mencintai pasangannya. Apakah impiannya untuk menikah, memiliki anak, akan tetap ada setelah dirinya menyatakan dengan jujur bahwa Dia Jatuh Cinta? Nah, mungkin kalian masih ingat, apa yang terjadi setelah kalian Jatuh Cinta, hihihi.

Kalau saya? Hari setelah saya jatuh cinta, adalah hari ketika saya nunggu cowok tersebut, saat saya masih SMA, setiap pagi di bawah pohon Cinta dengan sabar. Hohohohohoho, terdengar sangat oldish banget memang, tapi begitulah kenyataannya versi saya. Kalian mau berbagi pengalaman kalian di "Hari Setelah Jatuh Cinta"?

Silakan berbagi melalui kolom komentar :). Dan saya ucapkan terima kasih bagi kalian yang sudah membaca tulisan saya ini sampai habis.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. kalau saya hari setelah jatuh cinta... kapan ya ??? saya nggak ingat tu ... :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.