Beberapa Kisah Dari Buku My First Quran Story

October 24, 2016




Beberapa Kisah Dari Buku My First Quran Story - Mungkin masih ada yang bertanya-tanya, kenapa saya repot-repot menulis tentang buku ini hingga tiga kali? Karena, memang buku ini memiliki muatan yang berbobot untuk sebuah buku anak. Bukan dari segi gaya penulisannya, tapi melalui kisah yang diangkat dari Al-Quran. Memang, buku ini tidak berisi kisah 25 Nabi seperti buku pada umumnya yang beredar di pasaran. 

Tapi, buku ini mengambil beberapa kisah saja, namun memiliki daya tarik yang berbeda. Jika ditanya apakah buku ini cocok untuk anak-anak usia TK? Saya akan jawab, IYA. Bahkan untuk saya yang sudah 'sok' dewasa begini saja masih cocok, kok. Belum lagi seperti yang saya tulis sebelumnya, tentang cara penulisan yang sesuai untuk anak-anak, membuat buku ini betah saya baca berlama-lama.

Saat ini, saya ingin sedikit meringkas sedikit saja cerita yang berada di dalamnya. Tidak begitu banyak, hanya beberapa cerita pilihan.




Rayap Yang Mengalahkan Jin (QS. Saba' : 14)


Tinggal Rayap yang belum bercerita kepadamu. Rayap, Hudhud, dan Semut adalah tiga sekawan yang keren. Mereka bertiga punya cerita yang sangat menakjubkan. Cerita tentang Nabi Sulaiman yang punya istana sangat megah. 'Kisahku ini sungguh mengharukan,' kata Rayap. Aku Gagak Kocak sahabatmu. Aku akan menyimak cerita Rayap dan menemani kamu. 


Kisah ini, merupakan kisah yang rasanya baru saja saya ketahui setelah membaca buku ini. Sebuah kisah tentang kubah ajaib yang terdapat di dasar laut. Saking ajaibnya, meski berada di dasar laut, air tidak membanjiri dan tidak mengisi kubah tersebut. Justru tetap kering dan bersih. Di dalam kubah, terdapat seorang anak yang muda yang alim. Anak muda itu terus menerus berdoa pada Allah.

Kubah ajaib ini bisa diangkat ke daratan oleh seorang lelaki saleh, seorang perdana menteri kepercayaan Nabi Sulaiman alaihissalam yang memiliki pengetahuan yang luas. Atas izin dari Allah, Asif bisa mengangkat kubah tersebut ke daratan, hingga Nabi Sulaiman dapat masuk ke dalam kubah dan bertemu dengan anak muda yang alim tersebut.

Nabi Sulaiman bertanya, tentang amalan apakah yang diperbuatnya sehingga Allah begitu memuliakannya di dalam kubah ajaib ini. Lelaki alim tersebut kemudian menjawab, bahwa dirinya merawat Bapak dan Ibunya yang buta selama 70 tahun. Ibunya senantiasa berdoa untuk lelaki ini, agar memanjangkan usianya dan selalu taat kepada Allah. Sementara sang Ayah berdoa untuk  lelaki ini, agar Allah memberi tempat yang bebas dari gangguan jin dan setan.

Dan tahukah pembaca, berapa lama dia berada dalam kubah tersebut? "Saya masuk ke dalam kubah ketika Nabi Ibrahim menyebarkan wahyu Allah," demikian pernyataannya. Berarti sudah 2400 tahun lamanya pemuda ini tinggal di dalam kubah ajaib di dasar laut. Allahuakbar.




Gagak Pintar dan Nabi Adam alaihissalam (QS Al-maidah : 31)


Ini kisah manusia pertama di dunia. Kamu akan berkata, kisah yang akan diobrolkan ini pernah kamu dengar dari beberapa orang. Mungkin gurumu menceritakannya di sekolah atau ayah ibumu yang mendongengkannya sebelum kamu tidur. Tapi, cerita yang kusampaikan ini pasti istimewa. Soalnya, teman-temanku yang akan mendongengkannya kepadamu.


Dalam kisah ini, yang merupakan awal cerita di buku My First Quran Story. Berkisah tentang anak-anaknya Nabi Adam alaihissalam. Bagaimana Qabil yang memiliki sifat buruk sementara Habil senantiasa bersabar. Sejak kecil, Qabil senantiasa berperangai buruk, juga bersikap buruk pada Habil, saudaranya. Hingga ketika mereka beranjak dewasa pun sikap Qabil tidak berubah. Suatu ketika, keduanya terlibat dalam pertengkaran yang membuat Habil terbunuh.

Setelah Habil terbunuh, Qabil kemudian kebingungan, hendak diapakan jasad Habil ini. Kemudian, didatangkan oleh Allah seekor burung Gagak yang tengah mengubur saudara Gagaknya. Dari sinilah, kemudian Qabil mengikuti apa yang Gagak tersebut lakukan. Yaitu mengubur jasad Habil.

***

Saya sedikit juga menyematkan paragraf pembuka dari dua kisah yang saya ceritakan dari buku ini. Semoga ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pembaca jika penasaran dengan buku My First Quran Story. Semoga bermanfaat.


Terima kasih

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Sepertinya buku ini baguuuss banget buat anak2...harganya gimana mbak?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.