09 December 2015

Buku Anak : Harapan Peebee

Harapan Peebee - Kalau mendapati kata Harapan, apa yang muncul di benak manusia ? Bagi orang dewasa, Harapan merupakan apa-apa yang diinginkan, dalam hal ini adalah sesuatu yang lebih seringnya ingin di raih untuk pencapaian. Namun, bagaimana jika harapan ini dikenalkan pada anak-anak yang masih berpikir dengan cara yang simple? Apakah mereka sudah dapat membedakan bagaimana harapan baik dan buruk?
Pics Art 12 09 11 16 43


Dongeng tentang Harapan Peebee ini, mengisahkan dengan sangat sederhana, bagaimana harapan dan pencapaian itu dalam kehidupan. Seperti apa mengajari anak-anak sebuah bentuk kesabaran, kewaspadaan dan kehati-hatian dalam hidup melalui cerita yang tidak menggurui namun mudah dicerna.

Sedikit kisah tentang Peebee yang ingin menjadi Sayap Biru, dengan segala usaha dan bayaran yang demikian mahalnya, dia berkehendak menjadi apa yang diinginkannya. Kesempatan ini dipergunakan dengan baik dengan seseorang yang gemar mengatakan 'Fritcher'.

Pada dongeng baik dan tidak terkesan menggurui, pesan moral disampaikan melalui tokoh cerita dan sebab akibat yang dihadapi serta konsekuensi apa yang didapat pada pilihannya. Pada kisah ini, sedikit saya ingin tuliskan tentang Peebee.

Tokoh Peebee digambarkan berkeinginan keras, namun keras di sini justru bukan dalam bagian pantang menyerah yang bagus. Tapi keinginan yang memaksa meski tidak sesuai. Harapannya menjadi Sayap Biru merupakan keinginan mustahil karena dia ingin menjadi makhluk lain. Ini penggambaran yang bagus untuk anak-anak yang menjalani tahap pengenalan pada diri sendiri.


Pics Art 12 09 11 17 29


Di sini, Peebee memiliki seorang sahabat yang dianggap Peebee, tidak mau men-support keinginannya. Dalam dunia anak-anak, kira-kira siapa ya sahabat yang sering memberikan pertimbangan pada harapan dan keinginan mereka? Banyak pastinya. Penggambaran ini mengasah kepekaan terhadap sebuah nasihat yang seringkali tidak bisa langsung diterima, apalagi jika dihubungkan dengan sebuah ambisi.

Dalam hidup, bagaimana mengajarkan anak-anak dan mengenalkan bahwa di dunia ini berisi banyak sekali watak manusia. Ada yang mengambil keuntungan dari orang lain, ada yang tak peduli kesulitan orang lain dan masih banyak lainnya. Dalam kisah Peebee dihadirkan tokoh antagonis, yang menjanjikan perubahan besar bagi Peebee dan memanfaatkan kebodohan Peebee demi keuntungan.

Tidak perlu mengatakan bahwa dia baik, dia jahat atau dia bodoh. Melalui dongeng, anak-anak diajarkan bagaimana melihat sesuatu itu buruk atau baik melalui hasil akhir pada sebuah cerita. Tak memerlukan nasihat yang panjang dan lebar serta membosankan, karena kisah petualangan yang berisi bagaimana tokoh dalam cerita mengambil keputusan inilah yang seringnya justru membekas.

Dari sini bisa diambil kesimpulan sebuah sebab akibat pada cerita Harapan Peebee. Sebab, sudah diketahui bahwa ambisi Peebee yang ingin menjadi Sayap Biru membuatnya tak mendengarkan nasihat baik sahabatnya. Akibatnya, dia tertipu oleh dua orang yang hanya melihat keuntungan tanpa peduli pada Peebee. Dan akhirnya membuat Peebee serupa alien karena ulah mereka.

Dari kisah-kisah inilah anak-anak bisa belajar mengenal kehidupan. Sebenarnya bagus juga untuk orang dewasa yang berambisi, mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan pada ambisi yang berlebihan. Mungkin ~~


Pics Art 12 09 11 16 01


@ipehalena

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.