Have a little faith

August 06, 2015



Judul : Have a little faith
Penulis : Mitch Albom
Halaman : 270
Cetakan kedua : Maret 2010
Penerbit : Gramedia
ISBN : 9789792251142
Toko Buku : Foboekoe




Manusia senang lari dari Tuhan. ~ hal 9



Seorang Rabi meminta orang lain, yang biasa saja, untuk membacakan eulogi untuknya. Eulogi biasanya adalah kata-kata perpisahan yang dibacakan pada saat upacara pemakaman. Dari permintaan itulah, dia melihat sisi lain dari kehidupan.


Pada mulanya, Albom benar-benar tidak menginginkan untuk menyampaikan eulogi tersebut. Karena dahulu,  saat tradisi Bar Mitzvah, yaitu ritual Yahudi bagi anak-anak yang menandai mereka telah berusia 13 tahun dan sudah dewasa sebagai laki-laki. Mitch pada waktu itu benar-benar merasa tertekan oleh ritual tersebut. Dan kurang menaruh minat pada segala hal yang berkaitan dengan Taurat. Meski dia pernah berkumpul dengan kelompok pemuda di sinagoga di luar Boston.


Reb, panggilan akrab sang Rabi. Yang memintanya untuk membuat eulogi, justru menceritakan banyak kisah yang menarik. Hingga pertemuannya dengan seorang Pastur dan mereka berteman baik.


Selama sepanjang karirnya menjadi seorang Rabi. Tidak sedikit Reb menerima pengasingan dan cibiran dari orang-orang di sekitarnya. Apalagi seorang Rabi, akan mengikuti kemana perginya kelompok penganutnya akan berpindah. Jadi, sinagoga yang dibangun, lebih sering hanya seadanya.


Reb pernah mengalami sebuah sindiran saat dia berusaha mengundang pendeta, agar menunjukan bahwa penganut yahudi tidak jahat seperti yang mereka pikirkan. Tapi, keadaannya justru sebaliknya.


Jatuh dan bangun dia alami sepanjang hidupnya menyerahkan diri bagi agama dan penganutnya.



Sementara di sisi lain, Henry. Seorang mantan narapidana yang sudah berkali-kali mendapat kesempatan untuk kembali pada Tuhan mengabaikannya. Kembali pada kehidupan dunia. Dan lupa pada janjinya.


Henry, dahulu adalah seorang perampok, pengedar narkoba dan pembual yang bualannya justru mengakibatkan dirinya masuk ke penjara meski dia tidak melakukan kejahatan, selain membual. Di dalam penjara, dia pernah mendapat kesempatan dari Tuhan. Namun dia mengabaikannya.



Dalam buku ini terdapat dua kisah yang berjalan bersamaan. Kisah Reb sang Rabi dan Henry sang Pastur yang mana keduanya berteman. Kisah mereka berdua memang bagai langit dan bumi. Namun perjalanan hidup mereka sama-sama berakhir menjadi sosok yang mencintai Tuhan.


Jika ingin membaca karya lain dari Mitch, ini salah satu yang ditulis berdasarkan kisah nyata. Sumbernya dari wawancara kedua tokohnya. Dan, pastinya dalam buku ini juga full of quote, yang bisa membuat bukumu penuh dengan tanda atau stabilo warna.


Berikut salah satu kutipan dari buku ini :


Segala sesuatu yang oleh masyarakat dipandang harus kita miliki supaya kita bahagia - barang baru ini atau itu, rumah yang lebih besar, pekerjaan yang lebih baik. Aku tahu letak kekeliruannya. Aku telah menasihati banyak orang yang memiliki semua itu, dan dapat kukatakan padamu bahwa mereka tidak bahagia karena memiliki itu semua. ~ hal 107





  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.