Cupcake Diaries Vol. 7 . Emma all stirred up!!

August 26, 2015



Judul : Cupcake Diaries Vol. 7 . Emma all stirred up!!
Penulis : Coco Simon
Terbitan : 2012
Bahasa : Inggris
Halaman : 133
Penerbit : Simon Spotlight
ISBN : 9781442450783 - 50599




Kemandirian pada anak menjelang remaja, usia 12 tahun, memang dibutuhkan. Namun, pembelajaran dan pembiasaannya berbeda-beda. Di Amerika, mungkin kita sudah mengenal dan mengetahui atau pernah mendengar keberadaan Summer Camp. Sebuah tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan saat musim panas.


Biasanya pada Summer Camp diadakan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kekompakan tim. Sehingga seluruh anak di Summer Camp yang dikelompokkan berdasarkan usia, memiliki kelompok lagi namun dengan jumlah yang lebih kecil.


Summer Camp, bagi beberapa anak merupakan tempat untuk bersenang-senang dan refreshing dari aktifitas rutin di sekolah. Tapi, bisa juga sebuah tekanan bagi anak lain karena kurang terbiasa atau mendapat trauma pada sesuatu hal.



Di tempat tersebut ada banyak konselor dan mentor yang siap untuk menemani anak-anak yang berada di tempat itu. Selama berkegiatan, seluruh anak tidak dibiarkan menyendiri. Namun, memang tidak bisa dicegah juga untuk anak-anak yang gemar bullying, dari mem-bully teman sekelompoknya.



Emma merasa beruntung karena bisa satu kelompok dengan Alexis. Sahabatnya di sekolah. Dengan teman-teman barunya yang juga sama asiknya. Dari mereka, Emma belajar untuk memberikan toleransi dan memupuk rasa empati pada yang lain. Seperti ketika Kira tidak dapat berenang, temannya yang lain menunjukkan sebuah sikap yang akhirnya membuat Emma belajar mengendalikan diri.


Sebenarnya impian Emma adalah bebas dari rutinitas mengasuh Jake, adiknya. Tapi, karena dia berada di Summer Camp yang sama, mau tidak mau, Emma harus mengurus Jake selama berangkat dan pulang dari Summer Camp.


Dalam kisah Emma, anak diajarkan untuk bisa mandiri dalam mengatur waktu. Belajar menempatkan prioritas untuk kesehariannya. Seperti ketika Emma harus menentukan prioritas saat mendapati dua pilihan yang sama-sama penting. Yang satu membuat cupcake untuk pesta pernikahan seorang selebriti. Yang kedua menghadiri pesta penutupan Summer Camp yang mengikutsertakan kelompoknya.


Belajar menjadi seorang anak yang dapat membantu orang tuanya dengan membantu mengawasi sang adik. Jake memang sudah bisa mandi, makan dan melakukan banyak hal sendiri. Tapi, dia masih kecil sehingga Emma ditugaskan tanggung jawab untuk mengawasi Jake. Meski kedua kakak laki-laki Emma sudah besar, tetap saja, hanya Emma yang mampu mengawasi Jake.



Dari tanggung jawabnya itulah, Emma juga belajar menempatkan diri. Kapan dia harus menunggui Jake, kapan dia bisa datang untuk meeting bersama anggota Cupcake lain. Kehidupan pribadi, tugasnya sebagai anak, tugasnya sebagai pelajar juga haknya untuk bermain bersama sahabat-sahabatnya, semua dapat diatur oleh Emma.



Tidak heran jika judulnya, mewakili isi ceritanya. Tentang keseharian seorang anak beranjak remaja. Rutinitasnya serta tanggung jawabnya. Dengan ragam problematika yang sederhana tapi juga berguna sebagai acuan dasar dalam membentuk kepribadian anak - remaja.


Bahasa inggris yang digunakan juga ringan dan menggunakan kosa kata yang mudah dicerna dan dipahami.


Oiya, hal yang hebat juga dalam buku ini adalah Emma dan para sahabatnya ini memiliki bisnis loh!


Hal pertama yang membuat saya jatuh cinta pada buku ini adalah covernya yang lucu ! Karya ilustrasi dari Abigail halpin dan cover desainnya dari Laura Roode.



Sekian dulu. Selamat berburu buku ini !



See ya !



  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.