Sebuah lagu untuk Tuhan

March 27, 2015



Judul : Sebuah lagu untuk Tuhan
Penulis : Agnes Davonar
Diterbitkan : Januari 2015
Penerbit : Inti Publisher
ISBN : 9789790561496



"Tidak semua orang berbuat baik karena mengharapkan imbalan. Ada yang berbuat baik karena panggilan hati dan ikhlas untuk hidup sebagai manusia."


Adalah Angel seorang gadis SMA yang memiliki hati yang lembut. Terlahir sebagai penyandang tunarungu. Namun, Ibunya berusaha mendidik Angel agar bisa kuat dan tegar sehingga tak berbeda dengan gadis normal lainnya.

Bukan hal mudah pastinya bagi Ibu muda seperti Bu Katrina, yang menikah muda dan menjadi janda dalam usia muda pula. Karena sang suami meninggal karena kecelakaan motor. Sebab kecelakaan inilah, pendengaran Angel kurang berkembang dengan baik.

Prestasi Angel yang sangat baik membuat dia bisa masuk ke sekolah Mutiara dengan beasiswa. Sekolah yang terkenal karena memiliki segudan murid yang berprestasi. Namun, semenjak kehadiran Agnes, anak dari pemilik yayasan Mutiara, Angel menghadapi hari yang berat.

Pertemuannya dengan Gilang, seorang pemenang kontestan penyanyi Idola, mengubah hari-hari Angel. Mereka sepakat untuk berteman tanpa memandang kekurangan masing-masing. Gilang yang merasa lelah pada kehidupannya dikarenakan Ayahnya baru saja ditangkap karena korupsi. Ingin menutupi kejadian ini dengan memilih bersembunyi dari wartawan.

Kehidupan Angel semakin berat semenjak Agnes mengetahui Gilang dekat dengannya. Hingga Agnes memutuskan untuk mengurung Angel di gudang sekolah. Sementara Agnes berusaha membuat berita dengan Gilang. Sayangnya, justru di gudang sekolah ini Angel mengalami pendarahan pada hidungnya yang membuatnya harus menginap di rumah sakit.

Beberapa jam kemudian Gilang berada di ruang dokter bersama Ibu Angel yang telah datang setelah diberitahu Gilang dengan keadaan cemas. Dokter terlihat tegar dan berat mengatakan apa yang terjadi (hal 74).

Angel mengidap kanker, Leukimia. Yang setelah diketahui, penyakit ini menurun dari sang Ayah. Gilang dan Ibunya yang menemani Angel menghadapi hari-hari beratnya. Menjalani pengobatan yang tak kunjung menampakkan perubahan pada Angel.


Dan suatu ketika, Angel menulis puisi berjudul sebuah lagu untuk Tuhan. Tentang kepasrahannya dalam menerima kekurangannya. Tentang kesabaran dan keikhlasannya menerima apa yang ditakdirkan oleh Tuhan. Sementara pendengaran Angel mulai menurun dan hampir tidak dapat mendengar. Saat itu pula, Gilang berjanji untuk membuatkan lagu untuknya.


Kisah tentang cinta remaja dalam menerima kekurangan yang diberikan Tuhan padanya. Juga bagaimana keduanya berusaha saling menerima kekurangan satu sama lain dengan tulus. Juga bagaimana perjuangan sang Ibu yang menginginkan anaknya menjadi setara dengan anak normal lain.

Sayangnya, dalam novel yang kisahnya cukup mengharukan ini masih didapati banyak sekali typo. Penggunaan huruf depan yang kurang tepat. Serta penulisan kata yang salah masih banyak ditemui dalam buku ini. Saat melihat kembali bagian detil buku, ternyata buku ini tidak melalui proses penyuntingan. Hingga kesimpulan saya bahwa kesalahan penulisan tidak diperiksa kembali sebelum naik cetak. Sungguh sangat disayangkan karena mengganggu saat membacanya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Mohon gunakan kalimat yang sopan. Link hidup akan otomatis terhapus.